Sukses

Seleksi Penerimaan CPNS 2024 Masuk Tahap SKD, Begini Cara Cek Skor Nilainya

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat sebanyak 3.035.723 orang peserta CPNS 2024 lolos seleksi tahap administrasi, dan akan ikuti seleksi SKD.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengimbau agar pelamar seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 untuk tidak coba-coba bertransaksi dengan oknum yang menawarkan kelulusan. Hal ini termasuk yang mengaku apalagi mengatasnamakan pejabat atau pegawai instansi pemerintah. 

BKN mencatat sebanyak 3.035.723 orang peserta CPNS 2024 lolos seleksi tahap administrasi. Selanjutnya Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD mulai 16 Oktober hingga 14 November 2024. Pelaksanaan SKD merupakan tahap kedua yang harus dilewati sebelum lanjut ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB. 

"Pelamar yang berhak melaju ke tahap SKB merupakan peserta yang berhasil memenuhi ambang batas atau passing grade sesuai urutan yang menduduki 3 kali formasi atau jabatan yang dilamar hingga pada akhirnya dinyatakan lulus sampai dengan tahap akhir untuk mengisi total 250.407 formasi CPNS yang dialokasikan Pemerintah tahun ini," ujar Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto di titik lokasi Kantor Pusat BKN Jakarta, Rabu (16/10/2024)

Pada pelaksanaan hari pertama SKD hari ini, Haryomo antusias atmosfir kompetisi dari peserta SKD dengan mengimbau para pelamar agar memaksimalkan kesempatan ini. Haryomo meminta para pelamar untuk tidak coba-coba bertransaksi dengan oknum yang menawarkan kelulusan, termasuk yang mengaku apalagi mengatasnamakan pejabat atau pegawai instansi pemerintah. 

"Memenuhi ambang batas SKD atau tidak sudah dapat kalian saksikan sendiri di layar komputer setelah ujian dan masyarakat umum juga dapat memantau sendiri live score para peserta," ujar dia.

Haryomo menuturkan, seluruh rangkaian seleksi CASN disampaikan secara terbuka kepada masyarakat. Ia meminta agar para pelamar untuk merujuk pada kanal informasi resmi pemerintah, seperti media sosial BKN dan instansi yang dilamar untuk menghindari disinformasi dan hoaks yang rawan terjadi di musim seleksi.

Seperti tahun sebelumnya, mekanisme pelaksanaan SKD sendiri menggunakan standar berbasis Computer Assisted Test_ (CAT) sesuai dengan Peraturan BKN Nomor 5 Tahun 2024 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode CAT BKN. 

 

2 dari 3 halaman

Komponen yang Diujikan

Sementara untuk komponen yang diujikan di tahap SKD meliputi Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai ambang batas atau passing grade dan karakteristik masing-masing jenis materi. Adapun ketentuan SKD CPNS tahun ini diatur lewat Keputusan Menteri PANRB 321 Tahun 2024.

Selain itu pelaksanaan ujian dengan CAT BKN berorientasi pada sistem digital. Dengan ini, pelamar dapat mengetahui memenuhi ambang batas atau tidak, sesaat setelah selesai mengerjakan seluruh soal SKD. 

Tidak hanya itu, masyarakat umum kapan pun dan di mana pun tanpa datang ke lokasi ujian juga dapat memantau skor SKD para pelamar melalui layanan LIVE SCORE yang tersedia di tayangan kanal youtube BKN, yakni *Official CAT*.

Selain itu, untuk pantauan skor SKD di titik lokasi BKN Pusat dan masing-masing *official youtube Kantor Regional dan UPT BKN se-Indonesia* sesuai wilayah masing-masing titik lokasi.

Untuk akomodasi pelaksanaan SKD CPNS kali ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyiapkan ribuan titik lokasi mulai dari wilayah Nusantara hingga Mancanegara. Di antaranya 36 titik lokasi kantor BKN meliputi Kantor BKN Pusat, Kantor Regional dari Aceh hingga Papua, dan UPT BKN se-Indonesia; 75 titik lokasi Mandiri BKN; 135 titik lokasi mandiri instansi; dan 93 titik lokasi Luar Negeri.  

 

Reporter: Sulaeman

Sumber:Merdeka.com

3 dari 3 halaman

3 Hal Ini Wajib Diketahui Sebelum SKD CPNS 2024 Dimulai

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menginformasikan para pelamar CPNS 2024 bahwa terdapat tiga hal yang perlu diketahui sebelum SKD CPNS 2024 dimulai.

‘’Friendly reminder bagi pelamar #SeleksiCPNS2024 Anw, kalau ada instansi tertentu yang mengenakan BIAYA ujian SKD CAT BKN silakan #SobatBKN sampaikan via LAPOR BKN‼️ ’’. Dikutip dari laman akun instagram resmi BKN, @bkngoidofficial pada Kamis (10/10/2024).

Adapun melalui potingannya tersebut, BKN mengatakan terdapat tiga hal yang perlu diketahui oleh pelamar seleksi CPNS 2024 yaitu:

1. Pelaksanaan SKD CPNS 2024, tidak dibebankan kepada peserta alias gratis,

2. Prosedur ujian CAT ambang batas atau passing grade, dan jenis soal SKD sudah tersedia di ketentuannya,

3. Tiga jenis tilok (titik Lokasi), tilok kantor BKN, tilok mandiri BKN dan tilok mandiri instansi.

Tilok kantor BKN seperti di kantor BKN Pusat/Kanreg/UPT, tilok mandiri BKN seperti gedung serbaguna atau hotel, sementara itu tilok mandiri instansi atau di luar kantor instansi juga seperti hotel atau gedung serbaguna.   

Untuk memperoleh update informasi lebih lanjut seputar penerimaan seleksi CPNS 2024 dan PPPK 2024, para pelamar dapat langsung mengunjungi laman web instansi masing-masing, sesuai dengan formasi yang dilamar.