Sukses

Melihat Masa Depan Industri Startup Dunia dari Dubai

Dubai menjadi salah kota yang menjadi titik pertemuan antara perusahaan startup dunia.

 

Liputan6.com, Dubai Edisi kesembilan dari acara yang sangat dinanti, Expand North Star 2024, diadakan di Dubai Harbour mulai 13 hingga 16 Oktober 2024. Acara ini mengumpulkan seluruh ekosistem startup global di UAE untuk mempercepat pertumbuhan dan pengembangan startup terkemuka dunia.

Acara ini resmi dimulai pada 13 Oktober 2024 di Dubai Harbour, diselenggarakan oleh Dubai Chamber of Digital Economy dan diorganisir oleh Dubai World Trade Centre (DWTC). Edisi tahun ini diproyeksikan menjadi yang terbesar dan paling berpengaruh dalam sejarahnya.

Tahun ini, Expand North Star menampilkan lebih dari 1.800 startup yang ikut berpartisipasi, serta lebih dari 1.200 investor dengan total dana kelolaan (AUM) melebihi USD 1 triliun. Tidak hanya itu, lebih dari 100 negara turut serta dalam acara ini, menjadikannya yang paling internasional dan beragam.

CEO House of Finance & Tech Berlin, Dr. Sebastian Schäfer menyatakan, dengan adanya acara ini, Dubai menjadi salah satu kunci perkembangan teknologi dunia ke depannya. 

"Sebagai negara, kita tidak berkolaborasi. Kita harus saling bersama untuk mencapai keberhasilan yang konkret serta contoh penggunaan teknologi. Kita memiliki bahan-bahan yang dibutuhkan untuk bersaing dengan perusahaan teknologi besar dari China dan AS, tetapi kita memerlukan cara baru yang inovatif, mengelola talenta, dan menciptakan pabrik unicorn masa depan. Ada begitu banyak potensi yang belum digali dan menunggu untuk dieksplorasi," katanya di Dubai, Senin (14/11/2024).

Diikuti 35 Negara Eropa

Acara ini juga mencatat partisipasi terbesar dari Eropa, dengan lebih dari 1.000 UKM dan 450 startup dari 35 negara Eropa.

Beberapa startup ini berpartisipasi dalam sesi utama Investor Sunday, bertajuk "Connected for Success: The Power of Cross-border Collaboration in Europe". Dalam sesi ini, para panelis dari Prancis, Italia, Polandia, dan Portugal mendiskusikan masa depan pendanaan dan investasi.

 

2 dari 2 halaman

Masa Depan Industri Keuangan Dunia

Selain itu, Expand North Star 2024 juga memperkenalkan NS Scaleups, program baru yang dirancang untuk mendorong kolaborasi, memacu pertumbuhan bisnis, dan menghubungkan startup tahap akhir dengan mitra strategis, pemodal ventura, serta klien potensial.

Selama empat hari, Expand North Star akan menjadi ajang penting untuk melihat masa depan industri financial, blockchain, dan kreativitas.

Tidak hanya itu, acara Tech Transfer 3.0 akan menghadirkan para ahli teknologi, ilmuwan, dan akademisi untuk mendemonstrasikan inovasi dari konsep hingga aplikasi dunia nyata.

Acara ini juga menjadi tuan rumah bagi Supernova Challenge 2.0, yang mempertemukan startup terbaik dari Eropa, Asia, dan Afrika. Hampir 200 startup akan berkompetisi dalam final global untuk memperebutkan hadiah tunai senilai USD 200.000.

Acara ini berlangsung bersamaan dengan GITEX GLOBAL 2024, yang juga merupakan acara teknologi dan startup terbesar di dunia.

 

Â