Sukses

Miliader Ini Beri Sumbangan untuk Kampanye Kamala Harris, Segini Nilainya

Pendiri Ripple sekaligus Miliarder Chris Larsen menyumbang kepada calon Presiden Amerika Serikat Kamala Harris. Sumbangan itu ada dalam bentuk token.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pendiri dan ketua Ripple, sekaligus miliarder Chris Larsen menyumbang hampir USD 9,9 juta atau sekitar Rp 154,02 miliar (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.558) untuk Future Forward mendatang.

Ini selain lebih dari USD 800.000 atau sekitar Rp 12,44 miliar untuk Harris Victory Fund, menurut data FEC yang dihimpun oleh analis pasar kripto dan blockchain Breadcrumbs James Delmore dan diverifikasi secara independen oleh CNBC.

Termasuk sumbangan Larsen pada Agustus senilai USD 1 juta dalam bentuk token XRP, miliarder tersebut telah memberikan lebih dari USD 11,8 juta kepada PAC yang mendukung kampanye Kamala Harris, Langkah ini berhasil menjadikannya salah satu donatur individu terbesar di industri kripto pada siklus ini. Dilansir dari CNBC pada Selasa (22/10/2024).

Larsen, yang telah mendukung kandidat dari berbagai kubu selama beberapa tahun terakhir, mengatakan kepada CNBC dalam sebuah wawancara bahwa tingkat kenyamanannya dengan Harris berasal dari percakapan yang dilakukannya dengan orang-orang di dalam kampanye dan apa yang dilihatnya dari wakil presiden tersebut sejak dia menggantikan Presiden Joe Biden di puncak klasemen pada Juli.

Pemberian dari Larsen kepada calon dari Partai Demokrat ini bukanlah hal yang baru. Pada Februari, dia memberikan sumbangan pribadi maksimum sebesar USD 6.600 atau Rp 102,6 juta kepada Harris (yang akan mencakup pemilihan pendahuluan dan pemilihan umum), sekitar lima bulan sebelum dia menjadi calon presiden dari Partai Demokrat, menurut dokumen Komisi Pemilihan Umum Federal. Pada saat yang sama, dia menyumbang USD 100.000 atau Rp 1,5 miliar kepada Harris Action Fund PAC. 

 

2 dari 4 halaman

Chris Larsen Miliki Kekayaan yang Fantastis

Menurut Forbes, Larsen memiliki kekayaan bersih sebesar USD 3,1 miliar. Kekayaannya ini berasal dari kepemilikannya atas XRP dan keterlibatannya dalam Ripple yang menyediakan teknologi blockchain untuk perusahaan jasa keuangan.

Dia merupakan bagian dari industri yang tiba-tiba menjadi terkenal dalam penggalangan dana politik, meskipun lebih banyak mendukung Partai Republik. Hampir setengah dari semua uang perusahaan yang mengalir ke pemilihan umum berasal dari industri kripto, menurut laporan terbaru dari kelompok pengawas nirlaba Public Citizen.

Fairshake, yang merupakan salah satu PAC dengan pengeluaran tertinggi tahun ini, menargetkan pemilihan DPR yang ketat. Komite tersebut memberikan hampir USD 29 juta pada September.

Dari jumlah tersebut, USD 20 juta diberikan kepada dua PAC yang berafiliasi. Jumlah ini terdiri dari USD 15 juta untuk Defend American Jobs PAC, sebuah komite dengan satu isu yang berfokus pada kebijakan mata uang kripto dan blockchain yang menguntungkan Partai Republik, dan USD 5 juta untuk Protect Progress, yang hanya mendukung Partai Demokrat.

Beberapa dari pemilihan tersebut dianggap sebagai undian oleh Cook Political Report. Di antara penerimanya adalah David G. Valadao dan Michael Garcia dari Partai Republik California Selatan, yang bersaing ketat untuk mempertahankan kursi mereka. Mereka masing-masing telah menerima sebesar USD 1,3 juta dan USD 1 juta.

Untuk siklus 2024, sumbangan politik dari atau yang mendukung industri kripto mencapai sekitar USD 190 juta dan sejauh ini, kelompok kripto telah menghabiskan lebih dari USD 130 juta dari uang tunai tersebut dalam pemilihan kongres untuk pemilihan tahun ini, termasuk pemilihan pendahuluan.

3 dari 4 halaman

Kamala Harris Bakal Terima Sumbangan Kripto

Sebelumnya, Kepala Keuangan Coinbase, Alesia Haas, mengatakan wakil presiden AS dan calon presiden dari Partai Demokrat, Kamala Harris akan menggunakan platform Commerce milik perusahaan tersebut untuk menerima donasi kripto.

Haas dapat mengonfirmasi bahwa Future Forward telah bergabung dengan Coinbase Commerce. Future Forward mengidentifikasi dirinya sebagai super komite aksi politik (PAC) resmi Kamala Harris.

Haas membuat klaim tersebut dalam percakapan dengan direktur pembayaran Citigroup, Peter Christiansen, di Konferensi TMT Global 2024 Citi di New York. Klaim tersebut mengikuti laporan oleh The Block Coinbase sedang berbicara dengan tim kampanye Harris. Tim kampanye Harris belum membalas permintaan komentar.

Di bawah Presiden Joe Biden, Partai Demokrat sebagian besar kurang mendukung kripto dibandingkan Partai Republik. Namun, upaya lobi baru-baru ini dapat mengubah hal tersebut.

“Dia menerima donasi kripto. Dia menggunakan Coinbase Commerce sekarang untuk menerima kripto untuk kampanyenya sendiri," kata Haas dikutip dari Yahoo Finance, Kamis (5/9/2024).

Kelompok advokasi Crypto4Harris mengatakan mereka tidak mengetahui Harris menerima kripto, dan situs penggalangan dana resmi Harris saat ini tidak menunjukkan integrasi tersebut.

Pada Juni, sebuah PAC super, Future Forward mengumumkan telah mengumpulkan USD 50 juta untuk mendukung Harris.

4 dari 4 halaman

Usai Debat Lawan Donald Trump, Kamala Harris Dapat Guyuran USD 47 Juta

Sebelumnya, Calon Presiden Amerika Serikat (AS) yang diusung Partai Demokrat Kamala Harris mengumpulkan uang kurang lebih USD 47 juta atau Rp 723,97 miliar (kurs Rp 15.403 per dolar AS), dalam 24 jam. Dana tersebut terkumpul setelah Kamala Harris menjalani debat dengan Calon Presiden AS dari Partai Republik Donald Trump pada Selasa 10 September 2024.

Dana ini merupakan sumbangan dari berbagai donatur yang akan digunakan untuk kampanye. Hal ini diungkap oleh juru bicara tim kampanye Kamala Harris.

Dikutip dari CNBC, Jumat (13/9/2024), sumbangan yang sangat besar tersebut merupakan dorongan lain bagi operasi penggalangan dana Harris, yang telah menjadi raksasa sejak Presiden Joe Biden keluar dari persaingan dan mendukungnya sebagai presiden pada bulan Juli.

Jumlah USD 47 juta tersebut berasal dari hampir 600.000 donatur individu yang berkontribusi pada salah satu dari beberapa komite kampanye dan PAC yang mendukung pasangan Harris dan pasangannya, Tim Walz, kata tim kampanye tersebut.

Harris secara luas dianggap sebagai pemenang debat tersebut, yang diadakan di Philadelphia dan diselenggarakan oleh ABC News.

Ahli strategi Demokrat maupun Republik dan pejabat terpilih sepakat bahwa Trump membiarkan dirinya terguncang oleh gaya konfrontatif Harris dan beberapa contoh di mana moderator ABC News memeriksa fakta-faktanya secara langsung.

Angka penggalangan dana Harris terbaru menandai pukulan terbaru bagi tim kampanye Trump, yang telah tertinggal dari Harris dalam permainan penggalangan dana.

Operasi politik Harris baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka berhasil mengumpulkan USD 361 juta pada bulan Agustus, lebih dari dua kali lipat dari USD 130 juta yang dikumpulkan tim Trump pada bulan yang sama.

Berita tentang perolehan USD 47 juta Harris pertama kali dilaporkan oleh The New York Times.

Â