Sukses

PM Inggris Klarifikasi Tak Undang Elon Musk di KTT Investasi

Elon Musk mengecam di media sosial setelah laporan bahwa dia tidak diundang ke Inggris KTT Investasi Internasional pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta Inggris memastikan akan menyambut baik investasi Tesla yang didirikan dan dijalankan oleh Elon Musk. Hal ini disampaikan oleh Perdana Menteri Inggris Keir Starmer.

Dikutip dari BBC pada Rabu (2/10/2024), Keir Starmer menegaskan bahwa dia tidak ingin disalahpahami setelah kantor berita besar di Inggris melaporkan bahwa miliarder teknologi itu tidak diundang ke KTT Investasi Internasional Inggris karena unggahannya di media sosial selama kerusuhan bulan lalu.

 "Jelas, saya mendorong investasi dari mana saja," tegas Keir Starmer.

Dia juga menambahkan bahwa investasi yang baik ke Inggris adalah hal yang sangat dia promosikan.

Keir Starmer menyampaikan komentarnya tersebut saat berbicara kepada wartawan dalam kunjungannya baru-baru ini ke New York, Amerika Serikat (AS) ketika menyampaikan pidato di hadapan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan bertemu dengan Donald Trump serta para pemimpin bisnis AS.

"Setiap kali saya di luar negeri, setiap kali dalam perjalanan internasional, kami melakukan sarapan investasi ini, karena saya benar-benar bertekad untuk mendapatkan investasi yang kami butuhkan ke dalam perekonomian.

"Dan saya pikir kami memiliki peluang nyata dengan babak baru sekarang," katanya.

KTT bulan depan adalah momen penting yang diharapkan perdana menteri akan menghasilkan puluhan miliar pound dalam pendanaan masuk untuk bisnis dari investor terbesar di dunia.

Elon Musk diundang ke acara tahun lalu tetapi tidak hadir. Namun, ia mengambil peran utama dalam KTT kecerdasan buatan (AI) bulan November, termasuk obrolan santai dengan perdana menteri saat itu Rishi Sunak.

2 dari 4 halaman

Kerugian Besar Tak Undang Elon Musk di KTT

Mantan kanselir Konservatif dan sekarang kanselir bayangan, Jeremy Hunt mengatakan bahwa bahwa "kerugian besar" karena tidak menghadirkan Bapak Musk di KTT tersebut.

"Ia mengatakan kepada saya tahun lalu bahwa ia merencanakan pabrik mobil baru di Eropa dan belum memutuskan di mana tetapi Inggris adalah kandidatnya," kata Bapak Hunt.

Musk mengecam di media sosial setelah laporan bahwa dia tidak diundang ke Inggris KTT Investasi Internasional pemerintah."Saya rasa tidak seorang pun harus pergi ke Inggris saat mereka membebaskan pedofil yang dihukum untuk memenjarakan orang-orang karena unggahan di media sosial," klaim Elon  Musk di X.

Setelah kekacauan dan kerusuhan di seluruh Inggris pada bulan Agustus, beberapa orang dipenjara karena mendorong kerusuhan di media sosial. Selama kerusuhan bulan Agustus, Musk meramalkan perang saudara di Inggris dan berulang kali menyerang perdana Menteri yang diunggah di X.

dia juga membagikan, dan kemudian menghapus, teori konspirasi tentang Inggris yang membangun "kamp penahanan" di Kepulauan Falkland untuk para perusuh.

Saat itu, para menteri mengatakan komentarnya "sama sekali tidak dapat dibenarkan" dan "sangat menyedihkan".

 

3 dari 4 halaman

Akibat Unggahan di Media Sosial, Elon Musk Tak Diundang KTT Inggris

Sebelumnya, Elon Musk, pengusaha fenomenal sekaligus salah satu orang terkaya di dunia, tidak diundang ke KTT Investasi Internasional yang diselenggarakan pemerintah Inggris. Keputusan ini diambil sebagai tanggapan atas komentar kontroversialnya di media sosial yang selama kerusuhan yang terjadi di Inggris bulan lalu.

Kerusuhan di Inggris meletus setelah adanya insiden penikaman di Southport yang menewaskan tiga orang anak. Dalam salah satu unggahannya Elon Musk di media sosial X memprediksi terjadinya perang saudara di Inggris dan berulang kali mengkritik Perdana Menteri Inggris. Alhasil Unggahannya tersebut menuai kecaman dari berbagai pihak.

Mengutip BBC, Kamis (26/9/2024), KTT yangakan dilaksanakan pada Oktober ini merupakan acara penting bagi Perdana Menteri Keir Starmer, yang berharap dapat menarik investasi bernilai miliaran dolar AS dari investor global. Dengan begitu, investasi ini akan membantu pertumbuhan ekonomi Inggris.

Elon Musk sebenarnya diundang pada acara serupa tahun lalu, bahkan memimpin diskusi utama pada KTT AI di bulan November bersama PM sebelumnya, Rishi Sunak.

Selama kerusuhan Agustus, Musk sempat membagikan teori konspirasi yang menyatakan bahwa Inggris sedang membangun "kamp penahanan" di Kepulauan Falkland untuk menahan para perusuh.

Meskipun unggahan tersebut akhirnya dihapus, banyak pejabat pemerintah Inggris menganggap pernyataannya sebagai sesuatu yang tidak bisa diterima. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Musk tidak diundang ke acara besar tersebut pada 14 Oktober.

4 dari 4 halaman

Peluang Tarik Investasi Asing

Pemerintah Inggris menganggap acara ini sebagai peluang penting untuk menarik investasi asing yang akan mendukung perekonomian negara. Di bawah pemerintahan Partai Buruh, KTT ini dijanjikan akan diadakan dalam 100 hari pertama mereka berkuasa.

Elon Musk sendiri sudah pernah diajak pemerintah Inggris untuk mempertimbangkan lokasi pabrik Tesla di sana, namun ia akhirnya memilih Jerman sebagai lokasi pabrik baru, dengan alasan terkait Brexit. Di sisi lain, Musk adalah peserta reguler dalam KTT investasi di Perancis, bahkan makan siang selama tiga jam dengan Presiden Emmanuel Macron pada bulan Juli lalu.

Di bawah kepemilikan Musk atas X, ia membatalkan larangan terhadap sejumlah tokoh sayap kanan, termasuk kelompok Britain First. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di Inggris, yang saat ini tengah mempertimbangkan undang-undang keamanan online yang lebih ketat untuk mengatasi penyebaran misinformasi dan konten bermuatan rasis.

Sebagai informasi, Elon Musk saat ini memiliki kekayaan bersih sekitar USD 228 miliar atau sebagian besar berasal dari sahamnya di Tesla.