Sukses

Pemerintah Kumpulkan Anak Mudah Berbakat dalam Manajemen Talenta Nasional

Desain Besar Manajemen Talenta Nasional 2024-2045 dirancang untuk memberikan arah yang jelas dalam pengembangan talenta, memastikan integrasi antara pemangku kepentingan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) meluncurkan Desain Besar Manajemen Talenta Nasional 2024-2045 pada hari ini. Peluncuran ini merupakan amanat Keputusan Presiden Nomor 21 Tahun 2021 dan Peraturan Presiden Nomor 108 Tahun 2024. 

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, menjelaskan bahwa konsep manajemen talenta ini mulai dikerjakan pada Juli 2018 dan terus berkembang hingga menemukan bentuk yang lebih definitif.

Pengembangan talenta nasional diharapkan dapat menciptakan individu-individu yang bersaing dan terrecognisi di tingkat internasional.

Desain Besar Manajemen Talenta Nasional 2024-2045 dirancang untuk memberikan arah yang jelas dalam pengembangan talenta, memastikan integrasi antara pemangku kepentingan, serta memfokuskan pada kebutuhan dan sasaran jangka panjang. 

"Manajemen talenta ini secara konsep mulai kita kerjakan di 2018 bulan Juli kira-kira berikutnya dalam perjalanannya memang ini sesuatu yang baru yang lagi mencari bentuk apa sih sebenarnya yang akan bisa masukkan di dalam manajemen talenta nasional," kata Moeldoko, di Jakarta, Rabu (9/10/2024).

Dalam prosesnya, Moeldoko menjelaskan Kementerian PPN Bappenas berkolaborasi dengan berbagai kementerian, termasuk BRIN, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolog, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga, untuk merumuskan struktur manajemen talenta yang ideal.

"Maka dari berbagai rapat berkali-kali KSP menyusun konsep besarnya dulu setelah itu kita komunikasikan dengan Menteri PPN Bappenas kemudian BRIN, kementerian pendidikandan juga kemenpora," jelas dia.

2 dari 2 halaman

Struktur Manajemen

Ia menuturkan MTN bertujuan menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia yang memiliki talenta unggul di tiga bidang utama: inovasi dan riset, olahraga, serta seni dan budaya.

Struktur manajemen talenta akan melibatkan Menteri PPN Bappenas sebagai koordinator utama, dengan dukungan dari BRIM untuk riset dan inovasi, Kemendikbud untuk seni dan budaya, serta Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk bidang olahraga. 

"Nah itu kira-kira bentuk strukturnya seperti itu nanti ini menjadi hub berkumpulnya para anak-anak Indonesia yang memiliki talenta unggul kita akan memiliki database mereka-mereka," papar dia.

Melalui inisiatif ini, diharapkan akan tercipta sebuah hub yang memungkinkan anak muda berbakat berkumpul dan berkolaborasi, serta membangun database talenta yang terintegrasi.

"Selanjutnya mau diapain? di sini negara hadir akan memberikan bantuan sistem bahkan sporting untuk melanjutkan anak-anak ini mungkin risetnya perlu ditingkatkan," terang Moeldoko.

Lebih jauh, pemerintah berkomitmen untuk memberikan dukungan berupa sistem dan sumber daya bagi pengembangan talenta tersebut.Â