Sukses

Profil Mari Elka Pangestu, Mantan Direktur Bank Dunia Kini Jabat Utusan Khusus Presiden Bidang Perdagangan

Berikut profil singkat Utusan Khusus Presiden Bidang Perdagangan dan Kerjasama Multilateral Mari Elka Pangestu.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto telah melantik tujuh utusan khusus presiden periode 2024-2029 pada Selasa, (22/10/2024). Dari tujuh utusan itu, ada empat utusan khusus presiden yang berkaitan dengan urusan ekonomi.

Empat utusan khusus itu antara lain Utusan Khusus Presiden Bidang Ketahanan Pangan Muhamad Mardiono, Utusan Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Perbankan Setiawan Ichlas. Selain itu, Utusan Khusus Presiden Bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Ekonomi Kreatif, dan Digital Ahmad Ridha Sabana serta Utusan Khusus Presiden Bidang Perdagangan dan Kerjasama Multilateral Mari Elka Pangestu.

Pelantikan tujuh utusan khusus presiden itu berdasarkan  keputusan presiden (Keppres) Nomor 76/M tentang Pengangkatan Utusan Khusus Presiden RI periode 2024-2029. Prabowo lalu memimpin pengucapan sumpah jabatan yang diikuti oleh tujuh Utusan Khusus Presiden.

Salah satu yang sita perhatian yakni Utusan Khusus Presiden Bidang Perdagangan dan Kerjasama Multilateral Mari Elka Pangestu. Bahkan nama Mari Elka Pangestu masuk dalam google tren pada Selasa pekan ini.

Menarik untuk diketahui profil Mari Elka Pangestu yang pernah menjabat sebagai Managing Director of Development Policy and Partnerships di Bank Dunia hingga Maret 2023.

Mengutip Antara, Selasa, 22 Oktober 2024, perempuan kelahiran 23 Oktober 1956 ini pernah menduduki posisi penting di pemerintahan dan akademik.

Mari Elka Pangestu pernah menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2011-2014 menggantikan Jero Wacik. Ia juga pernah menduduki posisi sebagai Menteri Perdagangan periode 2004-2011.

Pada periode yang sama, Mari Elka juga pernah menjadi Menteri Negara Koperasi dan UKM Indonesia Ad-Interim pada 1 Oktober 2008-20 Oktober 2009.

 

2 dari 4 halaman

Latar Belakang Pendidikan

Mengutip laman wri-indonesia.org, di dunia akademik, ia menjabat sebagai professor di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.  Di Prasetya Mulya, ia juga menjabat sebagai Ketua Senat Universitas Prasetya Mulya. Ia juga memiliki posisi Profesor George Ball dalam urusan internasional di Universitas Columbia pada Musim Gugur 2015.

Adapun Mari Elka menempuh pendidikan di Australian National University dan mendapatkan gelar Bachelor dan Master of Economics. Selanjutnya Mari mendapatkan gelar Doktor dari Universitas California, Davis. Mari juga mendapatkan gelar Ph.D dalam bidang perdagangan internasional, keuangan dan ekonomi moneter di Amerika Serikat.

Mari Elka juga aktif dalam berbagai forum perdagangan antara lain Dewan Kerja Sama Ekonomi Pasifik atau Pacific Economic Cooperation Council (PECC) dan Centre for Strategic and International Studies (CSIS).

3 dari 4 halaman

Ini 4 Utusan Khusus Presiden Prabowo Urus Ekonomi, Siapa Saja?

Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto melantik tujuh utusan khusus presiden periode 2024-2029 di Istana Negara Jakarta, Selasa (22/10/2024). Mulai, ada artis sekaligus presenter, Raffi Ahmad hingga pendakwah, Gus Miftah.

Namun ada 4 utusan khusus Presiden yang terkait dengan urusan ekonomi. Keempat utusan khusus tersebut Utusan Khusus Presiden Bidang Ketahanan Pangan Muhamad Mardiono, Utusan Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Perbankan Setiawan Ichlas.

Kemudian, Utusan Khusus Presiden Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Ekonomi Kreatif dan Digital Ahmad Ridha Sabana dan Utusan Khusus Presiden Bidang Perdagangan dan Kerjasama Multilateral Mari Elka Pangestu.

Pelantikan tersebut berdasarkan keputusan presiden (Keppres) Nomor 76/M tentang Pengangkatan Utusan Khusus Presiden RI periode 2024-2029. Prabowo lalu memimpin pengucapan sumpah jabatan yang diikuti oleh tujuh Utusan Khusus Presiden.

Adapun Raffi Ahmad ditugaskan menjadi Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni. Sementara itu, Gus Miftah dilantik menjadi Utusan Khusus Presiden Bidang Kerukunan Beragama dan Pembinaan Sarana Keagamaan.

Ketujuh Utusan Khusus Presiden itu berjanji akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan baik. Mereka juga berjanji akan menjunjung tinggi etika jabatan.

"Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ucap para tokoh yang dilantik di depan Prabowo.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," sambung para tokoh.

4 dari 4 halaman

Berikut Daftar Lengkap Utusan Khusus Presiden Periode 2024-2029

1.     Utusan Khusus Presiden Bidang Ketahanan Pangan, Muhamad Mardiono

2.     Utusan Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Perbankan, Setiawan Ichlas

3.     Utusan Khusus Presiden Bidang Kerukunan Beragama dan Pembinaan Sarana Keagamaan, Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah

4.     Utusan Khusus Presiden Bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni, Raffi Farid Ahmad

5.     Utusan Khusus Presiden Bidang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Ekonomi Kreatif dan Digital Ahmad Ridha Sabana

6.     Utusan Khusus Presiden Bidang Perdagangan dan Kerjasama Multilateral, Mari Elka Pangestu

7.     Utusan Khusus Presiden Bidang Pariwisata, Zita Anjani

Video Terkini