Sukses

Tren Harga Emas Terus Naik, BSI Ajak Masyarakat Berinvestasi

Dalam beberapa bulan terakhir, harga emas di pasar global telah mengalami lonjakan yang signifikan. Kenaikan ini dipicu oleh berbagai faktor, termasuk ketidakpastian ekonomi global, inflasi yang meningkat, serta permintaan yang kuat dari sektor investasi.

 

Liputan6.com, Jakarta Dalam beberapa bulan terakhir, harga emas di pasar global telah mengalami lonjakan yang signifikan. Kenaikan ini dipicu oleh berbagai faktor, termasuk ketidakpastian ekonomi global, inflasi yang meningkat, serta permintaan yang kuat dari sektor investasi.

Sebagai aset yang dianggap aman, emas sering kali menjadi pilihan utama bagi investor yang mencari perlindungan dari volatilitas pasar. Kondisi ini memberikan peluang besar bagi Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk memperkuat posisinya dalam industri keuangan syariah melalui berbagai produk dan layanan yang terkait dengan emas.

"Kita dorong emas, ini lagi happening. Bisnis emas menunjukan pertumbuhan yang luar biasa, karena bisa jadi alat untuk investasi," kata Direktur Penjualan & Distribusi BSI Anton Sukarna dalam acara BSI Communication Summit 2024, di Denpasar, Jumat (18/10/2024).

Produk terkait emas ini tidak hanya menawarkan alternatif investasi yang aman, tetapi juga selaras dengan prinsip-prinsip syariah yang dipegang teguh oleh BSI.

Dengan harga emas yang terus meningkat, nasabah merasa lebih terdorong untuk berinvestasi dalam bentuk logam mulia ini, yang pada gilirannya meningkatkan volume transaksi bagi BSI. Selain itu, BSI juga berupaya mengedukasi masyarakat tentang manfaat investasi emas, baik dari segi keamanan maupun potensi keuntungan jangka panjang.

"Emas ini kita dorong sebagai alat investasi, karena nilainya meningkat. Selain itu, untuk emas nilai investasinya bisa dalam jumlah yang kecil. BSI punya kapasitas untuk mendorong itu," tutup dia.

 

 

2 dari 3 halaman

Lagi, Harga Emas Tembus Rekor Termahal Hari Ini

Harga emas mencapai rekor tertinggi pada hari Kamis (Jumat waktu Jakarta) karena ketidakpastian seputar pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) dan perang di Timur Tengah mendorong investor untuk mencari aset safe haven. Sementara itu, pelonggaran lingkungan kebijakan moneter membuat harga emas dunia tetap tinggi.

Dikutip dari CNBC, Jumat (18/10/2024), harga emas dunia di pasar spot naik 0,7% menjadi USD 2.692,04 per ons. Sedangkan harga emas berjangka AS ditutup naik 0,6% level USD 2.707,5.

Harga emas telah mengalami lonjakan lebih dari 30% tahun ini, melampaui rekor, didorong oleh prospek penurunan suku bunga Bank Sentral AS, Federal Reserve (The Fed) lebih lanjut setelah penurunan suku bunga setengah poin persentase bulan lalu dan ketidakpastian geopolitik yang sedang berlangsung.

“Selain kekhawatiran di Timur Tengah, pemilu AS juga semakin dekat, yang tampaknya akan berlangsung sangat ketat. Hal itu menimbulkan banyak ketidakpastian, dan emas sering kali menjadi pilihan utama di masa ketidakpastian,” kata Ahli Strategi Komoditas WisdomTree, Nitesh Shah.Harga emas diperkirakan naik menjadi USD 2.941 per troy ounce selama 12 bulan ke depan, delegasi pertemuan tahunan London Bullion Market Association memperkirakan awal minggu ini.

“Jajak pendapat LBMA yang dilakukan di Miami awal minggu ini, yang memperkirakan harga emas akan naik mendekati USD 3.000 tahun depan dan perak akan menguat lebih jauh, saya rasa potensi tersebut juga menarik perhatian,” kata Kepala Strategi Komoditas Saxo Bank, Ole Hansen.

 

3 dari 3 halaman

Harga Emas Turun

Pada awal sesi AS, harga emas telah turun dari rekor tertinggi setelah data menunjukkan penjualan eceran AS meningkat sedikit lebih banyak dari yang diharapkan pada bulan September sementara laporan Departemen Tenaga Kerja mengatakan pengangguran secara tak terduga turun minggu lalu.

“Kedua laporan tersebut termasuk dalam kubu yang bersikap agresif terhadap kebijakan moneter,” kata Analis Pasar Senior Kitco Metals, Jim Wyckoff.

Harga emas, yang tidak menghasilkan bunga sendiri, cenderung naik ketika suku bunga dipotong. Bank Sentral Eropa juga memangkas suku bunga untuk ketiga kalinya tahun ini sebesar seperempat poin.