Sukses

Awas, Penipuan Tawaran Lulus Seleksi CPNS 2024 BPKP Lewat Orang dalam

BPKP mengimbau seluruh masyarakat berhati-hati terhadap berbagai upaya penipuan yang dilakukan pihak-pihak tak bertanggung jawab terkait tawaran lulus Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) BPKP Tahun Anggaran 2024

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengimbau seluruh masyarakat berhati-hati terhadap berbagai upaya penipuan yang dilakukan pihak-pihak tak bertanggung jawab terkait tawaran lulus Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) BPKP Tahun Anggaran 2024.

“Masyarakat diminta waspada terhadap oknum-oknum yang mengaku sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di BPKP dan menawarkan jalur internal (orang dalam) untuk menjamin atau memudahkan kelulusan pelamar dengan meminta imbalan dalam jumlah tertentu,” ujar Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) BPKP Raden Mas Aris Santosa dikutip Jumat (27/9/2024).

Pihaknya menegaskan bahwa seluruh proses seleksi CPNS BPKP dilakukan dengan prinsip transparansi, integritas, dan tanpa pungutan biaya apapun. BPKP menjamin tidak ada imbalan dalam bentuk apapun yang diminta atau diberikan dalam rangkaian Seleksi CPNS 2024 dengan tujuan memberikan keuntungan atau kelulusan tertentu kepada pelamar.

Kelulusan peserta murni ditentukan oleh prestasi dan hasil tes pelamar selama proses seleksi, sesuai dengan aturan dan kriteria yang ditetapkan.

Lebih lanjut, dia menyatakan pihaknya tak bertanggung jawab atas segala bentuk pungutan atau tawaran yang dilakukan oleh oknum mengatasnamakan BPKP atau Panitia Seleksi CPNS BPKP TA 2024.

“Masyarakat dan pelamar diimbau untuk tidak percaya pada janji-janji kelulusan yang ditawarkan oleh pihak manapun, dan segera melaporkan apabila menemukan indikasi penipuan kepada pihak berwenang,” ucapnya.

Apabila menjumpai informasi terkait indikasi penipuan, Aris meminta segera mencari referensi yang terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Informasi valid terkait kegiatan BPKP dapat diakses melalui laman (website) resmi BPKP atau akun media sosial resmi milik BPKP. Pengaduan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan penipuan mengatasnamakan BPKP dapat dilakukan melalui https://wbs.bpkp.go.id atau melalui surel inspektorat@bpkp.go.id.

BPKP akan terus menjaga integritas dan memastikan proses seleksi berlangsung dengan adil, transparan, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Setiap pelamar diberikan kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan dalam proses seleksi ini berdasarkan kemampuan dan kualifikasi masing-masing,” ungkap Aris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelamar Harus Tahu, Cara Sanggah Seleksi CPNS 2024 sampai 22 September

Sebelumnya, hasil seleksi administrasi dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) resmi diumumkan. Namun, masih ada masa sanggah bagi pelamar yang dinyatakan tidak lolos administrasi CPNS. Bagaimaan caranya?

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan waktu bagi pelamar untuk memberikan sanggahan terkait dengan hasil seleksi administrasi. Masa sanggah seleksi CPNS 2024 ini dimulai 20 September 2024 hingga 22 September 2024.

Bagi pelamar yang dinyatakan Tidak Lulus Seleksi Administrasi, bisa masuk ke laman https://sscasn.bkn.go.id. Keterangan lengkap bisa diakses melalui laman tersebut.

Untuk melakukan sanggahan, pelamar akan disuguhkan dokumen yang dinyatakan tidak sesuai dengan persyaratan. Pelamar bisa mengetuk bagian 'Ajukan Sanggahan' setelah masuk ke profil.

Setelah didapat, dokumen yang dinyatakan tidak sesuai, pelamar perlu melihat secara saksama dan memastikan sanggahan yang disampaikan berkaitan dengan dokumen itu

Kemudian, isi kolom sanggahan dengan alasan yang jelas dan sesuai dengan dokumen yang sudah diunggah sebelumnya.

Berikutnya, ketuk tombol 'Akhiri Proses Sanggah' untuk melakukan submit sanggahan seleksi administrasi CPNS 2024.

Perlu dicatat, sanggahan ini hanya dapat dilakukan sebanyak satu kali. Serta, proses sanggahan hanya berlaku jika kesalahan terletak pada verifikator proses seleksi administrasi.

Pelamar juga harus melakukan pengecekan secara berkala untuk melihat hasil dari instansi terkait yang disanggah.

3 dari 3 halaman

Ini Jadwal Pengumuman Hasil Tes Administrasi CPNS 2024

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat, jumlah pendaftar seleksi Calon Aparatur Sipil Negara CASN atau CPNS 2024 mencapai 3.963.832 orang pada penutupan tanggal 17 September 2024.

"Selama pendaftaran yang berlangsung hampir 1 (satu) bulan tersebut, terhitung pelamar seleksi CPNS tahun ini mencapai 3.963.832 orang (data BKN 17 September Pukul 08.00 WIB)," kata Plt. Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Vino Dita Tama dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Tahap selanjutnya ialah pengumuman hasil seleksi administrasi yang akan dirilis secara paralel oleh masing-masing instansi mulai 14 sampai 19 September 2024 sesuai dengan jadwal Panselnas lewat Surat BKN Nomor: 5900/B-KS.04.01/SD/K/2024. Pelamar juga dapat mengecek hasil seleksi administrasi melalui portal SSCASN BKN via login dengan masing-masing akun pelamar.

Tahapan hasil seleksi administrasi akan diikuti dengan adanya masa sanggah, di mana pelamar diberikan kesempatan melakukan sanggah mulai 20 sampai 22 September 2024 dan dilanjutkan dengan jawab sanggah dari instansi mulai 20 sampai 24 September 2024.

Perlu diketahui bahwa masa sanggah bukan kesempatan untuk memperbaiki kesalahan pelamar. Sebaliknya, sanggah diperuntukkan jika terdapat kekeliruan terhadap hasil verifikasi – validasi instansi dan setiap pelamar hanya diberikan 1 (satu) kali kesempatan sanggah.

"Hasil sanggah akan dijawab instansi melalui pengumuman pasca-masa sanggah yang dijadwalkan mulai 23 s.d 29 September 2024," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini