Sukses

3 Hal Ini Wajib Diketahui Sebelum SKD CPNS 2024 Dimulai

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menginformasikan para pelamar CPNS 2024 bahwa terdapat tiga hal yang perlu diketahui sebelum SKD dimulai.

Liputan6.com, Jakarta Badan Kepegawaian Negara (BKN) menginformasikan para pelamar CPNS 2024 bahwa terdapat tiga hal yang perlu diketahui sebelum SKD CPNS 2024 dimulai.

‘’Friendly reminder bagi pelamar #SeleksiCPNS2024 Anw, kalau ada instansi tertentu yang mengenakan BIAYA ujian SKD CAT BKN silakan #SobatBKN sampaikan via LAPOR BKN‼️ ’’. Dikutip dari laman akun instagram resmi BKN, @bkngoidofficial pada Kamis (10/10/2024).

Adapun melalui potingannya tersebut, BKN mengatakan terdapat tiga hal yang perlu diketahui oleh pelamar seleksi CPNS 2024 yaitu:

1. Pelaksanaan SKD CPNS 2024, tidak dibebankan kepada peserta alias gratis,

2. Prosedur ujian CAT ambang batas atau passing grade, dan jenis soal SKD sudah tersedia di ketentuannya,

3. Tiga jenis tilok (titik Lokasi), tilok kantor BKN, tilok mandiri BKN dan tilok mandiri instansi.

Tilok kantor BKN seperti di kantor BKN Pusat/Kanreg/UPT, tilok mandiri BKN seperti gedung serbaguna atau hotel, sementara itu tilok mandiri instansi atau di luar kantor instansi juga seperti hotel atau gedung serbaguna.   

Untuk memperoleh update informasi lebih lanjut seputar penerimaan seleksi CPNS 2024 dan PPPK 2024, para pelamar dapat langsung mengunjungi laman web instansi masing-masing, sesuai dengan formasi yang dilamar.

2 dari 3 halaman

Seleksi Penerimaan CPNS 2024 Masuk Tahap SKD, Simak Cara Cek Jadwal hingga Lokasi Tes

Saat ini seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 masuk tahap pengumuman jadwal, waktu, dan lokasi tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tahap pengumuman jadwal, waktu dan lokasi tes SKD ini dimulai 9 Oktober 2024.

Para pelamar CPNS 2024 diharapkan untuk mengecek sekala berkala terkait pengumuman jadwal tes nantinya. Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), jumlah pelamar CPNS mencapai 3.963.832 pelamar dengan yang berhasil terverifikasi dan memenuhi persyaratan instansi sebanyak 2.855.597 orang.

 Lalu bagaimana cara mengecek jadwal SKD CPNS 2024? 

Berikut cara cek SKD CPNS 2024: 

1. Buka laman resmi SSCASN BKN di https://sscasn.bkn.go.id

2. Masukan  Nomor Induk Kependudukan (NIK), password dan captcha serta pastikan data yang dimasukkan sesuai dengan informasi yang Anda daftarkan saat melamar.

3. Kemudian pada halaman resume klik download kartu peserta ujian CPNS 2024

4. Terakhir pada kartu tersebut, terdapat keterangan jadwal, waktu, dan lokasi SKD. 

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi, Abdullah Azwar Anas kaget ketika jumlah pendaftar untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 mencapai angka yang luar biasa, yakni sekitar 4 juta pelamar. 

Padahal, jumlah formasi yang dibuka hanya sebanyak 250.407. Fenomena ini menunjukkan tingginya minat masyarakat, khususnya generasi muda, untuk berkarir sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Anas menuturkan, tingginya jumlah pendaftar ini mencerminkan meningkatnya kepercayaan publik terhadap posisi PNS, yang sejalan dengan upaya pemerintah untuk menciptakan sistem seleksi yang lebih transparan.

3 dari 3 halaman

Penerapan Sistem CAT

"Yang menarik adalah dengan kurang lebih formasi seperti itu yang daftar 4 juta, hampir 4 juta. Artinya apa? Kepercayaan anak-anak muda dan publik untuk menjadi PNS sekarang lebih tinggi seiring dengan sistem yang kita buat lebih transparan," ujar Anas kepada media, Jakarta, Kamis, 3 Oktober 2024.

Mantan Bupati Banyuwangi ini menuturkan, transparansi dalam proses seleksi CPNS terwujud berkat penerapan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang telah digunakan selama beberapa tahun. 

Dia menambahkan sistem ini memungkinkan proses seleksi berlangsung secara objektif, di mana pelamar tidak bisa menitipkan atau menggunakan jasa calo untuk mendapatkan posisi PNS.

"Sekarang sistem CAT udah jalan. Tidak ada lagi orang bisa nitip jadi PNS. Tidak ada lagi istilah orang dalem," ujar Anas.