Sukses

CEO Ini Ungkap Bahaya Kerja Multitasking

Multitasking pada akhirnya bisa memperlambat anda dan menghasilkan pengambilan keputusan yang lebih buruk, karena otak Anda bekerja lebih baik saat fokus pada satu tugas pada satu waktu, menurut penelitian.

Liputan6.com, Jakarta Jadi, bagaimana Bansal bisa tetap sehat dan produktif sambil menjalankan dua startup yang berkembang pesat? Hal ini terbantu karena dia telah membangun perusahaan sukses sebelumnya.

Pada 2017, dia menjual startup perangkat lunak pertamanya, AppDynamics, ke Cisco seharga USD 3,7 miliar.

Namun Bansal, yang juga merupakan co-founder dan partner di firma VC Unusual Ventures, mengatakan kepada CNBC Make It bahwa rahasia kemampuannya menjalankan dua bisnis secara bersamaan ternyata sederhana.

Bahkan berlawanan dengan intuisi: Jangan mencoba multitasking.

Dikutip dari CNBC, Kamis (17/10/2024), "Ironis sekali bahwa orang berpikir, karena saya CEO dari dua perusahaan, saya harus menjadi yang terbaik dalam multitasking," kata Bansal.

"Sebenarnya, kode curang saya adalah tidak terlalu banyak melakukan multitasking."

Alih-alih multitasking, cobalah ini: "Sungguh membantu saya" Ketika pertama kali memulai sebagai pengusaha dengan AppDynamics, Bansal sering membiarkan dirinya terganggu dengan mencoba melakukan terlalu banyak hal sekaligus.

"Saya biasa berada dalam pertemuan sambil membalas email dan pesan di ponsel saya sepanjang waktu," katanya.

Multitasking pada akhirnya bisa memperlambat anda dan menghasilkan pengambilan keputusan yang lebih buruk, karena otak Anda bekerja lebih baik saat fokus pada satu tugas pada satu waktu, menurut penelitian.

Ketika Bansal menyadari bahwa multitasking tidak membantu, dia mengubah pendekatannya. "Yang saya sadari adalah saya jauh lebih produktif dengan melakukan satu hal dalam interval 30 menit, mungkin interval satu jam," katanya.

"Jadi, Anda melakukan multitasking secara agregat, tetapi tidak dalam satu momen."

2 dari 4 halaman

Membagi Waktunya

Sekarang, Bansal membagi waktunya antara dua perusahaannya dengan menandai interval di mana dia hanya mengerjakan satu tugas atau proyek dari salah satu bisnis pada satu waktu. Ini adalah strategi yang disebut time blocking atau time boxing, yang telah terbukti meningkatkan produktivitas sambil mengurangi burnout — terutama ketika anda menjadwalkan istirahat dari pekerjaan.

"Saya menjadi jauh lebih efisien, lebih sadar, lebih hadir pada saat itu. Dan itu sangat membantu saya," kata Bansal.

Daripada mencoba melakukan "dua hal sekaligus," dan mengambil risiko hasil yang kurang optimal, Bansal sekarang bisa menghabiskan 30 menit bekerja dengan insinyur pada masalah teknis yang diminati.

30 menit berikutnya, dia bisa bersama investor dan dewan pada sesuatu yang lebih tinggi pada tingkat bisnis.

"30 menit berikutnya, saya bisa dalam percakapan dengan pelanggan. Dan saya bisa melakukannya antara dua perusahaan."

3 dari 4 halaman

Strategi Jangka Panjang

Kerangka kerja saya sangat sederhana: Jika saya tidak menghabiskan waktu saya pada sesuatu, apakah itu akan berdampak besar?

Jyoti Bansal CEO Pemimpin profil tinggi lainnya, dari CEO Whole Foods Market Jason Buechel hingga eksekutif Goldman Sachs Shekhinah Bass, menggunakan time blocking untuk meningkatkan efisiensi mereka sambil menghindari kewalahan dengan jadwal dan daftar tugas yang padat.

Trik penjadwalan ini memungkinkan Buechel untuk "fokus pada visi dan strategi jangka panjang Whole Foods Market" daripada terjebak dalam pertemuan sepanjang hari, katanya kepada CNBC Make It pada bulan September.

Fokus pada memaksimalkan dampak dan delegasikan Ketika harus memutuskan bagaimana memprioritaskan blok waktu 30 menit itu, strategi Bansal adalah tetap fokus pada apa yang bisa dia capai secara bermakna: "Saya tidak benar-benar mencoba mengatur waktu. Saya mencoba mengatur dampak," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Pengalaman dan Keterampilan

Bansal sering memiliki karyawan dari kedua perusahaan yang menginginkan perhatian penuh pada berbagai isu atau proyek. Untuk mengatur jadwalnya, Bansal memikirkan di mana pengalaman dan keterampilannya akan "paling berdampak" pada saat tertentu.

"Kerangka kerja saya sangat sederhana: Jika saya tidak menghabiskan waktu saya pada sesuatu, apakah itu akan menggerakkan jarum satu arah atau yang lain, seperti, negatif atau positif?" katanya.

Jika jawabannya "Tidak," Bansal biasanya merasa nyaman mendelegasikan tanggung jawab itu kepada karyawan tingkat tinggi lainnya sehingga dia bisa fokus pada sesuatu yang lebih mendesak atau relevan dengan keterampilannya. Mendelegasikan bisa menjadi alat kunci bagi manajer yang ingin meningkatkan efisiensi dan produktivitas, menurut para ahli kepemimpinan. Itulah sebabnya Bansal mengatakan sangat penting untuk dikelilingi oleh orang-orang yang dia percayai.

"Mungkin yang paling penting adalah memiliki orang yang tepat. Bagaimana anda meningkatkan bisnis adalah dengan memiliki orang yang tepat," katanya. "Mereka tahu bagaimana anda berpikir, saya tahu bagaimana mereka berpikir. Kami berada di halaman yang sama dan kami bisa beroperasi dengan cara yang efektif."