Sukses

Balai Rakyat Indonesia, Ruang untuk Kembangkan Potensi Ekonomi Lokal Persembahan BRI dan IPB University

Balai Rakyat Indonesia berfungsi sebagai ruang untuk masyarakat kembangkan potensi ekonomi lokal yang sejalan dengan program pemberdayaan BRI.

Liputan6.com, Jakarta Banyak aspek yang bisa diangkat sebagai potensi ekonomi lokal tanah air. Oleh karena itu, pemberdayaan masyarakat menjadi hal yang penting untuk memajukan ekonomi di suatu daerah. Komitmen pemberdayaan pun terus ditunjukkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk lewat berbagai program yang dijalankan. Terbaru, BRI melalui Yayasan Baitul Maal BRILiaN (YBM BRILiaN) berkolaborasi dengan IPB University melalui Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim meresmikan Balai Rakyat Indonesia di Agribusiness and Technology Park IPB, Dramaga, Bogor pada Selasa (17/10).

Dukung Aktivitas Pendidikan Maupun Sosial Masyarakat

Peresmian ini dilakukan secara simbolis oleh Direktur Utama BRI sekaligus Ketua Badan Pembina YBM BRILiaN Sunarso bersama Rektor IPB University, Prof. Dr. Arif Satria, S.P, M.Si. Balai Rakyat Indonesia ini sendiri adalah sebuah gedung serba guna yang didirikan dan dikelola bersama masyarakat untuk mendukung aktivitas pendidikan dan sosial masyarakat. Diharapkan, ke depannya gedung ini bisa menjadi sentra pemberdayaan berkelanjutan.

Proses pembangunana Balai Rakyat Indonesia sendiri adalah salah satu dari 3 poin kerja sama yang dijalin YBM BRILiaN dan IPB. Dua program lainnya adalah Program Peningkatan Kapasitas Fasilitator dan Pengembangan Ekosistem Desa Binaan YBM BRILiaN serta Pengembangan Program Pemberdayaan Ekonomi Mustahik Berbasis Market Driven.

2 dari 2 halaman

Kesempatan Masyarakat Kembangkan Potensi Ekonomi Lokal

Sunarso juga menjelaskan bahwa inisiatif ini dirancang sebagai Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM). Fungsinya tak hanya sebagai tempat akademik, tapi juga ruang untuk masyarakat dalam mengembangkan potensi ekonomi lokalnya, terutama di sekitar kampus IPB.

“Dengan adanya Balai Rakyat Indonesia ini, kita harap masyarakat desa dapat semakin berdaya, mandiri, dan mampu berkontribusi pada ekonomi lokal,” ujar Sunarso.

Prof. Dr. Arif Satria, S.P., M.Si. juga menyampaikan apresiasinya kepada BRI dan YBM BRILiaN yang terus mendukung IPB. Terutama dalam pengembangan ekonomi dan sosial masyarakat desa yang berkelanjutan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut SEVP BRI sekaligus Badan Pengawas YBM BRILiaN Achmad Royadi, M. Candra Utama, dan Aestika Oryza Gunarto serta Ketua Pengurus YBM BRILiaN M. Dadang Permana KF. Adapun dari pihak IPB turut hadir di antaranya Prof. drh. Deni Noviana, PhD, DAiCVIM (Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB), Dr. Alim Setiawan Slamet, STP, M.Si (Wakil Rektor Bidang Resiliensi Sumberdaya dan Infrastruktur IPB), Prof. Dr. Ir. Ernan Rustiadi, M.Agr (Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Agromaritim IPB), Prof. Dr. Ir. Iskandar Z. Siregar, M.For.Sc, IPU, ASEAN Eng (Wakil Rektor Bidang Konektivitas Global, Kerjasama dan Alumni IPB), dan Dr. Handian Purwawangsa, S.Hut., M.Si. (Direktur Pengembangan Masyarakat Agromaritim IPB).

Video Terkini