Sukses

Erick Thohir Genjot Pertumbuhan UMKM di Sumatera Selatan, Begini Caranya

Menteri BUMN, Erick Thohir, kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan UMKM

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN, Erick Thohir, kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Sumatera Selatan dengan sukses menggelar Karya Nyata Festival (KNF) ke-11 di Palembang.

Festival ini menjadi bagian dari upaya berkelanjutan pemerintah dalam memperkuat ekonomi lokal dan mendorong pengembangan UMKM di berbagai daerah, termasuk Sumatera Selatan.

Setelah sukses di beberapa kota seperti Pamulang, Padang, Medan, Jambi, Belitung, dan Pekanbaru, KNF Palembang berlangsung di Lapangan DPRD Provinsi Sumatera Selatan selama dua hari, 5-6 Oktober 2024. Acara ini menampilkan produk-produk lokal unggulan yang menarik perhatian masyarakat dan bertujuan memperkuat peran strategis BUMN dalam mendukung UMKM.

Dalam sambutannya, Arya Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN, menyampaikan bahwa banyak UMKM kesulitan mendapatkan lokasi strategis untuk berjualan. Oleh karena itu, program Rumah BUMN hadir untuk memberikan dukungan kepada UMKM binaan, membantu mereka menemukan tempat berjualan yang tepat.

“Jika UMKM maju, ekonomi akan ikut berkembang, dan BUMN siap mendukung penuh,” jelas Arya, katanya, Selasa (8/10/2024).

Perkenalkan Aplikasi Baru

Selain itu, Arya memperkenalkan Naksir UMKM, sebuah aplikasi berbasis kurikulum yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi UMKM melalui pelatihan terstruktur. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu UMKM bersaing dan berkembang di era digital.

Dengan tema “Cahaya Kreativitas di Bumi Sriwijaya,” festival ini mengangkat sinergi antara seni, budaya, dan bisnis lokal, menciptakan dampak positif bagi masyarakat.

 

2 dari 2 halaman

Dukungan BUMN

Penyelenggaraan KNF di Palembang didukung oleh berbagai BUMN seperti PIHC, BRI, PTBA, dan melibatkan hampir seluruh BUMN besar termasuk Pertamina, Pusri, Hutama Karya, Semen Baturaja, dan Bank Mandiri.

Beragam acara menarik seperti pameran produk lokal, bazar kuliner, talkshow keberlanjutan, senam sehat, serta pemecahan rekor formasi kalimat dari rangkaian pempek terbanyak dalam tampah turut meramaikan festival ini.

Dengan melibatkan 106 partisipan UMKM yang bergerak di bidang fashion, craft, dan F&B, festival ini berhasil membukukan transaksi jual beli sebesar Rp511.433.000,- dan menarik ribuan pengunjung dari Palembang dan sekitarnya.

Karya Nyata Festival Palembang menjadi bukti nyata dukungan Erick Thohir terhadap UMKM lokal, memperkuat peran BUMN dalam meningkatkan ekonomi daerah