Sukses

Harga Minyak Dunia Anjlok 4%, Israel Batal Serang Iran?

Harga minyak mentah berjangka turun lebih dari 4% pada hari Selasa (Rabu waktu Jakarta) karena reli yang dipicu oleh meningkatnya risiko geopolitik terhenti sementara pasar menunggu Israel menyerang balik Iran.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak mentah berjangka turun lebih dari 4% pada hari Selasa (Rabu waktu Jakarta) karena reli yang dipicu oleh meningkatnya risiko geopolitik terhenti sementara pasar menunggu Israel menyerang balik Iran.

Dikutip dari CNBC, Rabu (9/10/2024), harga minyak mentah West Texas Intermediate untuk kontrak November dipatok USD USD 73,57 per barel, turun USD 3,57 atau 4,63%. Sepanjang tahun ini, harga minyak mentah AS tersebut telah naik lebih dari 2%.

Sedangkan harga minyak Brent untuk kontrak Desember dipatok USD 77,18 per barel, turun USD 3,75 atau 4,63%. Sepanjang tahun ini, patokan harga minyak global ini tidak banyak berubah.

“Harga minyak hanya dapat naik dalam jangka waktu tertentu, semata-mata berdasarkan persepsi dan bukan gangguan pasokan aktual,” kata Analis Pialang Minyak PVM Tamas Varga.

Harga minyak telah melonjak lebih dari 7% hingga penutupan hari Selasa sejak Iran menembakkan sekitar 180 rudal balistik ke Israel minggu lalu. Hal ini meningkatkan kekhawatiran bahwa Israel mungkin akan membalas dengan menyerang industri minyak mentah Iran.

Israel Dilarang Menyerang Infrastruktur Minyak Iran

Namun, Presiden Joe Biden secara terbuka telah melarang Israel menyerang infrastruktur minyak Iran. Israel kemungkinan akan menyerang lokasi militer dan intelijen di Iran terlebih dahulu.

Jerusalem Post juga melaporkan bahwa Israel diperkirakan akan fokus pada fasilitas militer dan intelijen.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant dijadwalkan bertemu dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin di Pentagon pada hari Rabu. "(Hal ini) untuk membahas lebih lanjut perkembangan keamanan yang sedang berlangsung di Timur Tengah,” kata Sekretaris Pers Mayjen Pat Ryder.

“Sirene perang di Timur Tengah telah mendorong para turis minyak berbondong-bondong [ke] kota untuk membeli minyak mentah,” kata Direktur Pelaksana Velandera Energy Partners Manish Raj.

“Investor minyak yang berpengalaman telah melihat film ini sebelumnya, mereka adalah orang-orang yang menjual saat perang menggemparkan dan membeli kembali saat harga kembali normal,” kata Raj.

 

2 dari 4 halaman

Stimulus Baru

Pasar juga kecewa karena pejabat Tiongkok tidak mengumumkan rencana stimulus baru pada jumpa pers hari Selasa.

Sebelum eskalasi baru-baru ini di Timur Tengah, pasar dilanda sentimen bearish akibat permintaan yang lemah di Tiongkok, importir minyak mentah terbesar di dunia, dan kekhawatiran bahwa pasokan minyak akan melebihi permintaan pada tahun 2025. Pada awal September, harga minyak mencapai level terendah sejak Desember 2021 .

“Kekhawatiran berkelanjutan tentang permintaan Tiongkok terus berlanjut karena kurangnya stimulus, sementara konflik Timur Tengah tidak menyebabkan gangguan pasokan,” kata Svetlana Tretyakova, analis pasar minyak senior di Rystad Energy, kepada CNBC.

“Penurunan harga juga mungkin mencerminkan aksi ambil untung setelah dua minggu kenaikan, bukan semata-mata fundamental,” kata Tretyakova. 

3 dari 4 halaman

Harga Minyak Melonjak Sentuh USD 80 per Barel, Bisa Sampai USD 100?

Harga minyak mentah Amerika Serikat (AS) melonjak lebih dari 3% pada perdagangan hari Senin. Saat ini pelaku pasar menunggu apakah Israel akan melancarkan serangan balasan kepada Iran.

Harga minyak mentah melonjak minggu lalu karena kekhawatiran bahwa Israel dapat menyerang industri minyak Iran sebagai balasan atas serangan ratusan rudal balistik yang dilancarkan oleh Pemerintah Teheran.

Harga minyak acuan West Texas Intermediate (WTI) melonjak 9,09% minggu lalu dan membukukan kenaikan mingguan terbesar sejak Maret 2023. Sedangkan harga minyak acuan global yaitu Brent melonjak 8,43% untuk kenaikan mingguan terbesar sejak Januari 2023.

Mengutip CNBC, Selasa (8/10/2024), berikut adalah harga energi penutupan perdagangan hari Senin kemarin:

  • Harga minyak WTI AS untuk kontrak November ditutup USD 77,14 per barel, naik 2,76 atau 3,71%. Dari awal tahun sampai saat ini, harga minyak mentah AS telah naik lebih dari 7%.
  • Harga minyak Brent untuk kontrak Desember dipatok USD 80,93 per barel, naik USD 2,88 atau 3,69%. Sepanjang tahun ini, harga minyak patokan global tersebut naik sekitar 5%.
  • Harga bensin untuk kontrak November ditutup USD 2,1538 per galon, naik 2,77%. Tahun ini harga bensin telah naik lebih dari 2%.
  • Sedangkan untuk harga gas alam kontrak November sebesar USD 2,746 per seribu kaki kubik, turun 3,78%. Tahun ini gas unggul lebih dari 9%. 
4 dari 4 halaman

Larangan Joe Biden

Presiden AS Joe Biden pada hari Jumat melarang Israel menyerang fasilitas minyak Iran, setelah harga melonjak sekitar 5% sehari sebelumnya ketika presiden tersebut menyatakan bahwa AS sedang membahas kemungkinan serangan semacam itu.

Joe Biden juga mengatakan bahwa ia menentang Israel menyerang fasilitas nuklir Iran.

Kepala analis komoditas global RBC Capital Markets Helima Croft menjelaskan, masih belum jelas seperti apa bentuk pembalasan Israel.

Menurut Croft, dampaknya terhadap pasar minyak akan signifikan jika Israel menyerang Pulau Kharg, yang dilalui 90% ekspor minyak mentah Iran.

"Kita benar-benar harus melihat apa yang diserang Israel, seperti apa mekanisme respons Iran," kata Croft kepada "Worldwide Exchange" CNBC pada hari Senin.

"Namun, yang pasti kita belum pernah sedekat ini dengan perang regional dalam waktu yang lama."

"Pasar saat ini hanya memperkirakan kemungkinan Israel menyerang fasilitas minyak Iran, tetapi itu bukanlah skenario terburuk, kata Alan Gelder, wakil presiden pasar minyak di Wood Mackenzie, kepada "Squawk Box Europe" CNBC pada hari Senin.

Skenario terburuk adalah gangguan di Selat Hormuz, yang dilalui 20% ekspor minyak mentah dunia, kata Gelder. Iran mungkin menargetkan selat itu sebagai respons terhadap serangan Israel, yang akan memiliki efek yang jauh lebih dramatis pada harga minyak mentah.