Sukses

Seluk Beluk BRIGADE MADANI Besutan Holding Ultra Mikro (UMi)

BRIGADE MADANI merupakan sebuah strategi culture activation program yang mensinergikan Gerakan/Aktivitas Pekerja 3 entitas Holding UMi (BRI, PNM dan Pegadaian) sebagai internalisasi “One Culture” AKHLAK.

Liputan6.com, Jakarta - Holding Ultra Mikro (UMi) telah menorehkan berbagai prestasi meskipun baru berdiri selama 3 tahun. UMi telah memberikan pembiyaan kepada 36 juta debitur dengan total pembiayaan lebih dari Rp 622,3 triliun. Capaian lainnya, UMi telah melayani 176 juta nasabah simpanan dengan volume simpanan mencapai Rp 313,9 triliun

Capaian yang menggembirakan lainnya yakni dari segi laba. Untuk Holding Ultra Mikro (UMi) yang terdiri dari PNM berhasil mencatatkan laba sebesar Rp800 miliar, dan pegadaian labanya senilai Rp 2,9 triliun.

Senior Executive Vice President Ultra Mikro BRI Muhammad Candra Utama, mengatakan keberhasilan penyaluran UMi ini tak lepas dari implementasi strategi seperti mensinergikan budaya kerja ketigaentitas melalui aktivasi BRIGADE MADANI.

Lantas apa itu BRIGADE MADANI?

Candra menjelaskan, BRIGADE MADANI merupakan sebuah strategi culture activation program yang mensinergikan Gerakan/Aktivitas Pekerja 3 entitas Holding UMi (BRI, PNM dan Pegadaian) sebagai internalisasi “One Culture” AKHLAK sekaligus akselerasi bisnis proses, strategi inisiatif Holding UMi serta mengakselerasi finansial inklusi sesuai dengan Visi BRI 2025 menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion.

"Brigade Madani ini merupakan strategi yang mensinergikan semua gerakan atau aktivitas yang pekerja kami berada di 3 entitas ini baik BRI PNM dan Pegadaian. Kaitan dengan internalisasi one culture AKHLAK, kan kami bagian dari Kementerian BUMN, yang memiliki culture Akhlak "Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaftif dan kolaboratif'," kata Candra dalam Inspirato Sharing Session, dikutip Selasa (15/10/2024).

 

2 dari 3 halaman

Core Value Akhlak

Adapun dari core value AKHLAK tersebut, Holding UMi memiliki program dalam setiap core valunya. Yakni core value 'Amanah' terdapat program 'Serbu' yang tujuannya untuk mencapai target atau KPI yang ditetapkan, untuk mendorong nasabah naik kelas.

"Core value dari Akhlak ini kami punya program. Masing-masing core value ini kami punya program, untuk Amanah kami sebut dalam program Serbu terkait pencapaian target atau KPI yang kami harapkan dari seluruh entitas kami," jelasnya.

Selanjutnya, untuk core value 'Kompeten' ada program Lat-Gab atau singkatan dari Latihan Gabungan, yang bertujuan untuk pengembangan kapabilitas internal melalui "Latihan Gabungan".

Lalu, untuk core value 'Harmonis' terdapat program Lan-Gab atau singkatan Layanan Gabungan, untuk mengharmonisasi produk dan layanan 3 entitas melalui layanan gabungan.

Core value 'Loyal', holding UMi membuat program 2 no's, 1 Korsa yakni no excuses, no fraud, no defect untuk menjaga integritas dan dedikasi insan BUMN.

"Kita harus patuh semua pekerja dalam holding terhadap SOP, GCG harus kuat," imbuhnya.

 

3 dari 3 halaman

51 Ribu Pekerja

Untuk core value 'Adaptif' ada program 'Serlok' bertujuan untuk menyesuaikan strategi dengan karakteristik daerah dan sumber daya lokal melalui 'Serlok'.

Terkahir, core value 'Kolaboratif' dibentuk program 'Posko Senyum' yakni Co-locaBon outlet untuk sinergi layanan dan pertumbuhan ekonomi kerakyatan bersama 3 entitas.

Melalui program Posko Senyum dilakukan kegiatan olah raga bersama (Community), ngobrol casual di Posko SenyuM. Grebek ekosistem (Pasar, desa, dan klaster) di 379 Cabang BRI (kolaborasi PNM-Pegadaian) dengan melibatkan 51.000 peserta (Agustus – September 2024).

"Berdasarkan laporan yang kami terima ini sangat menarik dan sangat antusias kawan-kawan kami diholding untuk ikut dan ini yang terlibat tidak kurang dari 51 ribu pekerja. Ini kita lakukan semuanya untuk one culture akhlak, inilah bagian internalisasi dari akhlak dan kami wujudkan dalam bentuk strategic cultere programnya BRIGADE MADANI," pungkasnya.