Sukses

Tito Karnavian Diminta Prabowo Jadi Menteri Lagi, Khusus Tangani Inflasi

Tito Karnavian menjadi salah satu sosok yang dipanggil Prabowo Subianto. Tito secara terang terangan menyampaikan kalau diminta jadi menteri lagi.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai bagian dari pertemuannya dengan sejumlah calon menteri.

Dalam pertemuan tersebut, Tito tidak menjelaskan secara rinci topik pembicaraannya dengan Prabowo. Namun, dia menyebut ada permintaan agar dirinya membantu Prabowo dalam kabinet periode 2024-2029.

"Beliau meminta saya untuk membantu di kabinet mendatang," ujar Tito di kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024).

Tito menambahkan bahwa dirinya sudah lama mengenal Prabowo, termasuk saat keduanya berada dalam kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Prabowo, menurut Tito, menilai dirinya cocok untuk kembali mengemban posisi menteri.

Jadi Mendagri Lagi?

Saat ditanya mengenai posisi menteri yang ditawarkan, Tito tidak memberikan banyak komentar. Namun, dia menyampaikan bahwa Prabowo menitipkan pesan agar inflasi di daerah tetap terkendali.

"Soal posisi menteri, nanti silakan tanyakan langsung kepada beliau. Yang jelas, beliau meminta agar penanganan inflasi yang selama ini terjaga baik, tetap dilanjutkan di masa pemerintahan beliau," ungkap Tito.

"Saya juga menyampaikan bahwa penanganan inflasi akan tetap saya laksanakan setiap minggu sampai ada perintah untuk dihentikan. Kira-kira begitu," tambahnya.

2 dari 2 halaman

AHY Dipanggil Prabowo Subianto, Bakal Ditempatkan di Sini

Mentero Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono dipanggil Presiden Terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya. Dia mengaku diminta untuk menempati posisi strategis.

AHY datang sekitar pukul 15.30 WIB dan pergi meninggalkan rumah Prabowo sekitar pukul 15.50 WIB. Dalam pertemuan dengan Prabowo, AHY bilang diminta menjadi menteri di pemerintahan Prabowo periode 2024-2029.

"Saya tentunya juga bersyukur ini sebuah kehormatan untuk menjadi salah satu bagian dari tim yang bapak Prabowo akan bentuk yang mudah-mudahan menjadi supertim untuk bisa menjalankan tugas-tugas dan mewujudkan visi-misi beliau," ujarnya, di Jakarta, Senin (14/10/2024).

"Saya sendiri diminta untuk membantu menjalankan peran yang strategis kedepan," sambungnya.

Ketika ditanya jabatan yang akan ditempatinya, dia enggan memberikan bocoran terlalu jauh. Hanya saja dia memberikan bocoran akan ditempatkan pada sektor pembangunan.

Namun, kepastian posisinya akan diumumkan nanti oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

"Biar beliau sendiri yang akan mengumumkan menjelaskan. Tetapi beliau ingin pembangunan kedepan semakin sukses, pembangunan itu fisik maupun SDM," ucapnya.

"Saya rasa menjadi bagian yang tidak terpisahkan kalau sukses semuanya tentu Indonesia Maju yang kita citakan segera terwujud," sambung dia.