Sukses

Ekonomi China Diramal Tak Bakal Cerah Tahun Depan

Bank Dunia sebelumnya telah menganjurkan China untuk meningkatkan pertumbuhannya melalui tindakan kebijakan yang berani seperti melepaskan persaingan, meningkatkan infrastruktur, dan mereformasi pendidikan.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Dunia memperkirakan ekonomi China akan terus menurun hingga 2025 mendatang, meski ada dorongan sementara dari langkah-langkah stimulus baru-baru ini.

Melansir CNBC International, Kamis (10/10/2024) Bank Dunia memperkirakan bahwa tingkat pertumbuhan China akan turun menjadi 4,3% tahun depan, turun dari 4,8% yang diproyeksikan untuk tahun 2024.

Proyeksi tahun 2024 naik 0,3% dari perkiraan Bank Dunia pada bulan April dan muncul setelah China meluncurkan serangkaian langkah-langkah stimulus baru-baru ini, meningkatkan kepercayaan investor dan mendorong reli pasar saham, yang sejak itu gagal.

Namun, terlepas dari langkah-langkah tersebut, yang sebagian besar difokuskan pada kebijakan moneter, proyeksi pertumbuhan Bank Dunia tahun 2025 tidak berubah dari proyeksi sebelumnya.

Kepala ekonom Asia Timur dan Pasifik Bank Dunia, Aaditya Mattoo mengatakan dimensi fiskal dari langkah-langkah stimulus ekonomi China masih belum terdefinisi, sehingga memperumit proyeksi.

“Pertanyaannya adalah apakah (stimulus) benar-benar dapat mengimbangi kekhawatiran konsumen tentang penurunan gaji, kekhawatiran tentang penurunan pendapatan properti, dan ketakutan jatuh sakit, menjadi tua, menjadi pengangguran,” kata Mattoo.

Pemberi pinjaman internasional tersebut mengaitkan lemahnya belanja konsumen China dengan banyaknya kekhawatiran, di samping tantangan seperti pelemahan pasar properti yang terus-menerus, populasi yang menua, dan meningkatnya ketegangan global.

Bank Dunia sebelumnya telah menganjurkan China untuk meningkatkan pertumbuhannya melalui tindakan kebijakan yang berani seperti melepaskan persaingan, meningkatkan infrastruktur, dan mereformasi pendidikan.

Namun menurut Mattoo, stimulus tersebut bukanlah pengganti reformasi struktural yang lebih mendalam yang akan dibutuhkan China untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang.

Namun, setiap dorongan dari langkah-langkah stimulus akan disambut baik oleh seluruh kawasan, yang masih sangat bergantung pada China untuk pertumbuhan, tambahnya.

 

2 dari 2 halaman

Bank Dunia Ramal Ekonomi Asia-Pasifik Tumbuh 4,9% di 2025

Bank Dunia memperkirakan bahwa seluruh kawasan Asia Timur dan Pasifik akan tumbuh sebesar 4,7% tahun ini dan naik menjadi 4,9% tahun depan di tengah pemulihan ekspor yang diharapkan dan kondisi keuangan yang lebih baik.

Meskipun demikian, kawasan tersebut perlu menemukan lebih banyak pendorong pertumbuhan domestik karena perlambatan ekonomi China.

"Selama tiga dekade, pertumbuhan ekonomi China telah memberikan dampak positif bagi negara-negara tetangganya, tetapi besarnya dorongan tersebut kini mulai berkurang," kata Bank Dunia dalam laporannya pada hari Selasa.

Video Terkini