Sukses

Eko Patrio Jadi Sekjen Baru PAN, Intip Harta Kekayaannya

Eko Patrio resmi menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN). Lantas berapa harta kekayaannya?

Liputan6.com, Jakarta Anggota DPR sekaligus artis Eko Patrio, yang kini resmi menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) untuk periode 2024-2029. Eko Patrio memiliki harta kekayaan yang mencapai Rp 131 miliar.

Informasi ini diungkapkan berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada 2 September 2024 untuk periode laporan 2023, seperti yang tercantum di situs resmi elhkpn.kpk.go.id.

Harta Kekayaan Eko Patrio Berdasarkan LHKPN

A. Tanah dan Bangunan: Rp 166,03 Miliar

Eko Patrio memiliki sejumlah properti yang tersebar di berbagai wilayah, termasuk Jakarta, Nganjuk, Karangasem, dan Bogor. Berikut adalah beberapa diantara properti miliknya:

  1. Tanah dan bangunan di Jakarta Timur senilai Rp 32,87 miliar.
  2. Tanah di Jakarta Timur dengan luas 2.280 m², senilai Rp 15,97 miliar.
  3. Tanah seluas 11.470 m² di Bogor, senilai Rp 14,29 miliar.
  4. Properti di Jakarta Selatan yang mencapai Rp 70 miliar.

B. Alat Transportasi dan Mesin: Rp 5,59 Miliar

Selain properti, Eko Patrio juga memiliki sejumlah kendaraan mewah, di antaranya:

  • Toyota Alphard Minibus Tahun 2003 senilai Rp 200 juta.
  • Jeep Rubicon Tahun 2023 senilai Rp 2,015 miliar.
  • Subaru BRZ dan Mini Cooper yang totalnya mencapai lebih dari Rp 1 miliar.

C. Harta Bergerak Lainnya: Rp 1,21 Miliar

D. Surat Berharga: Rp 0

E. Kas dan Setara Kas: Rp 8,44 Miliar

F. Harta Lainnya: Rp 1,71 Miliar

Total Harta Kekayaan Eko PatrioSetelah menghitung keseluruhan aset dan dikurangi hutang sebesar Rp 51,46 miliar, total kekayaan bersih Eko Patrio mencapai Rp 131,52 miliar.

Perjalanan Karier Eko Patrio di Politik

Sebagai anggota DPR dari Fraksi PAN, Eko Patrio kembali terpilih untuk periode 2024-2029. Selain menjadi Sekjen PAN, Eko juga menjabat sebagai Ketua DPW PAN DKI Jakarta dan sempat disebut sebagai calon potensial dalam bursa Pilgub Jakarta sebelum partainya mengusung Ridwan Kamil-Suswono.

Dengan aset yang signifikan dan karier politik yang terus berkembang, Eko Patrio tak hanya dikenal sebagai artis, tetapi juga sebagai tokoh politik yang memiliki pengaruh besar di kancah nasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Sekjen Baru PAN

Partai Amanat Nasional atau PAN menunjuk Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio sebagai sekretaris jenderal (sekjen) baru. Eko menggantikan Eddy Soeparno. 

"Iya (benar), sudah disampaikan Pak Zul ya jadi memang hasil kongres kemarin akan ada perubahan di dalam struktur kepengurusan DPP PAN dan Pak Zulkifli Hasan selaku Ketua Umum telah menetapkan Mas Eko Hendro Purnomo sebagai Sekretaris Jenderal menggantikan saya," kata mantan Sekjen PAN Eddy Soeparno di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024).

Eddy menyebut pergantian posisi sekjen adalah bagian regenerasi dan semangat mengusung anak muda.

"Alhamdulillah ada pergantian yang sifatnya regeneratif. Jadi Mas Eko menggantikan posisi saya yang sudah saya jabat selama 10 tahun. Saya rasa semangat yang dibawa Mas Eko juga ada semangat kemudaan, semangat perjuangan," kata Eddy.

Menurut Eddy, dia akan kembali menduduki kursi di DPP PAN sebagai salah satu Wakil Ketua Umum DPP PAN.

"Insyallah nanti saya akan menjadi salah seorang di antara wakil ketua umum yang ada. Nanti tugas apapun sebagai wakil ketua umum nanti akan diumumkan di PAN sendiri," pungkas Eddy.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.