Sukses

Anti Boros! Ini 5 Tips Mengatur Keuangan dengan Baik untuk Para Pemula

Salah satu kunci utama yang perlu kamu pahami dalam pengaturan finansial yang sehat sehingga kamu bisa menghindari pemborosan.

Liputan6.com, Jakarta Mengatur keuangan dengan baik merupakan hal penting untuk bisa menciptakan pondasi finansial yang kuat di masa depan. Siapa yang tak mau mencapai kestabilan finansial? Pastinya ini menjadi harapan bagi banyak orang, termasuk juga bagi anak muda, seperti generasi milenial hingga gen Z.

Mungkin ada sebagian dari kamu yang masih merasa kesulitan dalam mencapai financial goal atau tujuan keuangan dalam jangka pendek maupun panjang. Tenang, salah satu kunci utama yang perlu kamu pahami dalam pengelolaan finansial yang sehat sehingga kamu bisa menghindari pemborosan.

Ada berbagai kiat dan cara mengatur keuangan yang mudah untuk dilakukan, mulai dari mengalokasian pendapatan secara tepat, mengantisipasi pengeluaran tak terduga hingga berbelanja dengan bijak. Agar lebih jelas, yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel ini!    

Cara Mengatur Keuangan yang Mudah Bagi Anak Muda 

Mungkin beberapa anak muda ada yang menemukan kesulitan dalam menjaga kestabilan keuangan, namun kamu tidak perlu pusing lagi. Dengan mempelajari manajemen keuangan yang benar, kamu bisa kok mengatur pendapatan bulanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus menabungnya untuk masa depan.

Berikut ini beberapa cara mengatur keuangan secara efektif yang bisa kamu terapkan:    

1. Mengalokasikan Budget untuk Pengeluaran Bulanan

Agar kamu bisa lebih mudah mengontrol pengeluaran, pastikan untuk mengalokasikan budget tersendiri dari hasil pendapatan agar bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya, untuk belanja kebutuhan pokok dan bahan makanan, biaya transportasi, dan kebutuhan lainnya. Dengan cara ini, kamu pun bisa memastikan bahwa biaya yang dikeluarkan tidak melebihi anggaran pengeluaran yang kamu tentukan.

Selain itu, mulailah untuk menjadwalkan pembayaran pada tanggal yang sama setiap bulannya untuk berbagai kebutuhan yang bersifat rutin, seperti tagihan air, biaya internet dan listrik, tagihan pulsa, dan sebagainya. Jadi, kamu bisa mengontrol pengeluaranmu untuk memenuhi kebutuhan yang prioritas terlebih dahulu. Kamu juga bisa mulai untuk mencatat setiap pengeluaran dalam setiap bulan. Tujuannya agar kamu bisa mengidentifikasi alokasi budget itu paling banyak digunakan untuk keperluan atau area apa saja.      

2. Menyisihkan Uang untuk Menabung dan Berinvestasi

Menabung dan berinvestasi adalah salah satu cara mengatur keuangan yang bisa kamu aplikasikan untuk kebutuhan jangka panjang. Pastikan untuk menyisihkan sebagian uang dari penghasilanmu untuk ditabung atau dijadikan modal investasi agar masa depan finansialmu menjadi lebih baik dan stabil.    

3. Menyiapkan Dana Darurat

Mungkin masih banyak anak muda yang belum paham betapa pentingnya dana darurat. Padahal, dana darurat bisa menjaga keamanan finansialmu. Oleh karena itu, pastikan untuk menyisihkan sebagian gajimu sebagai dana darurat yang mampu menutupi biaya hidup selama tiga sampai enam bulan. Jadi, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan membutuhkan banyak pengeluaran, kamu sudah memiliki cadangan dana yang bisa digunakan.    

4. Belanja dengan Bijak

Selain itu, agar kamu bisa mencapai tujuan finansial dengan mudah, mulailah untuk lebih bijak dalam berbelanja. Pastikan untuk membeli barang hanya yang sesuai dengan kemampuan. Tentukan apa saja yang merupakan kebutuhanmu atau hanya sekedar keinginan saja. Luangkanlah waktu untuk menghitung dan menetapkan anggaran belanja setiap bulannya.

Dengan cara ini, kamu bisa menghindari keinginan belanja impulsif sehingga kamu tidak akan lagi menghabiskan banyak uang untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Uang tersebut bisa kamu simpan untuk hal lain yang lebih berguna dan prioritas. Selain itu saat berbelanja, mulailah sering-sering mencari promo dan penawaran terbaik karena akan lebih menguntungkan, misalnya promo diskon, cashback belanja, buy 1 get 1, dan lainnya.      

5. Mengantisipasi Keperluan Mendesak

Pastinya kamu pernah dihadapkan dengan kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi, namun kamu tidak ingin mengganggu budget pengeluaran bulanan.

Nah, salah satu solusi tepat yang bisa dilakukan yakni dengan memanfaatkan paylater. Metode pembayaran beli sekarang bayar nanti ini bisa membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan mendadak yang tak terduga, sekaligus menjaga kesehatan finansial. Dengan menggunakan paylater, kamu bisa mencicil pembayaran setiap bulannya sesuai dengan kebutuhanmu.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika tabungan atau gajimu langsung habis terpakai. Tapi, pastikan untuk selalu memperhatikan limit maksimal cicilan paylater agar tidak melebihi pendapatanmu ya! Selain itu, jangan lupa juga untuk membayar tagihan tepat waktu dan bijak dalam memilih penyedia layanan paylater sehingga kamu pun bisa memiliki skor kredit yang baik.

Lantas, apa sebenarnya manfaat dari skor kredit yang baik dalam pengelolaan finansial? Simak informasi berikut yuk!

2 dari 2 halaman

Manfaat Skor Kredit yang Baik dalam Mengatur Keuangan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu cara mengatur keuangan adalah mengantisipasi adanya kebutuhan mendesak dan memanfaatkan paylater alias metode pembayaran Beli Sekarang Bayar Nanti. Namun perlu diingat, menggunakan paylater harus dibarengi dengan tanggung jawab dan komitmen untuk selalu membayar tepat waktu, agar bisa memelihara skor kredit tetap baik.

Lalu apa itu skor kredit? Jadi skor kredit adalah angka numerik yang mencerminkan seberapa baik kamu mengatur kredit dan utang. Semakin tinggi skor kredit, semakin baik pula persepsi lembaga keuangan terhadap kredibilitas kamu sebagai peminjam.

Skor kredit yang baik sangat penting dan berdampak pada kemampuan kamu para anak muda untuk mendapatkan pinjaman di masa mendatang, tidak hanya dengan bank, tetapi di seluruh platform pemberi pinjaman. Jika memiliki skor kredit yang baik, kamu akan lebih leluasa mengatur rencana keuangan jangka panjang.

Misalnya saja membeli rumah, membeli mobil, mendapatkan pinjaman dengan bunga lebih rendah, mendapat tawaran kartu kredit yang lebih menguntungkan, hingga memanfaatkan kredit untuk modal usaha, semua itu bisa lebih mudah kamu lakukan jika memiliki skor kredit yang baik. Dengan kata lain, menjaga riwayat kredit atau skor kredit yang baik bagi anak muda, bukan hanya tentang mengatur keuangan di masa kini, tetapi juga tentang membuka peluang finansial kamu di masa depan.

Nah, penyedia layanan paylater yang bisa membantu kamu mengatur keuangan serta menjaga riwayat kredit atau skor kredit yang baik adalah SPayLater. Salah satu keunggulan utama SPayLater untuk mengelola keuangan adalah kemudahan dalam mengelola cicilan, karena SPayLater memiliki struktur pembayaran yang jelas dan memberikan pengguna fleksibilitas dalam memilih tenor cicilan. SPayLater juga akan memberikan notifikasi pengingat terkait waktu jatuh tempo pembayaran, yang bisa membantu kamu menghindari keterlambatan pembayaran.

Tidak hanya itu, SPayLater juga menawarkan berbagai promo mulai dari potongan harga hingga kesempatan memenangkan hadiah menarik. Khusus di periode 17 September hingga 17 November 2024, kamu bisa menikmati cicilan 0% hingga 6 bulan di SPayLater. Selain itu, keuntungan bertransaksi dengan SPayLater adalah bebas biaya penanganan.

Sekarang jadi lebih paham kan cara mengatur keuangan dan pentingnya memiliki skor kredit yang baik? Kamu bisa memanfaatkan metode pembayaran paylater sebagai salah satu cara mengatur keuangan, tentu dengan tanggung jawab untuk selalu membayar tepat waktu.

Yuk, segera mengatur keuangan kamu dengan bijak sejak dini untuk meraih kestabilan finansial yang kamu impikan selama ini!

 

(*)

Video Terkini