Sukses

Google Terancam Dibubarkan Pemerintah AS, Ada Apa?

Pemerintah AS sedang mempertimbangkan untuk membubarkan mesin pencari terbesar di dunia, Google, yang dituduh telah menyebabkan "kerugian yang merusak" bagi warga Amerika.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah AS sedang mempertimbangkan untuk membubarkan mesin pencari terbesar di dunia, Google, yang dituduh telah menyebabkan "kerugian yang merusak" bagi warga Amerika.

Duktip dari BBC pada Jumat (11/10/2024) Department of Justice (DOJ) telah mempertimbangkan apa yang disebut sebagai upaya hukum sejak putusan pengadilan penting pada bulan Agustus yang menyatakan bahwa Google secara ilegal menghancurkan pesaingnya dalam pencarian daring.

Jika DOJ terus melanjutkan upaya hukum yang diusulkan - dan upaya hukum tersebut diterima oleh hakim dalam kasus tersebut - hal itu dapat dikatakan sebagai intervensi regulasi terbesar dalam sejarah perusahaan teknologi besar.

Google juga telah menolak keras usulan tersebut, mereka menggambarkannya sebagai tindakan "radikal" dan "menyebar luas" dan mengklaim bahwa usulan tersebut "berisiko merugikan konsumen, bisnis, dan pengembang."

Google telah menjadi mesin pencari utama bagi hampir setiap pengguna internet di dunia, yang mencakup sekitar 90% dari semua pencarian daring.

DOJ menuduh perusahaan tersebut menggunakan produk-produknya yang lain, seperti peramban Chrome dan sistem operasi Android, untuk mengarahkan pengguna ke mesin pencarinya, tempat perusahaan tersebut menghasilkan uang dengan menjual iklan.

"Perilaku Google yang melanggar hukum berlangsung selama lebih dari satu dekade dan melibatkan sejumlah taktik yang memperkuat diri sendiri," kata DOJ dalam berkas pengadilan.

Dikatakannya, hal ini berarti pesaing potensial tidak dapat memperoleh pijakan di pasar pencarian daring.

 

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Ditambahkannya, kurangnya persaingan ini telah memungkinkan Google mengenakan harga yang sangat tinggi untuk iklan "sambil menurunkan kualitas iklan tersebut dan layanan terkait".

DOJ mengatakan sedang mempertimbangkan "upaya hukum yang akan mencegah Google menggunakan produk-produk seperti Chrome, Play [toko aplikasinya], dan Android untuk menguntungkan pencarian Google dan produk-produk terkait pencarian Google".

DOJ diharapkan untuk menyerahkan serangkaian proposal yang lebih terperinci paling lambat tanggal 20 November.

Google akan dapat mengajukan usulan perbaikannya sendiri paling lambat tanggal 20 Desember.

Apa kata Google?

Dalam sebuah posting blog, wakil presiden urusan regulasi Google, Lee-Anne Mulholland, mengatakan rekomendasi tersebut merupakan "tindakan pemerintah yang berlebihan" dan dapat mengakibatkan harga yang lebih tinggi bagi konsumen.

Ms Mulholland mengakui bahwa Google menyediakan peramban Chrome dan sistem operasi Android gratis karena keduanya merupakan pintu gerbang untuk "membantu orang mengakses web dan menggunakan produk kami."

 

3 dari 4 halaman

Pasar Periklanan Daring Bersifat Kompetitif

Dia memperingatkan bahwa jika mereka dipisahkan dari Google, mereka harus mulai menghasilkan uang sendiri yang akan menyebabkan kenaikan harga.

Ms Mulholland juga berpendapat bahwa dengan membayar perusahaan seperti Apple dan Samsung miliaran dolar setahun untuk menjadi mesin pencari default pada perangkat mereka, mereka secara efektif mensubsidi produk tersebut.

Oleh karena itu, jika mereka berhenti membayar, harga produk tersebut akan naik, katanya.

Google juga berpendapat bahwa pasar periklanan daring bersifat kompetitif, mengutip sebuah artikel Wall Street Journal yang mengatakan bahwa semakin banyak orang beralih ke TikTok dan Amazon untuk mencari. Namun, artikel yang sama mengatakan Google masih menguasai lebih dari 50% pasar pencarian iklan.

 

 

4 dari 4 halaman

Apakah akan Berhasil?

Jika tujuannya adalah untuk mengurangi cengkeraman Google di pasar pencarian, diperlukan lebih dari sekadar perubahan regulasi, kata analis utama di konsultan teknologi Forrester, Xiaofeng Wang.

"Ini dapat membuka lebih banyak ruang bagi para pesaing, termasuk pemain yang lebih kecil, untuk mengembangkan pangsa pasar mereka, yang mengarah ke pasar yang lebih beragam dan kompetitif," katanya.

"Namun, inovasi teknologi dan strategi adopsi konsumen, termasuk pemasaran, akan menjadi penting untuk menentukan keberhasilan mereka pada akhirnya."

Hasil dari kasus ini juga dapat menjadi preseden untuk regulasi raksasa teknologi Amerika lainnya, imbuh Wang.

"AS juga telah menggugat Meta Platforms, Amazon.com, dan Apple, dengan klaim bahwa mereka secara ilegal mempertahankan monopoli. Oleh karena itu, jika kasus Google berlanjut, itu akan memengaruhi lebih banyak raksasa teknologi," katanya.

 

Video Terkini