Sukses

Profil Budi Santoso, Menteri Perdagangan Kabinet Merah Putih Prabowo

Budi Santoso menjadi salah satu Menteri pilihan Presiden Prabowo Subianto dalam kabinetnya

Liputan6.com, Jakarta Budi Santoso didapuk menjadi Menteri Perdagangan oleh Presiden Prabowo Subianto. Bagaimana profil dan rekam jejaknya?

Budi santoso yang baru dilantik sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perdagangan pada 14 Agustus 2024, memiliki pengalaman panjang di lingkungan Kementerian Perdagangan. Sebelum menjabat sebagai Sekjen, Budi Santoso telah menempati berbagai posisi strategis di kementerian tersebut.

Karier Budi Santoso sebelum Menjadi Menteri Perdagangan, Budi Santoso pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri dari Desember 2022 hingga Agustus 2024.

Pada periode sebelumnya, ia menjadi Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei dari September 2020 hingga Desember 2022. Budi juga pernah menjabat sebagai Kepala Biro Keuangan pada Juni hingga September 2020.

Awal Karir Budi Santoso

Pengalaman karier Budi Santoso di Kementerian Perdagangan dimulai sejak lama. Pada 2010, ia memegang jabatan sebagai Kasubdit Ekonomi Kreatif di Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional.

Selanjutnya, ia dipromosikan menjadi Atase Perdagangan di India. Sekembalinya ke Indonesia, Budi diangkat sebagai Kepala Bagian Program dan Kerjasama di Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional.

Budi juga telah menduduki berbagai posisi penting lainnya di Kementerian Perdagangan, termasuk:

  • Kepala Pusat Data dan Informasi (2017)
  • Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi (2017)
  • Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian (2018)

Peran di BUMN Pangan: Komisaris Utama ID FOOD

Selain berkarier di Kementerian Perdagangan, Budi Santoso juga menjabat sebagai Komisaris Utama Holding BUMN Pangan, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau ID FOOD.

Penunjukan ini dilakukan melalui Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK 174/MBU/07/2023. Dalam peran ini, Budi berkontribusi dalam mengawasi dan memimpin strategi perusahaan pangan nasional yang memiliki peran vital dalam ketahanan pangan Indonesia.

Video Terkini