Sukses

Insiden Kebakaran Smelter Berulang, Ini Daftarnya

Pabrik asam sulfat Smelter milik PT Freeport Indonesia (PTFI) yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur (Jatim) mengalami kebakaran pada Senin, pukul 17.45 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Insiden kebakaran smelter di Indonesia kembali terjadi. Terbaru Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) yang berada di Gresik Jawa Timur terbakar pada Senin (14/10/2024). pukul 17.45 WIB Kebakaran tersebut berhasil ditangani langsung.

Kecelakaan yang terjadi di smelter PTFU baru-baru ini, telah menambah catatan panjang kasus kecelakaan pabrik smelter di Indonesia.

Berikut daftar smelter yang mengalami insiden kebakaran di tahun 2024, dirangkum Liputan6.com, Selasa (15/10/2024).

1.Smelter Nikel PT GNI di Morowali

Kebakaran yang terjadi di Smelter Nikel milik PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Morowali Utara, Sulawesi Tengah, meledak dan menyebabkan kebakaran yang menewaskan pekerjanya sekaligus seleb Tiktok Nirwana Selle. Insiden kecelakaan ini terjadi pada 22 Desember 2022 di Morowali Utara.

Pada 27 Desember 2021, Presiden Jokowi diketahui ikut meresmikan smelter bijih nikel milik PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah. Acara peresmian digelar di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Saat itu Jokowi berharap, keberadaan smelter dengan kapasitas produksi 1,8 juta ton per tahun tersebut akan meningkatkan nilai tambah hingga 14 kali lipat dibandingkan bahan mentah nikel.

2.Smelter Nikel di Sanga-sanga

Pabrik peleburan smelter nikel di Kelurahan Pendingin, Kecamatan Sanga-sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terbakar hebat pada Rabu (11/10/2023) sore sekira pukul 17.00 WITA.

Video kebakaran hebat dengan cepat menyebar di media sosial. Dari video yang beredar api membakar lantai 4 dan 5 bangunan pabrik yang baru diresmikan pada 19 September lalu.

Dalam kebakaran itu juga dikabarkan memakan korban jiwa, yakni seorang pekerja asing berkebangsaan China mengalami luka bakar cukup serius di tubuhnya.

Lurah Pendingin, Dayat saat dikonfirmasi membenarkan terjadinya kebakaran itu. Dia menyebut, kobaran api berasal dari tungku pembakaran.

Dayat menyatakan saat kejadian tidak ada bunyi ledakan, tetapi ada satu warga negara asing (WNA) asal China yang menjadi korban.

 

 

2 dari 3 halaman

3.Smelter Nikel Desa Pendingin Kutai Kartanegara

Kebakaran terjadi di smelter nikel di Desa Pendingin Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, milik PT Kalimantan Ferro Industry (KFI), pada Kamis sore (16/5/2024). Akibat peristiwa itu, dua pekerja mengalami luka-luka.

 

Terkait insiden itu, anggota Komisi VII DPR Yulian Gunhar mempertanyakan faktor keamanan atas keberadaan pabrik smelter nikel PT Kalimantan Ferro Industry atau PT KFI. Menurutnya, demi keamanan seharusnya lokasi pabrik smelter jauh dari permukiman warga.

 

 

3 dari 3 halaman

4.Smelter PT Freefort di Gresik

Pabrik asam sulfat Smelter milik PT Freeport Indonesia (PTFI) yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur (Jatim) mengalami kebakaran pada Senin, pukul 17.45 WIB.

Kebakaran smelter Freeport tersebut dikonfirmasi manajemen PT Freeport Indonesia.“Terjadi kebakaran di pabrik asam sulfat Smelter PTFI, di KEK Gresik, pada Senin, 14 Oktober 2024 pukul 17.45 WIB,” kata VP Corporate Communications PTFI Katri Krisnati melansir Antara di Surabaya

Pabrik asam sulfat Smelter milik PT Freeport Indonesia (PTFI) yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur (Jatim) mengalami kebakaran pada Senin, pukul 17.45 WIB.

Kebakaran smelter Freeport tersebut dikonfirmasi manajemen PT Freeport Indonesia.

“Terjadi kebakaran di pabrik asam sulfat Smelter PTFI, di KEK Gresik, pada Senin, 14 Oktober 2024 pukul 17.45 WIB,” kata VP Corporate Communications PTFI Katri Krisnati melansir Antara di Surabaya.

Padahal smelter tersebut baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (23/9/2024). Jokowi mengatakan smelter dengan investasi senilai Rp56 triliun tersebut memiliki lahan seluas 104 hektare.