Sukses

Gempa Gorontalo, Pertamina Pastikan Fasilitas BBM Aman

PT Pertamina (Persero) menjamin distribusi BBM kepada masyarakat di Gorontalo tetap aman

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) menjamin distribusi BBM kepada masyarakat di Gorontalo tetap aman, setelah adanya bencana gempa bumi yang melanda kawasan tersebut.

"Kondisi aman. Sarana dan prasarana, serta pelayanan distribusi BBM kepada masyarakat aman dan berjalan normal," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso kepada Liputan6.com, Selasa (24/9/2024).

Fadjar juga memastikan sejumlah proyek di bawah Subholding Pertamina yang berada di dekat lokasi gempa Gorontalo tetap beroperasi normal.

Semisal PLTP Binary Organic Rankine Cycle 500 kW PGE Area Lahendong di Tomohon, Sulawesi Utara milik PT Pertamina Geothermal Energy, serta proyek pengembangan hidrogen dan amonia hijau berbasis tenaga panas bumi milik Pertamina NRE, juga di Sulawesi Utara.

Kronologi Gempa Gorontalo

Adapun gempa Magnitudo 6,4 mengguncang wilayah Gorontalo, Selasa dini hari (24/9/2024), pukul 02.51.04 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, lokasi gempa Gorontalo ini berada pada koordinat 0.11 LS 122.92 BT, dengan episenter gempa berada pada di laut 74 km barat daya Gorontalo.

"Kedalaman gempa 145 km," tulis BMKG.

BMKG juga menyebutkan gempa tidak berpotensi tsunami. Gempa Gorontalo dirasakan di banyak tempa, antara lain (skala MMI), III-IV Kotamobagu, III-IV Bolaang Mongondow Selatan, III-IV Pohuwato, III-IV Kabupaten Gorontalo, III-IV Kota Gorontalo, III-IV Bone Bolango, III-IV Boalemo, III-IV Luwuk, III Gorontalo Utara, III Buol, dan III Bolaang Mongondow Timur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Gorontalo, Sejumlah Rumah dan Fasilitas Umum Rusak

Gempa berkekuatan Magnitudo 6,4 mengguncang wilayah Provinsi Gorontalo pada Selasa dini hari (24/9/2024), pukul 02.51 WIB.

Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episenter gempa Gorontalo ini berada di laut, 74 kilometer barat daya Gorontalo, dengan kedalaman 145 kilometer. Lokasi gempa tercatat di koordinat 0.11 LS dan 122.92 BT.

BMKG memastikan bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Namun, guncangan dirasakan cukup kuat di beberapa daerah dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III-IV.

Wilayah yang terkena dampak getaran antara lain Kotamobagu, Bolaang Mongondow Selatan, Pohuwato, Kabupaten Gorontalo, Kota Gorontalo, Bone Bolango, Boalemo, Luwuk, Gorontalo Utara, Buol, dan Bolaang Mongondow Timur. 

Gempa yang terjadi dini hari tersebut menyebabkan kerusakan di sejumlah wumah warga dan fasilitas umum. Di Kabupaten Pohuwato, kampus Universitas Ichsan Gorontalo (Unisan) mengalami kerusakan pada kaca samping gedung akibat kuatnya guncangan.

Selain itu tembok pagar kantor Hasrat Abadi di Limboto, Kabupaten Gorontalo, juga roboh karena gempa. Sementara, plafon TK Paud Menara Ilmu di Limboto turut ambruk akibat getaran tersebut.

Meski beberapa fasilitas mengalami kerusakan, hingga kini belum ada laporan mengenai korban jiwa dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo.

BNPB mengimbau masyarakat Gorontalo untuk tetap tenang dan tidak mudah terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Masyarakat juga diminta untuk menghindari bangunan yang rusak atau retak akibat gempa, serta memastikan bahwa tempat tinggal mereka aman sebelum kembali ke dalam rumah," kata Penata Penanggulangan Bencana BPBD Provinsi Gorontalo Moh Tahir Laendeng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini