Sukses

Banyak Uang Bisa Bikin Kamu Bahagia, Bahkan Jika Sekarang Sudah Kaya!

Sebuah penelitian terbaru dari seorang peneliti di Wharton School, Universitas Pennsylvania, Matthew Killingsworth, mengungkap bahwa memiliki lebih banyak uang memang bisa membuat seseorang lebih bahagia bahkan bagi mereka yang sudah kaya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian terbaru dari seorang ilmuwan di Wharton School, Universitas Pennsylvania, Amerika Serinag (AS), Matthew Killingsworth, mengungkap bahwa memiliki lebih banyak uang memang bisa membuat seseorang lebih bahagia bahkan bagi mereka yang sudah kaya sekalipun. 

Penelitian ini memperkuat temuan sebelumnya, menunjukkan bahwa semakin tinggi penghasilan seseorang, semakin tinggi juga tingkat kebahagiaannya.

“Hubungan ini sangat sistematis, sepertinya tidak ada titik di mana uang berhenti menjadi hal penting,” kata Killingsworth, dikutip dari CNBC pada Selasa (22/10/2024).

Killingsworth menemukan bahwa dampak uang terhadap kebahagiaan terasa sama di semua tingkat pendapatan. Artinya, baik seseorang yang berpenghasilan USD 50.000 maupun USD 200.000 setahun akan mengalami peningkatan kebahagiaan yang hampir sama jika gaji mereka naik 20%. 

Namun, orang dengan penghasilan rendah mungkin merasakan perubahan yang lebih nyata.

“Mereka bisa beralih dari hidup pas-pasan menjadi punya uang untuk ditabung setiap bulan,” jelas Killingsworth.

Sedangkan, bagi orang yang berpenghasilan tinggi, kenaikan gaji mungkin hanya akan meningkatkan pengalaman hidup yang sudah mereka nikmati. 

Meskipun uang memengaruhi kebahagiaan, Killingsworth menekankan bahwa ada banyak faktor lain yang juga berperan.

“Uang hanyalah salah satu dari banyak variabel dalam persamaan kebahagiaan, dan tidak ada satu variabel pun yang dominan,” Tambahnya. 

Dia menyarankan setiap orang untuk memiliki apa yang disebutnya “portofolio kebahagiaan” kombinasi dari berbagai aspek penting dalam hidup, seperti rumah, hubungan, dan karier. 

 

2 dari 2 halaman

Cara Mendapatkan Uang adalah Hal Penting

Killingsworth mengingatkan bahwa meskipun mendapatkan lebih banyak uang memberi kita kendali dan kebebasan, cara mendapatkan uang itu juga penting.

Jika mengejar gaji tinggi membuat anda harus mengorbankan waktu bersama keluarga atau hobi, ada kemungkinan besar uang itu tidak akan membuat Anda bahagia. 

“Pada akhirnya, ini bukan tentang apa yang anda beli atau berapa banyak yang anda belanjakan, tetapi tentang mampu menjalani kehidupan yang anda inginkan,” ujar Killingsworth. 

Dia menyarankan agar orang mencari keseimbangan. “Bagaimana anda bisa memaksimalkan penghasilan sambil tetap melakukan sesuatu yang anda sukai?” tanyanya.

Jika pekerjaan anda menawarkan peluang untuk berkembang, mungkin bekerja beberapa jam ekstra seminggu bisa sepadan demi mendapatkan gaji lebih tinggi dan hidup lebih memuaskan. 

Namun, dia juga mengingatkan agar tidak memilih karier hanya karena gajinya tinggi. Jika anda tidak merasa bahagia dengan pekerjaan tersebut, uang mungkin tidak akan bisa memberikan kebahagiaan yang anda cari.

  • Uang adalah alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya.

    Uang

  • Ekonomi adalah ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan.

    ekonomi

  • kaya