Sukses

Profil Sakti Wahyu Trenggono, Menteri KKP Kabinet Merah Putih Prabowo

Sakti Wahyu Trenggono menjadi salah satu menteri pilihan Presiden Prabowo

Liputan6.com, Jakarta Sakti Wahyu Trenggono, kembali dipercaya Presiden Prabowo untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) di Kabinet Perah Putih. Bagaimana profilnya?

Sakti Wahyu Trenggono kelahiran Semarang pada 3 November 1962, kini menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) setelah Presiden Joko Widodo melakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju pada 22 Desember 2020.

Trenggono menggantikan Edhy Prabowo, yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri KKP sebelum terjerat kasus suap benih lobster. Trenggono sebelumnya adalah Wakil Menteri Pertahanan mendampingi Prabowo Subianto.

Rekam Jejak Karier Politik dan Bisnis

Sakti Wahyu Trenggono bukanlah sosok baru di dunia politik Indonesia. Ia dikenal sebagai salah satu tokoh yang aktif dalam tim pemenangan Presiden Joko Widodo. Pada Pemilihan Presiden 2019, Trenggono menjabat sebagai Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin.

Kiprahnya di dunia politik telah dimulai sejak Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo, di mana Trenggono turut menjadi bendahara tim pemenangan Jokowi. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Bendahara Partai Amanat Nasional (PAN) pada periode 2009-2013.

Tak hanya aktif di dunia politik, Sakti Wahyu Trenggono juga memiliki latar belakang yang kuat di dunia bisnis. Setelah menyelesaikan pendidikan S1 Teknik Industri dan S2 Magister Manajemen di Institut Teknologi Bandung (ITB), Trenggono memulai kariernya sebagai programmer di Federal Motor pada 1986 hingga 1992.

Karier bisnisnya terus berkembang, dan ia kemudian menjabat sebagai Direktur Perencanaan dan Pengembangan di INKUD serta menjadi komisaris di PT Tower Bersama Tbk sejak 2009. Pada tahun 2018, Trenggono juga menjadi komisaris PT Merdeka Copper Gold, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan.

Komitmen di Kementerian Kelautan dan Perikanan

Dengan latar belakangnya yang kuat di bidang bisnis dan pengelolaan, serta pengalamannya di lingkup pemerintahan, menjadi alasan Jokowi memilihnya untuk bisa membawa inovasi dan reformasi yang berkelanjutan dalam menjaga dan memanfaatkan sumber daya kelautan Indonesia.

Dengan pengalaman panjang di dunia politik dan bisnis, Sakti Wahyu Trenggono menjadi figur yang diandalkan untuk membenahi sektor kelautan dan perikanan Indonesia, sekaligus mendukung visi pemerintah dalam menjaga keberlanjutan dan kedaulatan maritim negara.

Video Terkini