Sukses

Anindya Bakrie jadi Ketum Kadin, Arsjad Rasjid Jabat Ketua Dewan Pertimbangan

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Ekonomi Daerah Mulyadi Jayabaya mengumumkan kepengurusan Kadin 2024-2029 bahwa Anindya Bakrie menjadi Ketua Umum, dan Arsjad Rasjid menjadi Ketua Umum Dewan Pertimbangan.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengembangan Ekonomi Daerah Mulyadi Jayabaya mengumumkan kepengurusan Kadin 2024-2029 bahwa Anindya Bakrie menjadi Ketua Umum, dan Arsjad Rasjid menjadi Ketua Umum Dewan Pertimbangan.

"Ketua Dewan Pertimbangan, untuk didengar ya, Bapak Arsjad Rasjid, ini luar biasa Pa Ketum, Pa Anin luar biasa masih memberikan penghargaan kepada Arsjad, karena Kadin tidak dua, hanya satu yang dipimpin Anindya Bakrie," kata Mulyadi yang juga Anggota Formatur Kadin di Acara DIskusi Ekonomi bersama Pengusaha Internasional Senior dikutip dari Antara, Senin (7/10/2024).

Kepengurusan Kadin 2024-2029 diumumkan oleh Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pertanian Mulyadi Jayabaya yang dilakukan di Menara Kadin Indonesia

Ia juga sekaligus mengumumkan kembali posisi Anindya sebagai Ketua Umum Kadin. Namun demikian, dalam agenda tersebut tidak terlihat kehadiran Arsjad Rasjid.

Selain itu, pengusaha-pengusaha besar hadir dalam acara tersebut, termasuk CEO Arsari Group sekaligus adik presiden terpilih Prabowo Subianto, yakni Hashim S. Djojohadikusumo.

Kemudian, ada mantan Ketua MPR yang baru saja dilantik sebagai anggota DPR/MPR RI periode 2024-2029 yakni Bambang Soesatyo, yang ditunjuk sebagai Wakil Ketua Koordinator Bidan Hukum dan HAM Kadin.

Selanjutnya, ada aktor sekaligus pengusaha Raffi Ahmad sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kemudian, anak dari Hary Tanoesoedibjo, yakni Clarissa Tanoesoedibjo, yang menduduki posisi sebagai Wakil Ketua Komunikasi dan Informatika Kadin.

 

2 dari 4 halaman

Kepengurusan Baru 50%

Ketua Umum Kadin Anindya Bakrie mengatakan bahwa kepengurusan tersebut baru mencapai 50 persen, namun akan segera dirampungkan.

"Pak Jayabaya akan mengumumkan pengurus inti, dan pengurus ini baru 50 persen, tapi kami tahu dengan berjalannya waktu selama dua, tiga minggu ini kami bisa sempurnakan, dan kita tambahkan," kata Anindya dalam sambutannya pada kegiatan tersebut,

"Tapi paling tidak kita punya pengurus yang solid dan banyak sekali animo yang ingin bergabung, bukan saja di eksekutif, tapi juga di dewan-dewan," tambah Anindya.

Arsjad Rasjid sebelumnya mengatakan dia dan Anindya Bakrie menyepakati untuk melakukan musyawarah nasional (munas) Kadin setelah pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto pada 20 Oktober 2024. Arsjad mengatakan hal itu sesuai pembahasan dalam pertemuan dengan Anindya, Jumat (27/9), yang ditengahi Menteri ESDM Bahlil Lahadalia

"Kami duduk bersama, saling mendengarkan, dan berdiskusi. Dan kami telah mencapai sebuah kesepakatan yang dituangkan secara tertulis dan ditandatangani di atas meterai oleh semua pihak. Kami sepakat untuk mengadakan Musyawarah Nasional Kadin setelah pelantikan Presiden Terpilih," kata Arsjad di Jakarta, Senin (30/9)

3 dari 4 halaman

Inilah Kepengurusan Kadin Indonesia di Bawah Anindya Bakrie, Ada Raffi Ahmad

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di bawah kepemimpinan Anindya Bakrie mengumumkan kepengurusan Kadin periode 2024-2029 pada Senin, 7 Oktober 2024. Salah satu selebritas sekaligus pengusaha Raffi Ahmad masuk dalam jajaran pengurus Kadin.

Mengutip Antara, Senin (7/10/2024), Raffi Ahmad bakal mengisi posisi strategis sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pengumuman itu disampaikan Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pertanian Mulyadi Jayabaya.

Pengumuman kepengurusan Kadin itu disaksikan langsung oleh Ketua Umum Kadin Anindya Bakrie dan sejumlah anggota Kadin lainnya yang dilakukan di Menara Kadin Indonesia.

Di sela pengumuman itu, Raffi menuturkan, dirinya ditunjuk sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. “Terima kasih pastinya kepada Pak Anindya Bakrie selaku Ketua Umum yang sudah mempercayakan kami, di sini saya Raffi Ahmad dan Pak Boby, kami dipercayakan, kalau saya sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar Raffi.

Raffi menuturkan, pengusaha siap bersinergi dengan pemerintah dalam meningkatkan ekonomi bangsa. “Jadi memang sama-sama bersinergi, untuk seluruh pengusaha, Kadin ini akan selalu bersinergi dengan pemerintah,” ujar Raffi.

Ia optimistis sinergi antara pengusaha dengan pemerintah akan semakin baik usai pelantikan presiden terpilih dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik pada 20 Oktober 2024.

"InsyaAllah nanti setelah Pak Prabowo dan Mas Gibran dilantik pasti sinergi kita juga akan lebih baik," tutur Raffi.

 

4 dari 4 halaman

Bakal Susun Program Kerja

Raffi mengaku akan menyusun program kerja di Kadin seusai adanya pemerintahan baru. Raffi juga berharap kepemimpinan Anindya Bakrie sebagai Ketua Umum Kadin dapat terus menjembatani kepentingan pemerintah dengan para pengusaha untuk mencapai tujuan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Sinergi antara Kadin dan pemerintah diharapkan semakin kuat, terutama untuk mendukung para pelaku bisnis dalam menghadapi tantangan ekonomi dan menciptakan peluang yang lebih baik.

"Mudah-mudahan Mas Anin juga bisa terus menjembatani apa yang diinginkan, yang terbaik, pastinya tujuan pemerintah untuk seluruh atau semua masyarakat Indonesia, tentunya juga untuk para pebisnis-pebisnis Indonesia semuanya bisa bersinergi dengan baik," ujar Raffi.

Sebagai langkah awal, Raffi Ahmad menyatakan akan ada pertemuan internal untuk membahas strategi selanjutnya dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. "Ini baru aja mulai, jadi pasti kita akan ada meeting internal," tutur Raffi.