Sukses

60 UMKM Binaan Pertamina di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 Curi Perhatian Wisatawan

Rangkaian acara Pertamina Grand Prix of Indonesia menampilkan kekayaan budaya dan kreativitas lokal yang memikat wisatawan.

Liputan6.com, Jakarta Rangkaian acara Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 menampilkan kekayaan budaya dan kreativitas lokal yang memikat wisatawan. Ajang balap skala internasional ini digelar 27 hingga 29 September 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit. 

Pertamina Patra Niaga bersama Rumah BUMN Pertamina Lombok Timur mendukung 60 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan untuk memamerkan produk-produk mereka. 

Sebanyak 60 UMKM yang turut berpartisipasi menjadi bagian kemeriahan kegiatan Energizing You Festival ini menawarkan beragam produk, mulai dari kuliner khas Lombok hingga kerajinan tangan seperti tas, baju, dan aksesori yang menjadi suvenir menarik bagi pengunjung.

“Kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah melalui partisipasi UMKM dalam acara internasional seperti ini. Dukungan ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan UMKM, khususnya di Lombok,” jelas Heppy Wulansari, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga.

Heppy melanjutkan, semua UMKM yang menjual makanan telah menggunakan Bright Gas untuk memberikan kualitas masakan terbaik selama perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Selain itu, penggunaan aplikasi MyPertamina memudahkan transaksi, mengoptimalkan pengalaman belanja bagi pengunjung.

"Dengan MyPertamina, UMKM dapat mengelola penjualan secara efisien, dan pembeli juga mendapatkan harga spesial untuk setiap transaksi," tambah Heppy.

Berbagai pengunjung yang hadir, termasuk dari mancanegara, sangat antusias melihat UMKM binaan Pertamina ini. Salah satunya Susie Gait asal Inggris, ia membeli songket khas Lombok dan mengungkapkan ketertarikannya terhadap produk-produk Indonesia.

”Menurut saya ini adalah ide yang sangat luar biasa untuk menghadirkan banyak booth yang menjual kerajinan dan makanan lokal, karena kami tidak melakukan hal seperti ini di British Grand Prix. Ini adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan produk lokal kepada dunia,” kata Susie.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata UMKM

Salah satu pelaku UMKM binaan Pertamina Patra Niaga, Indah Lestari yang merupakan pemilik dari usaha Songket Bunga Rinjani mengaku sangat terbantu sejak bergabung sebagai mitra binaan Pertamina. Ia mengatakan, banyak sekali manfaat yang ia dapat untuk pengembangan usahanya.

”Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pertamina atas dukungannya selama ini, apalagi kali ini saya diajak untuk berjualan di ajang internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia. Selain meningkatkan merek saya, pendapatan selama di acara ini juga jauh meningkat,” ujar Indah.

Partisipasi UMKM binaan Pertamina tidak hanya memperkuat ekonomi lokal, tetapi juga menjadikan Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 sebagai platform untuk memperkenalkan budaya dan inovasi Indonesia kepada dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini