Sukses

HUT TNI 2024, Naik MRT hingga Transjakarta Cuma Bayar Rp 1

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) tidak mengoperasikan tiga layanannya menyusul acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI di kawasan Monas, Jakarta Pusat pada besok Sabtu (5/10/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan tatif khusus di sejumlah moda transportasi pada peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT TNI 2024. Pengguna dikenakan harga khusus sebesar Rp 1 setiap perjalanan.

Kebijakan itu hanya berlaku pada Sabtu, 5 Oktober 2024, hari ini.

"Rayakan Sabtu murah meriah dengan naik angkutan umum seharga 1 rupiah," tulis akun Instagram @dishubdkijakarta, dikutip Sabtu (5/10/2024).

Ada tiga moda transportasi yang berlakukan tarif Rp 1. Yakni Transjakarta, LRT Jakarta, dan MRT Jakarta. Ketiganya memiliki tarif tersendiri di hari biasa.

Sementara itu, layanan lainnya seperti Mikrotrans, Transjakarta Cares, Layanan Penugasan Transjakarta, dan Layanan gratis bagi masyarakat tertentu, tarifnya tidak berubah.

Sesuai Pergub DKI Jakarta Nomor 133 Tahun 2018, layanan tersebut sudah memiliki tarif Rp 0, tetap berlaku sesuai tarif awal tersebut.

Rute Bus Tak Beroperasi Sementara

Sebelumnya, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) tidak mengoperasikan tiga layanannya menyusul acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI di kawasan Monas, Jakarta Pusat pada besok Sabtu (5/10/2024). Tiga layanan yang tidak dioperasikan adalah Sejarah Jakarta (BW1), Monas Explorer (BW2), dan Pencakar Langit (BW4).

Kepala Departemen Hubungan Masyarakat dan CSR Transjakarta, Ayu Wardhani menjelaskan, pihaknya juga tidak akan mengoperasikan 10 rute layanan pada pukul 08.30-11.00 WIB serta melakukan modifikasi lintasan.

"Ada 13 rute yang kami sesuaikan waktu operasionalnya dan ada 16 modifikasi lintasan," kata Ayu seperti dikutip dari Antara, Jakarta, Jumat.

Rute-rute bus Transjakarta yang tidak beroperasi pada pukul 08.30-11.00 WIB, yakni Stasiun Palmerah-Transport Hub Dukuh Atas (1B), Stasiun Palmerah-Bundaran Senayan (1F), Tanah Abang- Stasiun Gondangdia (1H), Tanah Abang-Blok M (1N) serta Senen-Blok M (1P).

Kemudian, Senen-Tanah Abang (1R), Gondangdia-Balai Kota (2Q), Ragunan-Balai Kota via Kuningan (6A), Ragunan-Balai Kota via Semanggi (6B) dan Pinang Ranti-Bundaran Senayan (9C).

 

2 dari 4 halaman

16 Rute Dimodifikasi

Sementara itu, 16 rute yang dimodifikasi waktu layanannya pada pukul 08.30-11.00 WIB, yaitu Blok M-Kota (1). Rute ini dialihkan melalui koridor 9 dan 13 dengan melayani Halte Petojo, Tarakan, Tomang Raya, Kota Bambu, Kemanggisan, Petamburan dan Gerbang Pemuda.

Selain itu Widya Chandra, Simpang Kuningan, Tegal Parang, Pancoran, Tegal Mampang, Rawa Baratm dan Pasar Santa.

Rute Blok M-Kota sementara tidak melayani Halte Balai Kota dan Monumen Nasional (Monas) seperti halnya Pulo Gadung-Monumen Nasional (2), Pulogadung-Rawa Buaya (2A), Cililitan-Juanda (5C), Balai Kota-Pantai Maju (1A), Kampung Rambutan-Juanda via Cempaka Putih (7F).

Rute lainnya, yakni Kalideres-Monumen Nasional (3) sementara dialihkan menjadi Kalideres-Juanda dan tidak melayani halte Monumen Nasional.

3 dari 4 halaman

Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-79 TNI di Monas

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2024).

Jokowi didampingi Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana, dan Wapres Ma'ruf Amin dan Ibu Wurry Estu Handayani tiba di lokasi upacara sekitar pukul 07.40 WIB. Mereka lalu memasuki lokasi upacara bersama Prabowo dan Gibran.

Tampak pula kehadiran cucu Jokowi sekaligus putra Gibran, Jan Ethes Srinarendra. Jokowi lalu menuju mimbar upacara dengan didampingi Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan para kepala staf.

Upacara diawali dengan Indonesia Raya. Jokowi kemudian melakukan pemeriksaan pasukan upacara bersama Panglima TNI dan Komandan Upacara, dengan menaiki mobil terbuka.

Dalam kesempatan ini, hadir pula Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Ahmad Muzani, Ketua DPD RI Sultan Najamudin, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, Wapres ke-11 Boediono, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

 

4 dari 4 halaman

Warga Boleh Masuk

Sebelumnya, Kapuspen TNI, Mayjen TNI Hariyanto, menjelaskan bahwa tema HUT kali ini adalah "TNI Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju". Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertindak sebagai inspektur upacara dalam perayaan tersebut.

"Kegiatan ini tidak hanya melibatkan TNI, tetapi juga tiga matra, yaitu TNI AD, TNI AL, dan TNI AU," ujar Hariyanto kepada wartawan di Monas, Kamis (3/10/2024). 

Ia menambahkan, Pelaksanaan kegiatan diawali oleh upacara parade, kemudian demonstrasi, dan dilanjutkan dengan defile. Setelah itu, akan ada pesta hiburan rakyat. Mungkin satu hari penuh kita melaksanakan kegiatan.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto turut mengajak masyarakat untuk menyaksikan perayaan ini, baik secara langsung maupun melalui siaran televisi. Ia juga meminta doa agar acara HUT ke-79 TNI berlangsung lancar.

"Yang jelas, TNI tidak berdiri sendiri. TNI bersama masyarakat. Ini adalah pesta TNI dan masyarakat," kata Hariyanto.

"Demo, tank, masyarakat ikut bersama-sama, dadah-dadah. Masyarakat semua boleh masuk." lanjutnya

Video Terkini