Sukses

Kini Kamu Bisa Ngobrol dengan ChatGPT, Mau Tahu Cara Pakainya?

OpenAI telah luncurkan fitur suara canggih untuk ChatGPT, memungkinkan percakapan yang lebih alami bagi pengguna layanan premium.

Liputan6.com, Jakarta - ChatGPT menyematkan fitur baru yaitu obrolan audio yang lebih alami. Hal ini diungkap oleh pengembangnya yaitu OpenAI. Chatbot yang saat ini sangat populer ini sudah memiliki fitur suara canggih untuk orang-orang yang membayar layanan premium. Fitur baru ChatGPT ini memungkinkan percakapan yang lebih lancar.

Dikutip dari CNBC, Jumat (4/10/2024), rilis fitur ini akan terus berjalan sepanjang minggu di berbagai negara. OpenAI mengatakan bahwa fitur tersebut belum tersedia di negara-negara UE, Islandia, Liechtenstein, Norwegia, Swiss, atau Inggris.

OpenAI sebenarnya sudah mengumumkan fitur baru yang cukup canggih ini pada Mei 2024. Peluncuran fitur baru ini mendapat banyak publisitas karena suara bernama Sky menyerupai suara Scarlett Johansson dalam film "Her" tahun 2013. 

Penasihat hukum yang bekerja atas nama Johansson mengirim surat kepada OpenAI yang mengklaim bahwa perusahaan tersebut tidak memiliki hak untuk menggunakan suara yang hampir identik tersebut, dan OpenAI menghentikan penggunaannya dalam produk-produknya. 

Dalam beberapa bulan sejak itu, orang-orang telah dapat mengkonfigurasi ChatGPT untuk berbicara dengan mereka dalam suara lain melalui layanan gratis. Versi lanjutan merespons lebih cepat dan akan berhenti berbicara dan mendengarkan jika kamu menyela.

Kini, ada sembilan suara yang dapat dipilih, dan kamu dapat memasukkan instruksi untuk obrolan suara di bagian Kustomisasi pada pengaturan aplikasi.

2 dari 4 halaman

Bersaing dengan Google dan Meta

"Semoga Anda merasa penantian ini sepadan," tulis Sam Altman, salah satu pendiri dan CEO OpenAI, dalam sebuah posting X pada hari Selasa 24 September 2024.

Ini adalah ruang yang semakin kompetitif bagi OpenAI, yang didukung oleh Microsoft.

Selama beberapa minggu terakhir, Google telah merilis fitur suara Gemini Live dalam bahasa Inggris di perangkat Android.

Dikutip melalui salah satu kantor berita intrnasional pada Senin 23 September 2024, Meta akan memperkenalkan suara selebritas akhir minggu ini yang dapat diakses melalui Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

OpenAI memulai lebih awal di pasar chatbot AI generatif, ketika meluncurkan ChatGPT pada akhir tahun 2022. Pada bulan Agustus, OpenAI memberi tahu media bahwa ChatGPT memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif mingguan.

Mode lanjutan hanya tersedia bagi mereka yang berlangganan paket Plus, Team, atau Enterprise OpenAI. Opsi yang paling terjangkau adalah tingkat Plus seharga USD 20 per bulan.

3 dari 4 halaman

Cara Menggunakan

Jika Anda membayar, mudah untuk memulai, dengan asumsi OpenAI telah memberikan akses ke perangkat kamu:

  1. Pastikan Anda memiliki versi aplikasi terbaru di ponsel kamu.
  2. Buka aplikasi ChatGPT.
  3. OpenAI mengatakan Anda akan menerima pemberitahuan di aplikasi setelah mengaktifkan akses ke fitur baru. Tekan tombol lanjutkan untuk memulai.
  4. Buat obrolan baru dengan menggeser ke kanan atau mengetuk ikon dua garis di sudut kiri atas dan memilih ChatGPT di bagian atas. Di sebelah kanan kolom teks "Pesan" dan ikon mikrofon, kamu akan melihat ikon gelombang suara. Ketuk itu dan pastikan suara Anda aktif.
  5. Dalam beberapa detik, kamu akan mendengar suara "benturan" kecil, dan lingkaran di tengah layar akan berubah menjadi animasi biru dan putih seperti langit yang cair. Mulailah berbicara. Kamu akan segera menerima respons. Jangan kaget jika audio sedikit terputus-putus.

  6. OpenAI mengatakan telah meningkatkan aksen dalam beberapa bahasa asing dan telah meningkatkan kecepatan percakapan. Namun, jika kamu tidak menyukai apa yang kamu dengar, maka dapat meminta ChatGPT untuk berbicara dengan cara yang berbeda. Kamu dapat memintanya untuk berbicara lebih cepat, misalnya, atau menggunakan aksen Selatan. 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Dengan mode suara tingkat lanjut, Anda dapat meminta ChatGPT untuk menceritakan kisah sebelum tidur, membantu Anda bersiap untuk wawancara kerja, atau bahkan mengasah keterampilan bahasa asing.

Namun, meskipun kamu membayar, kamu tidak akan memiliki akses tak terbatas ke mode suara tingkat lanjut.

Setelah menggunakannya selama sekitar setengah jam pada hari Selasa, saya mulai melihat "15 menit tersisa" di bagian bawah layar. OpenAI tidak segera menanggapi permintaan untuk perincian tentang batas waktu.