Sukses

Inovasi Berkelanjutan, PERURI Wujudkan Transformasi Menjadi Perusahaan Teknologi High Security

PERURI telah melakukan transformasi signifikan dari perusahaan yang awalnya berfokus pada percetakan dokumen sekuriti menjadi penyedia solusi keamanan digital terdepan.

Liputan6.com, Jakarta Sejak didirikan pada 1971, PERURI telah mengemban tanggung jawab besar sebagai satu-satunya perusahaan yang diberi kewenangan oleh pemerintah untuk mencetak uang Rupiah dan dokumen penting lainnya milik negara. Beberapa di antaranya adalah buku paspor, pita cukai, meterai tempel, serta dokumen pertanahan. Sebagai penjaga simbol kedaulatan negara, produk-produk cetakan PERURI mengedepankan keamanan tingkat tinggi, menjadikannya komponen vital dalam menjaga kedaulatan negara.

Seiring dengan perubahan zaman dan berkembangnya teknologi, PERURI menyadari bahwa untuk tetap relevan, inovasi adalah sebuah keharusan. Oleh karena itu, PERURI telah melakukan transformasi signifikan dari perusahaan yang awalnya berfokus pada percetakan dokumen sekuriti menjadi penyedia solusi keamanan digital terdepan. Hal ini menandakan perubahan strategis PERURI dalam memperluas cakupan bisnisnya, khususnya ke bidang keamanan digital (digital security), sebuah langkah yang membuktikan kemampuan perusahaan dalam beradaptasi dengan kebutuhan zaman.

Memiliki pengalaman selama 53 tahun, PERURI telah menjalankan penugasan dari pemerintah dengan sangat baik, mengokohkan posisinya di masyarakat sebagai perusahaan penjamin keaslian terpercaya melalui berbagai produk cetakan yang memiliki fitur keamanan tinggi dengan dukungan security printing technology. Tidak saja diakui di dalam negeri, PERURI juga memperoleh pengakuan dari dunia internasional, hal ini dibuktikan bahwa PERURI telah berhasil memenangkan tender percetakan baik uang maupun dokumen sekuriti lainnya dari negara luar seperti Peru, Nepal, Sri Lanka dan Filipina.

Era digital terbukti memberikan peran yang lebih besar kepada PERURI untuk menjamin keaslian identitas seseorang di dunia maya, keaslian dan keamanan dokumen digital, surat-surat berharga, transaksi keuangan, serta menjaga dari ancaman cyber-crime melalui berbagai solusi digital security technology.

Salah satu tonggak utama dalam perjalanan transformasi ini adalah kepercayaan yang diberikan pemerintah kepada PERURI untuk membuat meterai elektronik (e-meterai). Produk ini merupakan bukti nyata bahwa PERURI tidak hanya unggul dalam teknologi percetakan keamanan, tetapi juga mampu memberikan solusi keamanan digital yang inovatif.

Kedaulatan selalu menjadi benang merah penugasan PERURI, dari penugasan utama mencetak uang rupiah sebagai simbol kedaulatan bangsa, kini dipercaya mengemban tugas sebagai Government Technology berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2023 dalam menjaga kedaulatan data nasional. Dengan peran tersebut, PERURI kini turut berkontribusi dalam mendukung digitalisasi layanan publik dan pemerintahan, sebuah langkah yang penting dalam upaya peningkatan efisiensi dan keamanan di era digital.

Transformasi ini menegaskan bahwa PERURI tidak hanya bergerak dalam bisnis percetakan uang dan dokumen bersekuriti tinggi, tetapi telah menjelma menjadi perusahaan teknologi high security melalui empat pilar teknologinya yaitu Banknotes Printing Technology, Security Printing Technology, Digital Security Technology dan Government Technology. Dengan layanan autentikasi dan sertifikasi digital yang dihadirkan, PERURI memastikan bahwa setiap dokumen elektronik yang dihasilkan terjamin keaslian dan keamanannya.

Sebagai tulang punggung digitalisasi pemerintah, PERURI telah membuktikan bahwa langkah transformasi yang diambil adalah keputusan tepat dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks dan digital. Inovasi dan kemampuan adaptasi PERURI tidak hanya mempertahankan relevansinya sebagai penjaga kedaulatan negara, tetapi juga menjadikannya pemimpin dalam teknologi keamanan digital di Indonesia.

Transformasi ini tidak hanya membuka peluang baru bagi PERURI tetapi juga menegaskan komitmen perusahaan dalam menyediakan solusi keamanan yang handal, baik di ranah fisik maupun digital, demi kemajuan Indonesia di era digital yang serba cepat.

 

(*)

Video Terkini