Sukses

Menkominfo Budi Arie Bocorkan Isi Pembekalan Calon Menteri di Hambalang

Pembelakan calon menteri Prabowo dilakukan selama dua hari setelah sebelumnya dilakukan pemanggilkan. Pemanggilan calon menteri dilakukan di Kartanegara Jakarta dan pembekalan di Hambalang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menjadi salah satu tokoh yang ikut dalam pembekalan calon menteri dan wakil menteri oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Budi Arie nantinya akan mengisi posisi Menteri Koperasi di Kabinet Prabowo. 

Ia pun membocorkan isi pembekalan yang dilakukan di Hambalang, Bogor. Budi Arie mengaku dirinya bersama calon menteri lainnya digembleng langsung oleh presiden terpilih Prabowo Subianto hingga malam hari.

"Pokoknya di gembleng dari jam 8 pagi sampai jam 7 malam," ujar Budi saat ditemui awak media di Morrisey Hotel, Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Isi percakapan antara presiden terpilih Prabowo Subianto terhadap calon menterinya terkait kondisi geopolitik dan perekonomian global terkini.

"Semuanya ya (dibicarakan), geopolitik, geostrategi, geoeconomics, macem-macem," beber dia.

Seperti diketahui, pembelakan dilakukan selama dua hari setelah sebelumnya dilakukan pemanggilkan. Pemanggilan calon menteri dilakukan di Kartanegara Jakarta dan pembekalan di Hambalang.

Dalam pemanggilan tidak tampak Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka tetapi saat pembekalan Gibran ikut hadir. Namun Gibran Rakabuming Raka hanya diam di Hambalang. Gibran bersama seluruh calon menteri lainnya hanya mendengarkan arahan dari Prabowo.

"Enggak (menyampaikan arahan) Mas Gibran, (hanya) hadir penuh dari jam 08.00 WIB pagi. Enggak (ada arahan dari Gibran), mendengarkan seperti kami," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Budi Arie Sebut Tak Ada Kader PDIP Ikut Pembekalan Calon Menteri di Hambalang

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan, tidak ada kader PDI Perjuangan (PDIP) yang ikut pembekalan calon menteri Presiden terpilih Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, pada hari ini, Rabu (16/10/2024).

Dia menyebut, yang terlihat hadir pada acara pembekalan hanyalah Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

"Enggak ada (kader PDIP), Pak Budi Gunawan saja tadi," kata Budi Arie usai mengikuti pembekalan calon menteri di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Rabu malam.

Lebih lanjut, Budi menambahkan, materi yang disampaikan Prabowo terkait tantangan negeri ke depan, masalah geopolitik, geoekonomi, dan geostrategis yang terus mengalami dinamika sangat krusial.

"Termasuk juga tadi ditutup bagaimana dengan program pangan dan nutrisi untuk keluarga kita, dan ini sesuai dengan janji Pak Presiden untuk memberi makan bergizi," ucapnya.

"Pokoknya disampaikan oleh Pak Prabowo, pidato dibekali oleh bapak presiden, memang beliau memberikan paparan-paparan bagaimana tantangan kita ke depan," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Arahan

Lebih lanjut, Budi Arie mengatakan, Wakil Presiden terpilih RI Gibran Rakabuming Raka hanya diam saat pembekalan calon menteri di Hambalang. Gibran bersama seluruh calon menteri lainnya hanya mendengarkan arahan dari Prabowo.

"Enggak (menyampaikan arahan) Mas Gibran, (hanya) hadir penuh dari jam 08.00 WIB pagi," kata Budi Arie.

"Enggak (ada arahan dari Gibran), mendengarkan seperti kami," sambungnya.