Sukses

Journey to Green Tourism Mandalika: Upaya Nyata BRI Dukung Pariwisata Hijau Berkelanjutan

BRI Menanam - Grow & Green’ menginisiasi program penanaman 10.000 bibit pohon di kawasan Mandalika sebagai upaya mendukung pariwisata hijau atau green tourism berkelanjutan.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui ‘BRI Menanam - Grow & Green’ menginisiasi program penanaman 10.000 bibit pohon di kawasan Mandalika sebagai upaya mendukung pariwisata hijau atau green tourism berkelanjutan.

Sejumlah pembalap internasional, seperti Miguel Oliveira (Trackhouse Racing), Johann Zarco (LCR Team), Mario Aji (IDEMITSU Honda Team Asia), Somkiat Chantra (IDEMITSU Honda Team Asia), Manuel Gonzalez (QJMOTOR Gresini Moto2™️), David Alonso (CFMoto Aspar Team) dan Ivan Ortola (MT Helmets - MSI) antusias mengikuti kegiatan penanaman pohon bertajuk Journey to Green Tourism Mandalika pada Kamis (26/09/2024).

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto menekankan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan dalam setiap event besar. Kegiatan penanaman pohon di Kawasan Mandalika merupakan bentuk nyata dan kontribusi BRI dalam mendukung penyelenggaraan MotoGP 2024 dan mewujudkan lingkungan berkelanjutan.

“Penyelenggaraan MotoGP 2024 merupakan salah satu event berkelas dunia, karena itu baik pemerintah, BUMN, swasta dan masyarakat harus mendukung penyelenggaraan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya serta memperhatikan aspek lingkungan. Kami sangat mengapresiasi kegiatan Journey to Green Tourism Mandalika sebagai bagian dari Acara MotoGP Indonesia, karena kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari semua upaya kami untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan,” kata Catur.

Kegiatan Journey to Green Tourism Mandalika juga merupakan bentuk penyelarasan strategi perusahaan, pemenuhan harapan pemangku kepentingan dan inisiasi Environment, Social and Governance (ESG) yang mengacu pada standar nasional, regional dan global serta komitmen BRI terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) di seluruh unit kerja di seluruh pelosok Indonesia.

Catur menambahkan, BRI juga terus mendukung pemerintah dalam upaya pemulihan ekosistem dunia dan mendukung upaya memerangi perubahan iklim dengan mengambil peran melalui program-program yang secara nyata dapat membantu mengatasi perubahan iklim dan menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan.

 

BRI Peduli selaku payung dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) telah menginisiasi program ‘BRI Menanam - Grow & Green’ berupa aktivitas-aktivitas yang mendukung upaya pemulihan ekosistem baik di laut maupun di darat.

 Sejak dimulai pada tahun 2023, BRI Menanam - Grow & Green berhasil menanam bibit pohon sebanyak 55.300 bibit pohon tertanam dan terpelihara. Diantaranya mangrove, cemara laut, dan tanaman produktif (durian, kopi, aren, pinus, pala, dsb

Selain itu, BRI telah melakukan transplantasi 2.430 fragmen terumbu karang di beberapa pulau di Indonesia. Program ini berpotensi menyerap lebih dari 12.167,29 Ton CO2e/tahun, memberikan kontribusi signifikan dalam upaya memerangi perubahan iklim.

MotoGP Mandalika 2024 menjadi momentum penting untuk menunjukkan bahwa olahraga dan kepedulian lingkungan bisa berjalan beriringan. Pasalnya, Mandalika kini tak hanya dikenal sebagai sirkuit balap kelas dunia, tetapi juga simbol dari pariwisata berkelanjutan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.