Sukses

Pria Ini Jalankan Bisnis dengan Mobil, Cuma Kerja 3 Minggu dalam Setahun

Ketika Musim pindah kuliah adalah waktu tersibuknya dalam setahun pekerjaan sampingan Stockford menghasilkan pendapatan sebesar USD 9.740 pada Agustus 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pelukis bernama Kyle Stockford tidak bisa menjual karyanya selama beberapa bulan hingga akhirnya dia memutuskan untuk mencari bisnis sampingan. Saat itu di 2021, Kyle Stockford merupakan seniman pelukis abstrak penuh waktu yang membuat kolase warna-warni. 

Tanpa bisa menjual lukisannya tentu dia membutuhkan cara lain untuk memenuhi kebutuhan dalam hidupnya. Akhirnya  dia pun mencoba beralih pekerjaan seperti saudaranya, yang telah mengerjakan halaman rumah orang lain dan membantu merakit furnitur Ikea melalui situs web Taskrabbit.

Stockford mendaftar untuk melakukan pekerjaan serupa, "Menghasilkan USD 16 hingga USD 18 per jam," katanya dikutip dari CNBC, Minggu (6/10/2024). Namun, penghasilan sebenarnya adalah ketika ia membantu orang pindahan rumah atau apartemen.

Pria berusia 29 tahun itu sekarang mengenakan biaya USD 98 atau sekitar Rp 1,4 juta per jam di website Taskrabbit untuk membawa barang-barang milik orang lain ke dalam mobil van Chevy Express miliknya dan mengangkutnya ke seluruh wilayah Boston.

Ketika Musim pindah kuliah adalah waktu tersibuknya dalam setahun pekerjaan sampingan Stockford menghasilkan pendapatan sebesar USD 9.740 pada Agustus 2023.

Pekerjaan ini menghasilkan antara USD 3.000 hingga USD 5.000 di bulan-bulan lainnya, sehingga totalnya menjadi lebih dari USD 36.600 atau sekitar Rp 549 juta dalam bentuk uang tunai.

Membangun Bisnis Pindahan

"Saya akan bekerja di Taskrabbit untuk sementara waktu," kata Stockford saat memulai perjalanan bisnis pindahannya.

Stockford membeli mobil van besar pada 2018 ketika dia masih kuliah di Massachusetts College of Art and Design. Tujuan awalnya sederhana: dia butuh kendaraan untuk mengangkut lukisan dari kampus ke calon pembeli.

2 dari 3 halaman

Perjalanan Bisnis

Namun, setelah sekitar satu tahun bekerja di Taskrabbit, dia merasa frustasi karena meskipun sudah memiliki van besar, dia masih belum menghasilkan banyak uang.

Dia pun memutuskan untuk serius. Stockford membeli berbagai perlengkapan seperti tali pengikat, selimut pindahan, sarung tangan, dan tali bungee untuk mempersiapkan van dan dirinya sendiri menghadapi pekerjaan pindahan yang lebih intens.

Stockford mulai dengan tarif USD 65 per jam, dan salah satu pekerjaan pertamanya adalah membantu dua mahasiswa Universitas Northeastern pindah dari kampus ke apartemen baru.

Pekerjaan itu hanya memakan waktu kurang dari dua jam, dan ia mendapatkan sekitar USD 130.

‘’Saya kesulitan, karena hanya saya yang bekerja," ujarnya.

Untuk memperbanyak pekerjaan, dia mulai fokus pada tugas-tugas kecil seperti membantu pindahan barang dari satu kamar tidur atau mengambil barang dari Facebook Marketplace.

Dia juga belajar bahwa layanan pelanggan yang baik sangat penting.

"Saya mulai sadar betapa stresnya pindahan bagi orang-orang," katanya. Stockford menenangkan kliennya dengan berkata, "Jangan khawatir, ini akan selesai dalam waktu sekitar dua jam."

3 dari 3 halaman

Pekerjaan yang Membuahkan Hasil

Pada tahun 2022, kerja keras Stockford mulai membuahkan hasil. Tahun 2023 menjadi tahun tersibuk baginya. "Agustus dan pertengahan September benar-benar gila. Saya bekerja hampir setiap hari," ujarnya.

Stockford merasa semakin ahli dalam pekerjaannya. Dia tahu persiapan yang diperlukan, seperti membawa kunci atau kode untuk masuk asrama mahasiswa, membawa penghenti pintu, rak atap untuk kasur, dan memarkir van sedekat mungkin. Terkadang, dia juga membawa bantuan dari Tasker lain jika tugasnya besar.

"Setelah beberapa saat, Anda sudah tahu apa yang diharapkan," kata Stockford. "Biasanya furnitur yang sama dan beberapa kantong pakaian yang sama."

Meskipun pekerjaan pindahan bisa melelahkan, seperti harus membawa barang ke lantai tiga, bisnis ini cukup sukses bagi Stockford.

Dia bisa menghindari pekerjaan penuh waktu dan menyeimbangkan 10 hingga 20 jam pindahan per minggu dengan pekerjaan paruh waktu di Museum Seni McMullen di Boston College sebagai penata dan penyusun karya seni.

Yang terpenting, bisnis ini memberinya kebebasan. "Saya bisa bekerja tiga minggu dalam setahun, menghasilkan banyak uang, lalu berhenti begitu saja," kata Stockford.