Sukses

Hadiri Pelantikan 5 Anggota BPK, Ini Pesan Sri Mulyani

Menkeu Sri Mulyani mengucapkan selamat dan mengajak agar BPK RI dengan Kementerian Keuangan bisa mengemban amanah dalam menjaga keuangan negara.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri pengambilan sumpah jabatan lima anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia di Kantor Mahkamah Agung.

"Saya menghadiri pengambilan sumpah jabatan lima anggota @bpkriofficial di kantor Mahkamah Agung," tulis Sri Mulyani dikutip dari akun instagram pribadinya, Jumat (18/10/2024).

Sri Mulyani mengatakan, kelimanya terpilih setelah melalui uji kelayakan dan kepatutan calon anggota BPK RI periode 2024-2029 dan ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-6 Masa Persidangan I Tahun 2024-2025.

Sebagai informasi, dilansir dari laman bpk.go.id, BPK adalah lembaga negara yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945. Dengan demikian BPK memiliki peran untuk memastikan pengelolaan keuangan negara tersebut dapat terwujud yaitu mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

Bendahara negara ini pun mengucapkan selamat dan mengajak agar BPK RI dengan Kementerian Keuangan bisa mengemban amanah dalam menjaga keuangan negara.

"Selamat mengemban amanah dalam menjaga keuangan negara. Mari terus berkolaborasi dan bersinergi dalam memastikan tiap-tiap Rupiah APBN #UangKita digunakan sebaik-baiknya untuk membangun, menjaga, dan menyejahterakan rakyat," ujarnya.

Kelima anggota tersebut adalah:

  1. Akhsanul Khaq
  2. ⁠Bobby Adhityo Rizaldi
  3. ⁠Budi Prijono
  4. ⁠Daniel Lumban Tobing
  5. ⁠Fathan Subchi.
2 dari 3 halaman

DPR Setujui 5 Anggota BPK Periode 2024-2029

Sebelumnya, Hasil uji kelayakan dan kepatutan lima anggota terpilih Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2024-2029 telah mendapatkan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Mengutip Antara, Selasa (10/9/2024), lima anggota BPK terpilih itu antara lain Akhsanul Khaq, Bobby Adhityo Rizaldi, Budi Prijono, Daniel Lumban Tobing dan Fathan.

"Sidang dewan yang kami hormati, perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat, apakah laporan Komisi XI DPR terhadap hasil uji kelayakan atau fit and proper test calon anggota BPK RI 2024-2029 dapat disetujui?" tanya Ketua DPR Puan Maharani di Gedung DPR, Jakarta, Selasa.

Anggota DPR yang hadir pun kompak memberikan persetujuan atas laporan hasil fit and proper test terhadap kelima anggota BPK tersebut. "Setuju," jawab serempak para anggota DPR.

Sebelumnya, lima orang yang terpilih sebagai anggota BPK tersebut menjalani rangkaian fit and proper test dari total 74 calon anggota BPK di Komisi XI DPR sejak Senin, 2 September 2024.

 

3 dari 3 halaman

Seleksi

Pembukaan seleksi calon Anggota BPK sudah dilakukan pada 19 Juni 2024 dan pendaftaran dilakukan sejak 20 Juni hingga 4 Juli 2024. Wakil Ketua Komisi XI DPR Dolfie Othniel Frederic Palit menuturkan, pihaknya telah memverifikasi berkas dan pengesahan calon anggota BPK sebanyak 75 orang.

"Pada 2-4 September 2024, Komisi XI DPR melakukan uji kepatutan dan kelayakan di mana enam orang calon mengundurkan diri. Setelah memperhatikan masukan dari masyarakat dan pertimbangan dari DPD RI, maka komisi XI DPR pada 4 September 2024 mengambil keputusan secara musyawarah mufakat," kata dia. 

Video Terkini