Sukses

Jadwal SKD CPNS Kemhan 2024, Intip Kriteria Kelulusannya  

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan ) resmi umumkan jadwal dan titik Lokasi SKD kepada para pelamar CPNS formasi Kementerian Pertahanan RI Tahun 2024.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan) resmi umumkan jadwal dan titik Lokasi SKD kepada para pelamar CPNS formasi Kementerian Pertahanan RI Tahun 2024. 

‘’Hai #SobatKemhan, berdasarkan Hasil Seleksi Administrasi Pengadaan CPNS Kemhan, Mabes TNI, dan Angkatan (TNI AD, TNI AL dan TNI AU), dan Surat Kepala @bkngoidofficial Nomor: 6857/B-KS.04.01/SD/E/2024 tanggal 7 Oktober 2024 tentang Penyampaian Jadwal SKD Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) TA. 2024, bersama ini kami sampaikan Pengumuman Jadwal Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Tahun Anggaran 2024. Dilansir dari laman akun instagram resmi Biro Kepegawaian Setjen Kemhan, @ropeg_Kemhan pada Senin (14/10/2024).   

Berdasarkan Surat Pengumuman Kementerian Pertahanan Republik Indonesia NOMOR: PENG/ 21 /X/2024 Tentang Jadwal Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Tahun Anggaran 2024, tentang Penyampaian Jadwal SKD Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) TA 2024.

Adapun beberapa kriteria kelulusan SKD yang harus dipenuhi oleh para pelamar yaitu sebagai berikut:

a. Pelamar Seleksi CPNS Kementerian Pertahanan RI TA 2024 yang menggunakan nilai SKD TA 2023 dan pelamar Seleksi CPNS Kementerian Pertahanan RI TA 2024 yang mengikuti SKD TA 2024 berhak mengikuti SKB jika dinyatakan lulus SKD dan termasuk dalam 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan jabatan setelah memenuhi Nilai Ambang Batas (NAB) pada jenis penetapan kebutuhan yang dilamar dan berperingkat terbaik.

 

2 dari 4 halaman

Kriteria Kelulusan Lainnya

b. Dalam hal terdapat pelamar yang memperoleh nilai SKD sama dan berada pada batas 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan jabatan, penentuan kelulusan SKD secara berurutan mulai dari nilai TKP, TIU, dan TWK.

c. Dalam hal nilai sebagaimana dimaksud pada huruf b masih sama dan berada pada batas 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan jabatan, terhadap pelamar diikutkan SKB.

Berbagai informasi terkait jadwal, sesi dan tempat untuk titik lokasi wilayah seleksi dapat dicek langsung melalui website resmi instansi https://www.kemhan.go.id/ropeg dan sosial media resmi (instagram) @ropeg_kemhan.  

Untuk memperoleh update informasi lebih lanjut seputar penerimaan seleksi CPNS dan PPPK 2024, para pelamar dapat langsung mengunjungi laman web instansi masing-masing, sesuai dengan formasi yang dilamar.  

 

3 dari 4 halaman

Seleksi Penerimaan CPNS 2024 Masuk Tahap SKD, Simak Cara Cek Jadwal hingga Lokasi Tes

Saat ini seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 masuk tahap pengumuman jadwal, waktu, dan lokasi tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tahap pengumuman jadwal, waktu dan lokasi tes SKD ini dimulai 9 Oktober 2024.

Para pelamar CPNS 2024 diharapkan untuk mengecek sekala berkala terkait pengumuman jadwal tes nantinya. Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), jumlah pelamar CPNS mencapai 3.963.832 pelamar dengan yang berhasil terverifikasi dan memenuhi persyaratan instansi sebanyak 2.855.597 orang.  

Lalu bagaimana cara mengecek jadwal SKD CPNS 2024? 

Berikut cara cek SKD CPNS 2024: 

1. Buka laman resmi SSCASN BKN di https://sscasn.bkn.go.id

2. Masukan  Nomor Induk Kependudukan (NIK), password dan captcha serta pastikan data yang dimasukkan sesuai dengan informasi yang Anda daftarkan saat melamar.

3. Kemudian pada halaman resume klik download kartu peserta ujian CPNS 2024

4. Terakhir pada kartu tersebut, terdapat keterangan jadwal, waktu, dan lokasi SKD.  

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi, Abdullah Azwar Anas kaget ketika jumlah pendaftar untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 mencapai angka yang luar biasa, yakni sekitar 4 juta pelamar. 

Padahal, jumlah formasi yang dibuka hanya sebanyak 250.407. Fenomena ini menunjukkan tingginya minat masyarakat, khususnya generasi muda, untuk berkarir sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Anas menuturkan, tingginya jumlah pendaftar ini mencerminkan meningkatnya kepercayaan publik terhadap posisi PNS, yang sejalan dengan upaya pemerintah untuk menciptakan sistem seleksi yang lebih transparan.