Sukses

China Bakal Genjot Pengeluaran demi Pertumbuhan Ekonomi

Menteri Keuangan China Lan Foan menuturkan, masih ada ruang besar bagi China untuk menerbitkan utang.

Liputan6.com, Jakarta - China akan "meningkatkan secara signifikan” peneritan utang pemerintah untuk menawarkan subsidi kepada warga dengan pendapatan rendah. Selain itu, pemerintah juga mendukung pasar properti dan kembali mengisi modal bank-bank negara saat China berusaha kembali membangkitkan pertumbuhan ekonomi yang tersendat.

Mengutip CNN, ditulis Senin (14/10/2024), tanpa memberikan rincian tentang besarnya stimulus fiskal yang sedang dipersiapkan, Menteri Keuangan China Lan Foan mengatakan akan ada lebih banyak tindakan kontra-siklus tahun ini. “Masih ada ruang yang relatif besar bagi China untuk menerbitkan utang,” ujar dia.

Ekonomi terbesar kedua di dunia ini hadapi tekanan deflasi yang kaut karena penurunan tajam pasar properti dan kepercayaan konsumen yang melemah yang telah memperlihatkan ketergantungannya berlebihan pada ekspor dalam lingkungan perdagangan global yang semakin tegang.

Berbagai data ekonomi dalam beberapa bulan terakhir telah meleset dari perkiraan, meningkatkan kekhawatiran di antara para ekonom dan investor target pertumbuhan pemerintah sekitar 5% tahun ini terancam dan perlambatan struktural jangka panjang dapat terjadi.

Data September, yang akan dirilis minggu depan, diperkirakan menunjukkan pelemahan lebih lanjut, tetapi ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC) Zheng Shanjie mengatakan "sepenuhnya yakin” target tersebut akan tercapai.

Langkah-langkah stimulus fiskal di China telah menjadi subjek spekulasi yang intens di pasar keuangan global setelah pertemuan para pemimpin tertinggi Partai Komunis, Politbiro pada September 2024 mengisyaratkan meningkatnya urgensi tentang meningkatnya hambatan ekonomi.

2 dari 4 halaman

China Dilaporkan Bakal Terbitkan Obligasi Khusus

Bursa saham China mencapai titik tertinggi dalam dua tahun, melonjak 25 persen dalam beberapa hari sejak pertemuan itu, sebelum koreksi karena kekhawatiran yang muncul. Hal ini mengingat tidak ada rincian lebih lanjut tentang rencana pengeluaran tambahan.

Reuters melaporkan bulan lalu, China berencana menerbitkan obligasi khusus sekitar 2 triliun yuan atau USD 284,43 miliar pada 2024 sebagai bagian dari stimulus fiskal baru.

Setengah dari jumlah tersebut akan digunakan untuk membantu pemerintah daerah mengatasi masalah utang mereka. Sementara separuh lainnya akan mensubsidi pembelian peralatan rumah tangga dan barang-barang lainnya serta membiayai tunjangan bulanan sekitar 800 yuan, atau US 114, per anak untuk semua rumah tangga dengan dua anak atau lebih.

Secara terpisah, Bloomberg News melaporkan China juga mempertimbangkan untuk menyuntikkan modal hingga 1 triliun yuan (USD 142 miliar) ke bank-bank negara terbesarnya untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam mendukung perekonomian, terutama dengan menerbitkan obligasi negara baru.

Penerbitan utang tambahan di Tiongkok biasanya tunduk pada persetujuan resmi oleh parlemennya yang hanya menyetujui kebijakan, yang diperkirakan bersidang dalam beberapa minggu mendatang.

3 dari 4 halaman

Diperlukan Lebih Banyak Kekuatan

Bank sentral mengumumkan langkah-langkah dukungan moneter paling agresif bagi ekonomi sejak pandemi COVID-19 pada September, termasuk sejumlah langkah untuk membantu menarik sektor properti keluar dari kemerosotan selama beberapa tahun, termasuk pemangkasan suku bunga hipotek.

Namun, sementara langkah-langkah tersebut telah mengangkat bursa saham China. Banyak analis mengatakan Beijing juga perlu secara tegas mengatasi masalah struktural yang lebih mengakar seperti meningkatkan konsumsi dan mengurangi ketergantungannya pada investasi infrastruktur yang didorong oleh utang.

Sebagian besar stimulus fiskal China masih digunakan untuk investasi, tetapi hasilnya menyusut dan pengeluaran tersebut telah membebani pemerintah daerah dengan utang sebesar USD 13 triliun.

Lan mengatakan, Beijing akan mendukung pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah utangnya, seraya menambahkan mereka masih memiliki gabungan 2,3 triliun yuan (USD 325,5 miliar) untuk dibelanjakan dalam tiga bulan terakhir tahun ini, termasuk kuota utang dan dana yang tidak terpakai.

 

 

4 dari 4 halaman

Upah Rendah

Pemerintah daerah akan diizinkan untuk membeli kembali tanah yang tidak terpakai dari pengembang properti, kata Lan.

Upah rendah, pengangguran tinggi di kalangan pemuda, dan jaring pengaman sosial yang lemah membuat pengeluaran rumah tangga di Tiongkok kurang dari 40% dari output ekonomi tahunan, sekitar 20 poin persentase di bawah rata-rata global. Sebagai perbandingan, investasi berada 20 poin di atas.

Sebuah laporan pribadi oleh platform perekrutan Zhaopin menunjukkan rata-rata gaji yang ditawarkan oleh perekrut di 38 kota besar Tiongkok turun 2,5% pada kuartal ketiga dari kuartal kedua.

Ritel furnitur Swedia, Ikea, yang 39 tokonya di China telah merasakan dampak dari krisis properti, mendesak Beijing pada Kamis untuk menerapkan stimulus lebih lanjut.

Video Terkini