Sukses

Penampakan Smelter Freeport yang Hasilkan 50 Ton Emas per Tahun

pada operasionalnya, smelter Freeport di Gresik akan mempekerjakan 2.000 orang, 1.800 kontraktor dan sisanya adalah karyawan langsung.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meresmikan smelter milik PT Freeport Indonesia (PTFI) pada Senin sore, 23 September 2023. Smelter PT Freeport Indonesia ini akan menghasilkan 900 ribu ton katoda tembaga, kurang lebih 50 ton emas dan 210 ton perak per tahun.

Presiden Direktur Freeport Indonesia Tony Wenas mengungkapkan, smelter yang hari ini diresmikan adalah smelter kedua PTFI di Gresik yang merupakan single line terbesar di dunia.

"Ini adalah bagian dari program hilirisasi yang dicanangkan Presiden Jokowi," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (23/9/2024).

Tembaga yang dihasilkan, tambah Tony Wenas, akan mendorong program electronic vehicle (EV).

Tony Wenas menambahkan, pada operasionalnya, smelter tersebut akan mempekerjakan 2.000 orang, 1.800 kontraktor dan sisanya adalah karyawan langsung.

"Selama proses konstruksi, proyek pembangunan smelter telah mempekerjakan 40.000 tenaga kerja," kata dia.

Proyek smelter, yang pendirian tiang pancang atau ground breaking pertamanya dihadiri Jokowi pasa Oktober 2021, makan waktu sekitar 3 tahun 4 bulan.

Dari tambang tembaga bawah tanah terbesar di Papua, kata Tony Wenas, konsentrat dibawa ke smelter single line terbesar.

Berikut penampakan smelter Freeport di Gresik tersebut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini