Sukses

Kerja Sampingan Bermodal Rp 600 Ribu, Penghasilan Ibu Ini Sekarang Capai Rp 3,3 Miliar per Tahun

Emily Odio Sutton, seorang ibu berusia 36 tahun dari Florida, mampu meraih USD 220.000 atau sekitar Rp 3,3 miliar per tahun dari etsy yakni sebuah website yang memungkinkan user untuk membuat toko online.

Liputan6.com, Jakarta - Emily Odio Sutton, seorang ibu berusia 36 tahun dari Melbourne, Florida, mampu menghasilkan USD 220.000 atau sekitar Rp 3,3 miliar per tahun dari Etsy yakni sebuah website yang memungkinkan pengguna untuk membuat toko online.

Dikutip dari CNBC, Jumat (4/10/2024), toko online yang dibangun oleh Emily Odio Sutton ini mulai dibangun sebagai usaha sampingan pada 2022. Alasan memulai usaha sampingan ini karena ingin lebih fleksibel dalam mengatur waktu dengan keluarganya, terutama untuk menjemput putrinya dari sekolah.

Usaha Emily dimulai dengan modal kecil, hanya sekitar USD 40 atau sekitar Rp 600 ribu, termasuk biaya membuka toko online dan berlangganan alat desain Canva.

Di toko ini, dia menjual produk seperti kaos dan lilin dengan desain sederhana, terutama teks hitam-putih. Setiap kali ada pesanan, sebuah perusahaan bernama Printify mencetak dan mengirimkan produk tersebut.

Dari penghasilannya, sekitar 30% merupakan keuntungan.

Keuntungan yang dihasilkan Emily membantunya melunasi utang pinjaman mahasiswa sebesar USD 20.000, mulai berinvestasi di saham, membuka tabungan untuk kuliah putrinya, dan berlibur bersama keluarganya.

Selain itu, Emily juga membuka toko kedua di Etsy yang menjual materi acara digital, seperti lembar pendaftaran, dan telah menghasilkan USD 17.200 pada 2024. 

Sekarang, Emily menghabiskan 10 jam per minggu untuk mengelola toko Etsy-nya, seringkali bekerja di laptop sambil menemani putrinya di kegiatan senam atau renang.

Meskipun banyak toko serupa di Etsy, Emily mengandalkan desain yang sederhana tetapi memiliki ikatan emosional dengan pembeli, seperti produk yang lucu, sentimental, atau relevan.

 

2 dari 2 halaman

Tips Memulai Bisnis

Tips memulai Bisnis di Etsy Menurut Emily:  

  1. Biaya Awal yang Rendah, Dengan modal sekitar USD 40 , siapa pun bisa mulai. Investasi utama adalah waktu untuk belajar dan berkreasi,
  2. Desain Sederhana yang Menjual, Emily menggunakan metode templat dan membuat desain teks hitam-putih sederhana yang dapat dengan mudah dimodifikasi,
  3. Riset Pasar, dia melakukan riset melalui platform seperti Etsy dan Pinterest untuk memahami tren dan kebutuhan pasar. 

Menurut Emily, kesalahan umum yang dilakukan orang ketika memulai usaha Etsy adalah terlalu umum dalam memilih produk.

Untuk sukses, penting untuk menargetkan pasar yang lebih spesifik. Selain itu, diperlukan kesabaran dan eksperimen terus-menerus untuk menemukan desain yang laris.

Emily kini bekerja sebagai pelatih bagi calon penjual Etsy, membantu mereka menghindari kesalahan dan meraih sukses dengan usaha sampingan mereka sendiri.

Video Terkini