Sukses

Prabowo Resmi Dilantik Jadi Presiden, Rupiah Diramal Langsung Perkasa

Prabowo dan Gibran mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024-2029 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu.

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029. Pengucapan sumpah dipimpin oleh Ketua MA Sunarto.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” ucap sumpah Prabowo di Gedung DPR - MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Analis mata uang Lukman Leong memperkirakan rupiah akan menguat pada perdagangan Senin (21/10/2024) atau pascapelantikan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Menurut dia, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, yang berlangsung lancar menjadi sentimen positif bagi pergerakan rupiah ke depan, sehingga rupiah diproyeksikan akan menguat di rentang 15.400 per dolar AS hingga 15.500 per dolar AS.

"Sentimen domestik cukup positif akan pelantikan yang lancar," kata Lukman dikutip dari Antara.

Prabowo dan Gibran mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024-2029 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu.

Sebanyak 709 dari 731 anggota MPR RI menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. Sidang Paripurna MPR RI tersebut juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat.

Setidaknya ada 20 pejabat setingkat kepala negara dan 18 pejabat setingkat menteri yang menghadiri acara pelantikan di Gedung Nusantara.

Selanjutnya, Lukman menuturkan rupiah akan didukung sentimen positif dalam maupun luar negeri. Dolar AS terkoreksi oleh sentimen risk on investor yang menanggapi positif stimulus di China.

Selain dukungan pada sektor real estat, stimulus di China juga berupa suntikan 112 miliar dolar AS oleh bank sentral China People’s Bank of China (PBoC) ke pasar ekuitas China.

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Jumat (18/10/2024) ditutup menguat menjelang pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan pengumuman susunan kabinetnya.

Pada akhir perdagangan Jumat (18/10/2024), rupiah naik 26 poin atau 0,17 persen menjadi Rp15.481 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp15.507 per dolar AS.

2 dari 3 halaman

Pidato Perdana sebagai Presiden RI, Prabowo: Kami Akan Utamakan Kepentingan Bangsa

Prabowo Subianto menyampaikan pidato perdana usai resmi dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia, pada Minggu (20/10/2024).

Dalam pidatonya, Prabowo menekankan komitmennya untuk memimpin dengan penuh tanggung jawab dan mengerahkan seluruh kekuatan jiwa dan raga demi kepentingan bangsa.

Dia juga berjanji untuk memprioritaskan kepentingan seluruh rakyat Indonesia, termasuk mereka yang tidak memilihnya dalam pemilu.

"Kami akan mengutamakan kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia di atas segala kepentingan, di atas segala golongan, apalagi kepentingan pribadi kami," ujarnya dengan tegas.

Prabowo mengakui bahwa bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ancaman yang tidak ringan di tengah dinamika global.

Namun, ia optimistis bahwa dengan segala kekayaan alam dan luasnya wilayah Indonesia, bangsa ini memiliki karunia besar dari Tuhan yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kesejahteraan rakyat.

"Saudara-saudara sekalian, kita faham, kita mengerti, bahwa karunia yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa kepada kita, sungguh sangat besar, dan suhu sangat berangkat. Kita memiliki luas wilayah daratan dan lautan yang sangat besar. Kita memiliki kekayaan alam," jelasnya 

3 dari 3 halaman

Pesan MPR RI ke Prabowo-Gibran: Bawa Program Pro Rakyat

Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyampaikan pesan kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka usai resmi menjadi kepala negara. Dia mengingatkan untuk membawa visi program kerja yang pro rakyat.

“Hadirin terhormat, untuk memberi memberi tepuk tangan yang meriah sebagai tanda penghormatan atas dilantiknya Presiden dan Wakil Presiden RI untuk masa jabatan 2024-2029,” tutur Muzani disambut tepuk tangan meriah hadirin di Gedung DPR MPR RI, Jakarta, Minggu (20/10/2024)

Atas nama nama pimpinan dan seluruh anggota MPR RI, Muzani mengucapkan selamat kepada Prabowo dan Gibran atas jabatan Presiden-Wakil Presiden periode 2024-2029.

“Yang telah memperoleh kepercayaan rakyat sbebagai Presiden dan Wakil Presiden RI untuk melaksanakan amanat rakyat bangsa dan negara dalam kurun waktu lima tahun yang akan datang, terhitung sejak 20 Oktober 2024 sampai 20 Oktober 2029 yang akan datang,” jelas dia.

Muzani berharap, pemerintahan Prabowo-Gibran dapat mewujudkan berbagai prestasi, termasuk lebih mengedepankan kesejahteraan rakyat.

“Kami berharap Bapak Prabowo dan Bapak Gibran dapat membawa visi besar dan kebijakan program pro rakyat. Mari kita ciptakan Indonesia yang adil, sejahtera, dan berdaya saing di mana setiap lapisan masyarakat merasa dihargai dan terlihat. Bersama kita bisa mengukir prestasi demi bangsa,” Muzani menandaskan.

  

Video Terkini