Sukses

Sekali dalam Seabad, Badai Milton Bikin Warga AS Rugi USD 175 Miliar

Potensi Badai Milton yang terjadi sekali dalam seabad dapat menyebabkan kerusakan lebih dari USD 50 miliar, dengan potensi meninggalkan kehancuran yang mendekati USD 175 miliar atau lebih, dalam skenario terburuk, menurut analis Wall Street terkemuka.

Liputan6.com, Jakarta Potensi Badai Milton yang terjadi sekali dalam seabad dapat menyebabkan kerusakan lebih dari USD 50 miliar. Bahkan menurut analis Wall Street, badai ini berpotensi meninggalkan kehancuran yang mendekati USD 175 miliar atau lebih, dalam skenario terburuk.

Dikutip dari CNBC pada Rabu (09/10/2024), Hal ini akan menjadi tambahan dari kerusakan yang telah ditinggalkan oleh Badai Helene, yang berpotensi menimbulkan jalur kehancuran yang memecahkan rekor.

“Meskipun terlalu dini untuk membuat estimasi kerugian yang diasuransikan, dampak badai besar di salah satu wilayah terpadat di Florida dapat mengakibatkan kerugian miliaran dolar,” kata analis ekuitas Jefferies Yaron Kinar dan lainnya dalam sebuah catatan.

“Peristiwa 1 dalam 100 tahun diperkirakan oleh beberapa pihak akan mengakibatkan kerugian USD 175 miliar karena menghantam daratan di wilayah Tampa, dan kerugian USD 70 miliar di wilayah Fort Myers.”

Tingkat potensinya sulit untuk dipastikan dan akan bergantung pada waktu dan lokasi, dengan pendaratan yang lebih dekat ke Fort Myers akan lebih murah.

Sebagai perbandingan historis, analis hanya perlu melihat kembali dua tahun lalu, ketika Badai lan menghantam dekat area Fort Myers sebagai badai Kategori 4 dan meninggalkan kerugian lebih dari USD 50 miliar. Ian dianggap sebagai peristiwa yang terjadi sekali dalam 20 tahun.

"Jika jalur Milton melalui wilayah Tampa yang lebih maju terus berlanjut, potensi kerugian bisa lebih besar," kata Kinar.

Milton saat ini juga berada di Kategori 4, meskipun bisa melemah saat kekuatan penuhnya terasa.

2 dari 3 halaman

Sudah Diguncang Helene

Wells Fargo mencatat bahwa "pasar tampaknya memperhitungkan kerugian lebih dari USD 50 miliar (lebih besar dari Ian) saat ini." Perusahaan tersebut menetapkan kisaran luas untuk potensi kerusakan, dari USD 10 miliar hingga USD 100 miliar.

Wilayah tersebut telah diguncang  Helene, menerobos wilayah tersebut beberapa waktu yang lalu, dan meninggalkan kehancuran yang diperkirakan Moody's pada hari Selasa sekitar USD 11 miliar. Selain kerusakan properti, Moody's memperkirakan bahwa Program Asuransi Banjir Nasional kemungkinan akan mengalami kerugian mendekati USD 2 miliar. Analis perusahaan tersebut belum memperkirakan potensi kerusakan dari Milton.

“Badai Helene sejauh ini merupakan peristiwa paling berdampak pada musim badai 2024 saat ini, meskipun ini dapat berubah dengan cepat dengan Badai Besar Milton yang akan menghantam Florida dalam beberapa hari mendatang,”kata kepala petugas pemodelan risiko di Moody’s, Mohsen Rahnama

 

3 dari 3 halaman

Banyak yang Tak Punya Asuransi Banjir

Moody’s juga mencatat bahwa banyak orang di wilayah yang paling terdampak di mana Helene melanda tidak memiliki asuransi banjir, “yang berarti sebagian besar kerusakan tidak akan diasuransikan, dan kerugian properti ekonomi akan jauh lebih besar daripada kerugian yang diasuransikan,” kata direktur perusahaan untuk model banjir pedalaman AS, Firas Saleh.

Meskipun Milton terlihat sedikit melemah, tetapi masih membawa angin berkecepatan 145 mph. Badai ini diperkirakan akan menghantam Tampa dan membawa gelombang badai setinggi 10 hingga 15 kaki ke Teluk Tampa.

Meskipun bahaya dan kerusakan di wilayah tersebut diperkirakan sangat besar, badai tersebut tidak menimbulkan bahaya yang sama bagi negara-negara tetangga yang dilanda Helene.