Sukses

John Donahoe Mundur, Elliott Hill Ambil Alih Posisi CEO Nike

CEO Nike, John Donahoe mengundurkan diri dan veteran perusahaan Elliott Hill akan keluar dari masa pensiun untuk mengambil alih pimpinan perusahaan sepatu kets raksasa tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Chief Executive Officer (CEO) Nike John Donahoe mengundurkan diri. Posisinya diganti oleh veteran perusahaan yaitu Elliott Hill. Sebenarnya Elliott Hill akan keluar dari masa pensiun untuk mengambil alih pimpinan perusahaan sepatu kets raksasa tersebut.

Donahoe, yang telah menjadi CEO Nike sejak Januari 2020, akan pensiun dari jabatannya pada 13 Oktober. Setelah itu, Hill dijadwalkan untuk mengambil alih pada hari berikutnya.

Namun, Donahoe akan tetap menjabat sebagai penasihat hingga akhir Januari. 

“Saya senang menyambut Elliott kembali ke Nike. Mengingat kebutuhan kami untuk masa depan, kinerja bisnis di masa lalu, dan setelah melakukan proses suksesi yang cermat, Dewan menyimpulkan bahwa jelas keahlian global Elliott, gaya kepemimpinan, dan pemahaman mendalam tentang industri dan mitra kami, yang dipadukan dengan hasratnya terhadap olahraga, merek, produk, konsumen, atlet, dan karyawan kami, menjadikannya orang yang tepat untuk memimpin tahap pertumbuhan Nike berikutnya,”, ungkap ketua eksekutif Nike, Mark Parker, dikutip dari CNBC, Minggu (22/9/2024).

Nike tengah menjalani restrukturisasi yang lebih luas setelah mengubah strateginya untuk menjual langsung ke konsumen. Kritikus mengatakan dalam proses membangun penjualan di toko dan situs web Nike sendiri, perusahaan kehilangan fokus pada inovasi dan gagal menghasilkan jenis sepatu kets inovatif yang menjadi ciri khas perusahaan.

Pada akhir Juni ketika melaporkan hasil kuartal keempat fiskal, Nike memperingatkan bahwa penjualan diperkirakan akan turun 10% selama kuartal saat ini, dengan alasan permintaan yang lemah di Tiongkok dan tren konsumen yang "tidak merata" di seluruh dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sekarang adalah Waktunya Nike

Dalam sebuah pernyataan, Donahoe mengatakan bahwa “menjadi jelas bahwa sekaranglah saatnya untuk melakukan perubahan kepemimpinan.”

“Elliott adalah orang yang tepat. Saya berharap melihat kesuksesan masa depan Nike dan Elliott,” Tegas Donahoe.

“Nike selalu menjadi bagian inti dari diri saya, dan saya siap membantu membawanya ke masa depan yang lebih cerah,” kata Hill dalam sebuah pernyataan. “Saya ingin berhubungan kembali dengan banyak karyawan dan mitra tepercaya yang telah bekerja sama dengan saya selama bertahun-tahun, dan juga bersemangat untuk membangun hubungan baru yang berdampak yang akan memajukan kita. Bersama tim-tim berbakat kami, saya berharap dapat menghadirkan produk-produk yang berani dan inovatif, yang membedakan kami di pasar dan memikat konsumen selama bertahun-tahun mendatang.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.