Sukses

Perusahaan RI Ini Gandeng China Bangun Pabrik AC Senilai Rp 350 Miliar

PT Berkat Elektrik Sejati Tangguh (BEST), produsen AC merek BESTLIFE, baru saja menandatangani perjanjian kerjasama dan investasi dengan MBO Group dari China

Liputan6.com, Jakarta PT Berkat Elektrik Sejati Tangguh (BEST), produsen AC merek BESTLIFE, baru saja menandatangani perjanjian kerjasama dan investasi dengan MBO Group dari China untuk pembangunan pabrik produksi Air Conditioner di Indonesia.

Nilai investasi yang digelontorkan mencapai sekitar Rp 350 miliar, dengan target penyelesaian pembangunan pada tahun 2026 dan kapasitas produksi mencapai 1 juta unit AC per tahun.

Penandatanganan Perjanjian KerjasamaAcara penandatanganan perjanjian ini dilaksanakan pada Kamis, 19 September 2024, di Restaurant Empurau, Jakarta Barat.

MBO Group: Produsen AC Terbesar ke-6 di China

Dalam kesempatan tersebut, Sail Zhang, CEO MBO Group, menjelaskan bahwa MBO merupakan produsen AC terbesar ke-6 di Tiongkok yang berkembang pesat.

Pada bulan Oktober ini, MBO Group telah membuka pabrik AC baru di kota Anqing, Tiongkok, yang merupakan Smart Factory dengan teknologi full robotic tanpa tenaga manusia, sehingga saat ini MBO memiliki total tiga pabrik.

"Target berikutnya bagi MBO Group adalah membangun pabrik di Asia Tenggara, dan pilihan jatuh pada Indonesia melalui kerjasama dengan PT Berkat Elektrik Sejati Tangguh," katanya, Rabu (25/9/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontribusi terhadap Ekonomi Indonesia

Andy Arif Widjaja, Managing Director PT Berkat Elektrik Sejati Tangguh, mengungkapkan bahwa pembangunan pabrik AC di Indonesia adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia serta menciptakan lapangan kerja.

"Pabrik AC ini tidak hanya akan memenuhi kebutuhan domestik, tetapi juga menargetkan ekspor ke pasar Amerika dan Eropa," tambahnya.

Pabrik ini diharapkan dapat memberikan kepercayaan lebih kepada konsumen Indonesia bahwa produk BESTLIFE memiliki kualitas yang terjamin, dirancang khusus sesuai kondisi dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Hal ini didukung oleh kehadiran Pusat R&D (Research & Development) yang juga berlokasi di Indonesia.

Dukungan Pemerintah

Dalam sambutannya, Darmadi Durianto, Anggota DPR RI Komisi VI menyatakan apresiasi dari pemerintah atas investasi ini. Ia menegaskan bahwa perjanjian ini membuktikan bahwa pasar Indonesia tetap menarik bagi investor meskipun kondisi ekonomi saat ini masih dalam pemulihan.

Darmadi juga menyampaikan optimisme bahwa perekonomian Indonesia akan terus membaik, yang ditunjukkan dengan adanya perjanjian kerjasama ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini