Sukses

Bandara Rampung Desember 2024, Jokowi Sebut Prospek Ekonomi IKN Menjanjikan

Presiden Jokowi menilai prospek bisnis di ibu kota Nusantara sangat terbuka lebar.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap prospek ekonomi dan bisnis di Ibu Kota Nusantara (IKN) cukup menjanjikan. Mengingat ada sejumlah infrastruktur dan fasilitas yang sudah dibangun.

Salah satunya adalah Bandara IKN atau Bandara Nusantara yang sudah bisa didarati oleh pesawat. Targetnya, pembangunan landasan pacu atau runway sepanjang 3.000 meter akan rampung pada Desember 2024.

"Saya meyakini dengan kemarin sudah dibukanya Airport Nusantara, sudah saya coba sendiri turun di runaway yang meskipun belum maksimal akan selesai nanti di bulan Desember," ucap Jokowi dalam peresmian groundbreaking D'Prima Hotel Nusantara di IKN, Rabu (25/9/2024).

Hal tersebut dikatakan menjadi modal penting yang bisa menjamin aspek ekonomi di IKN. Menurut dia, prospek ekonomi dan bisnis di IKN cukup menjanjikan kedepannya.

"Saya melihat bahwa prospek dari sisi ekonomi, bisnis di ibukota Nusantara ini sangat terbuka lebar," tegas dia.

Bukan hanya bandara, Kepala Negara itu juga mengungkap adanya fasilitas lain seperti hotel yang dibangun di IKN. Hotel-hotel yang dalam tahap konstruksi itu nantinya bisa jadi pilihan singgah bagi masyarakat yang berkunjung ke IKN.

"Kalau yang lalu-lalu telah dimulai dibangun dan telah selesai satu hotel, baik itu bintang 5, baik itu bintang 4 dan hari ini D'Prima Hotel, budget hotel yang akan mulai dibangun ini akan melengkapi memberikan variasi pilihan-pilihan bagi masyarakat yang akan ke Ibu Kota Nusantara," tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Singgung Harga Tanah IKN

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti harga tanah di Ibu Kota Nusantara (IKN) bisa meningkat sewaktu-waktu. Menyusul banyaknya investor yang sudah masuk melakukan pembangunan. 

Kali ini saja, Jokowi sudah melakukan groundbreaking terhadap 5 proyek di IKN. Tiga di antaranya merupakan investasi dari investor asing dan terafiliasi asing. Dua proyek sisanya dari perusahaan swasta nasional.

Dia menyampaikan minat investor asing semakin terlihat dengan realisasi pembangunan tersebut. Menurut dia, banyaknya investor masuk salah satunya karena faktor harga tanah yang masih murah.

"Hati-hati harga tanah memang sekarang masih murah, harga tanahnya masih murah pada tahun ini," kata Jokowi dalam groundbreaking proyek Delonix Nusantara di IKN, Rabu, 25 September 2024.

Bisa Naik 10 Kali Lipat

Namun, harga tanah itu diprediksi akan mengalami peningkatan berkali lipat pada tahun depan. Dia menyebut, kenaikannya bisa mencapai 10 kali lipat.

"Tapi tahun depan kita tidak tahu harga tanah bisa lipat dua kali, bisa lipat tiga kali, bisa lipat 5 kali, bisa lipat 10 kali," ujarnya.

Melihat peningkatan harga tanah tersebut, dia mewanti-wanti investor untuk segera melakukan investasi ke IKN tahun ini.

"Jadi, perlu saya ingatkan kalau ingin berinvestasi, tahun ini," tegasnya.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Mendarat Perdana, Bandara IKN Ditarget Tuntas 31 Desember 2024

Sebelumnya, Pesawat Kepresidenan RJ85 yang terbang dari Pontianak, Kalimantan Barat, berhasil mendarat perdana dengan lancar di Bandar Udara Nusantara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Selasa (24/9/2024). Pesawat tersebut mengantar Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di beberapa wilayah Kalimantan.

"Alhamdulillah ini landing yang pertama, berjalan dengan baik. Semuanya berjalan dengan lancar dan ini adalah pertama kali saya turun di Bandara Nusantara. Landing mulus, kemudian tadi masuk sangat bagus. Tidak terlalu besar tapi lebih dari cukup," ungkap Jokowi dikutip dari keterangan resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Rabu (25/9/2024).

RI 1 berharap, manfaat Bandara Nusantara di IKN dapat dirasakan lebih banyak masyarakat.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, persiapan pendaratan pesawat kepresidenan telah dilakukan selama beberapa pekan ke belakang. Menhub menyebut bahwa pengerjaan Terminal VVIP hampir rampung.

"Hari ini 24 September saya di Bandara Nusantara. Hari ini adalah pendaratan bersejarah, Alhamdulillah Pak Presiden sudah mendarat di sini. Di situ ada bangunan (terminal VVIP) yang begitu monumental, adalah suatu arsitektur Kalimantan, tetapi kita elaborasi menjadi sesuatu yang dinamis," ujar Menhub.

 

4 dari 4 halaman

Pembangunan Bandara Bakal Sesuai Target

Melihat kondisi saat ini, Menhub optimistis Bandara IKN akan selesai dibangun secara keseluruhan, dengan runway sepanjang 3.000 meter sesuai target waktu, yakni 31 Desember 2024.

Saat ini, Bandara Nusantara IKN memiliki landasan pacu berukuran 2.200 x 30 meter. Sederet uji coba terbang dan mendarat sudah dilakukan di Bandara IKN untuk melihat keselamatan dan keamanan penerbangan. Verifikasi bandara dilakukan pada 8-9 September 2024.

Kemudian kalibrasi dilakukan pada 10 September 2024 oleh Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan, Kementerian Perhubungan. Selain itu, tiga pesawat milik TNI Angkatan Udara (AU) juga telah melakukan uji coba di Bandara Nusantara pada 14, 15, dan 20 September 2024 dengan tiga tipe pesawat yakni Casa 212/A-2104, CN 295/A-2905, serta Hercules C130/A-1338. Uji coba tersebut berjalan lancar dan sukses.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini