Sukses

Meramal Harga Emas Minggu Ini, Cetak Rekor Lagi atau Anjlok?

Analis mengatakan bahwa meskipun harga emas didukung oleh ketegangan geopolitik yang terus meningkat, emas mengalami volatilitas bullish yang lebih besar

Liputan6.com, Jakarta Emas kembali mendapatkan momentum baru menjelang akhir pekan lalu karena meningkatnya permintaan terhadap aset safe-haven akibat ketidakstabilan geopolitik yang kian memanas di Timur Tengah, yang mengesampingkan data kuat dari pasar tenaga kerja.

Emas awalnya menghadapi tekanan jual pada Jumat pagi setelah data dari Biro Statistik Tenaga Kerja menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi yang kuat menciptakan 254.000 lapangan kerja di AS bulan lalu. Data nonfarm payrolls untuk bulan September ini secara signifikan melebihi ekspektasi, yang sebelumnya diperkirakan hanya akan bertambah 147.000.

Di saat yang sama, upah juga naik lebih dari perkiraan, yaitu sebesar 0,4% bulan lalu.

Sebelum laporan tersebut dirilis, pasar memperkirakan ada peluang 30% bahwa Federal Reserve akan memangkas suku bunga sebesar 50 basis poin bulan depan. Namun, ekspektasi tersebut kini sepenuhnya hilang. Meski dolar AS menguat akibat perubahan ekspektasi kebijakan moneter, harga emas tetap bertahan.

Kontrak emas berjangka untuk Desember terakhir diperdagangkan di angka USD 2.669,10 per ons, yang relatif tidak berubah dari pekan sebelumnya.

Analis mencatat bahwa data ekonomi saat ini kalah penting dibandingkan ketidakpastian geopolitik.

Harga emas bertahan karena satu alasan dan hanya satu alasan—risiko akan peristiwa di Timur Tengah pada akhir pekan,” kata Ole Hansen, kepala Strategi Komoditas di Saxo Bank, dikutip dari Kitco, Senin (7/10/2024).

Volatilitas Tinggi

Jesse Colombo, seorang analis logam mulia independen dan pendiri BubbleBubble Report, mengatakan bahwa meskipun emas didukung oleh ketegangan geopolitik yang terus meningkat, emas mengalami volatilitas bullish yang lebih besar akibat kekhawatiran yang semakin tinggi.

Perang Israel di Timur Tengah terus meningkat saat tentaranya menyerang Hamas di Gaza dan Hezbollah di Lebanon, serta ada kekhawatiran bahwa Iran bisa semakin terlibat dalam konflik ini.

Iran adalah pendukung utama Hezbollah dan telah menyediakan senjata serta miliaran dolar bagi kelompok tersebut selama bertahun-tahun. Awal pekan ini, Iran menembakkan 180 rudal balistik ke Israel, namun semuanya berhasil dicegat.

Kini, dunia menanti bagaimana Israel akan membalas tindakan Iran.

“Tidak ada yang mau menahan posisi short terhadap emas menjelang akhir pekan,” kata Colombo.

 

2 dari 2 halaman

Prediksi Minggu Ini

Dengan kalender ekonomi yang relatif ringan pekan depan, Lukman Otunuga, Manajer Analisis Pasar, mengatakan bahwa emas akan berada di antara data ekonomi yang tangguh dan kekacauan di Timur Tengah.

“Melihat dari perspektif teknikal, emas tetap berada dalam rentang pada grafik harian, dengan dukungan di USD 2.630 dan resistensi di USD 2.675,” ujarnya.

“Ada kemungkinan terjadinya breakout, dengan peristiwa di pekan mendatang sebagai katalis potensial. Ini bisa berkisar dari ketegangan geopolitik yang berlanjut hingga data kunci AS seperti CPI, dan pidato dari berbagai pejabat Fed," tambahnya.

Meski emas masih berada di bawah USD 2.700 per ons, Colombo mencatat bahwa fakta bahwa setiap penurunan terus dibeli menunjukkan bahwa emas tetap berada dalam pasar bullish yang kuat.

Ia menambahkan bahwa, selain meningkatnya ketidakpastian geopolitik dan siklus pelonggaran baru dari Federal Reserve, likuiditas global meningkat, membuat emas menjadi aset yang menarik. Ia juga menyoroti bahwa emas tetap menarik sebagai logam moneter di tengah kenaikan utang global.

“Tidak hanya satu faktor yang mendorong pasar ini, itulah sebabnya reli ini tak terbendung,” katanya. “Banyak yang mengatakan bahwa emas sudah overbought dari perspektif teknikal dan bahwa kita memerlukan penurunan 5% atau 10%, namun harga hanya bergerak sideways. Bagi saya, itu sangat bullish.”

Meskipun pasar telah mengabaikan kemungkinan penurunan suku bunga 50 basis poin bulan depan, analis mengatakan bahwa sikap kebijakan moneter Federal Reserve secara keseluruhan tetap bullish bagi emas.