Sukses

Miliarder Ini Ramal Pasar Keuangan AS Ambruk Jika Kamala Harris Jadi Presiden

Miliarder John Paulson khawatir dengan kebijakan pajak yang dikampanyekan calon presiden Kamala Harris, terutama pajak atas keuntungan yang belum direalisasikan, yang bisa memicu penjualan masif di pasar.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Hari Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS), dampak potensial kebijakan para calon presiden terhadap pasar keuangan menjadi perhatian utama bagi investor. Saat ini ada perbedaan kebijakan yang mencolok antara dua kandidat utama yaitu Kamala Harris dan Donald Trump.

Bagi miliarder dan manajer hedge fund John Paulson, tindakan yang diambil sangat jelas jika Wakil Presiden saat ini dan calon presiden mendatang dari Partai Demokrat Kamala Harris menang.

“Jika Harris terpilih, saya akan menarik uang saya dari pasar,” kata Paulson dalam sebuah wawancara dengan Fox Business, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (5/10/2024).

Paulson menyatakan kekhawatirannya terhadap potensi pajak atas keuntungan modal yang belum direalisasikan, yang menurutnya dapat memiliki konsekuensi serius bagi ekonomi.

“Jika mereka menerapkan pajak 25% pada keuntungan yang belum direalisasikan, itu akan menyebabkan penjualan masif hampir di semua sektor, termasuk saham, obligasi, rumah, dan seni. Saya pikir itu akan mengakibatkan crash di pasar dan resesi yang cukup cepat,” ujarnya.

Paulson bukanlah orang asing dalam menghadapi pasar yang bergejolak. Ia terkenal karena meraih keuntungan sebesar USD 15 miliar untuk perusahaannya, Paulson & Co, selama krisis keuangan 2007 dengan bertaruh melawan pasar perumahan AS. 

Pendekatannya yang berani dan kontrarian memungkinkannya untuk mengambil keuntungan dari salah satu penurunan ekonomi terburuk dalam sejarah modern.

2 dari 4 halaman

Tempat Aman dalam Potensi Krisis

Jadi, jika Paulson berencana menarik investasinya jika Harris terpilih, ke mana ia akan memarkir uangnya?

“Saya akan beralih ke uang tunai dan emas, karena saya pikir ketidakpastian terkait rencana yang mereka paparkan akan menciptakan banyak ketidakpastian di pasar dan kemungkinan menurunkan pasar,” jelasnya.

Strategi Paulson mencerminkan langkah defensif di masa ketidakstabilan pasar yang diperkirakan. Dengan memegang uang tunai, ia mempertahankan modal dan menjaga fleksibilitas, siap untuk mengambil peluang ketika pasar stabil.

 Investasi dalam emas, yang secara tradisional dipandang sebagai tempat aman selama gejolak ekonomi atau politik, dapat melindungi kekayaannya dari potensi devaluasi mata uang dan inflasi. 

Alokasi konservatif ini menunjukkan bahwa Paulson bersiap untuk volatilitas yang signifikan dan lebih memilih menunggu sinyal ekonomi yang lebih jelas sebelum masuk kembali ke pasar. Emas telah menarik perhatian banyak investor. Logam mulia ini baru-baru ini melampaui angka USD 2.600 per ons, mencetak tonggak baru.

Bagi mereka yang berbagi kekhawatiran Paulson, saat ini ada banyak cara untuk mendapatkan eksposur terhadap emas. Anda dapat memiliki bullion, membeli saham perusahaan pertambangan emas atau ETF, atau bahkan memanfaatkan keuntungan pajak dengan IRA emas.

3 dari 4 halaman

Perspektif Berlawanan

Sementara kekhawatiran Paulson tentang perlakuan pajak terhadap keuntungan modal yang belum direalisasikan telah membuatnya merencanakan strategi defensif jika Harris menang, tidak semua investor miliarder berbagi pandangannya.

Investor Shark Tank Mark Cuban memberikan perspektif yang berlawanan. Ia menyatakan bahwa ia tidak percaya pajak semacam itu akan diterapkan.

“Setiap percakapan yang saya lakukan mengatakan bahwa itu tidak akan terjadi,” kata Cuban dalam sebuah wawancara dengan CNBC. Ia menyebutkan bahwa ia sering berkomunikasi dengan tim Harris dan membagikan umpan balik eksplisit mereka:

 “Kata-kata mereka adalah, ‘Itu bukan arah yang ingin kami tuju.’’ Paulson juga mengungkapkan kekhawatiran tentang kebijakan pajak lainnya yang mungkin diterapkan di bawah kepresidenan Harris.

“Mereka ingin menaikkan tarif pajak perusahaan dari 21% menjadi 28%,” katanya. “Mereka ingin menaikkan tarif pajak keuntungan modal dari 20% menjadi awalnya 39%, tetapi sekarang mereka telah berbalik kembali ke 28%.”

Salah satu elemen penting dari rencana pajak Harris adalah usulan peningkatan tarif pajak perusahaan dari 21% saat ini — angka yang ditetapkan di bawah Undang-Undang Pemotongan dan Pekerjaan Pajak 2017 yang diprakarsai oleh pemerintahan Trump — menjadi 28%. Langkah ini bertujuan untuk menghasilkan pendapatan tambahan untuk membiayai inisiatif kebijakannya.

4 dari 4 halaman

Dukungan Mark Cuban untuk Kamala Harris

Sementara Paulson khawatir tentang potensi kenaikan pajak perusahaan, Cuban, yang telah mendukung Harris, tidak tampak khawatir.

Cuban menulis sebuah post di X untuk membandingkan dampak kebijakan pajak Harris dengan tarif Trump. Menggunakan contoh matematis yang disederhanakan, ia menyimpulkan bahwa pendekatan Harris akan menghasilkan keuntungan setelah pajak yang lebih tinggi bagi perusahaan.

Mengenai keuntungan modal, Harris mengadvokasi tarif pajak 28% untuk keuntungan modal jangka panjang bagi individu yang memperoleh lebih dari USD 1 juta. Usulan ini secara signifikan lebih rendah daripada tarif 39,6% yang diusulkan dalam anggaran fiskal 2025 Presiden Biden, yang bertujuan untuk mencapai keseimbangan yang menarik bagi tujuan kebijakan dan kekhawatiran investor.

Sekali lagi, Cuban tidak merasa terancam. “Dia berusaha sangat menghormati presiden dan semua yang Ia usulkan,” katanya dalam sebuah wawancara dengan CNBC. “Ketika saya berbicara dengan mereka, saya pikir itu adil.”

Video Terkini