Sukses

Elon Musk vs Mukesh Ambani, Siapa yang Akan Kuasai Internet Satelit di India?

Miliarder Elon Musk dan Mukesh Ambani berkompetisi di pasar internet satelit India. Dua miliarder ini menawarkan model yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan antara dua orang terkaya di dunia, Elon Musk dan Mukesh Ambani, semakin memanas saat mereka bersiap bersaing di pasar internet satelit India.

Setelah pemerintah India mengumumkan minggu lalu spektrum satelit untuk broadband akan dialokasikan secara administratif daripada melalui lelang, persaingan ini semakin sengit.

Dikutip melalui BBC, Rabu (23/10/2024), Elon Musk sebelumnya mengkritik model lelang yang didukung oleh Mukesh Ambani. Internet satelit memberikan akses internet di mana saja dalam cakupan satelit.

Hal ini menjadikannya pilihan yang andal untuk daerah terpencil atau pedesaan di mana layanan tradisional seperti DSL (koneksi yang menggunakan saluran telepon untuk mentransmisikan data) atau kabel tidak tersedia. Ini juga membantu menjembatani kesenjangan digital di daerah sulit dijangkau.

Regulator telekomunikasi India belum mengumumkan harga spektrum, dan layanan internet satelit komersial masih belum dimulai. Namun, jumlah pelanggan internet satelit di India diproyeksikan mencapai dua juta pada 2025, menurut lembaga pemeringkat kredit ICRA.

Pasar ini sangat kompetitif, dengan sekitar setengah lusin pemain utama, dipimpin oleh Reliance Jio milik Mukesh Ambani. Setelah menginvestasikan miliaran dalam lelang frekuensi untuk mendominasi sektor telekomunikasi, Jio kini bermitra dengan SES Astra yang berbasis di Luksemburg, operator satelit terkemuka.

Berbeda dengan Starlink milik Musk, yang menggunakan satelit orbit rendah (LEO) yang ditempatkan antara 160 dan 1.000 km dari permukaan Bumi untuk layanan yang lebih cepat, SES mengoperasikan satelit di orbit menengah (MEO) pada ketinggian yang jauh lebih tinggi, menawarkan sistem yang lebih hemat biaya.

2 dari 5 halaman

Persaingan Musk dan Ambani Memanas di Pasar Internet Satelit India

Penerima menerima sinyal satelit dan memprosesnya menjadi data internet. Starlink milik Musk memiliki 6.419 satelit di orbit dan empat juta pelanggan di lebih dari 100 negara. Musk telah berusaha meluncurkan layanan di India sejak 2021, tetapi hambatan regulasi menyebabkan penundaan.

Jika perusahaannya berhasil masuk ke India kali ini, hal itu akan mendorong upaya Perdana Menteri Narendra Modi untuk menarik investasi asing, kata banyak orang. Ini juga akan mendukung upaya pemerintahnya untuk memperkuat citranya sebagai pro-bisnis, melawan klaim bahwa kebijakannya menguntungkan pengusaha top India seperti Ambani.

Meskipun lelang telah terbukti menguntungkan bagi pemerintah di masa lalu, pemerintah India membela keputusannya untuk mengalokasikan spektrum satelit secara administratif kali ini, dengan alasan bahwa ini sejalan dengan norma internasional.

Spektrum satelit tidak biasanya dialokasikan melalui lelang karena biaya yang terlibat dapat memengaruhi logika keuangan atau investasi bisnis, kata Gareth Owen, analis teknologi di Counterpoint Research. Sebaliknya, alokasi administratif akan memastikan spektrum didistribusikan secara adil di antara pemain "terkualifikasi", memberi Starlink kesempatan untuk bersaing.

3 dari 5 halaman

Reliance Desak Lelang Spektrum Satelit demi Persaingan Sehat di Pasar India

Namun, Reliance milik Ambani mengatakan lelang diperlukan untuk memastikan persaingan yang sehat, mengingat kurangnya ketentuan hukum yang jelas di India tentang bagaimana layanan internet satelit dapat ditawarkan langsung kepada masyarakat.

Dalam surat yang ditulis kepada regulator telekomunikasi pada awal Oktober, yang dilihat oleh BBC, Reliance berulang kali mendesak terciptanya "lapangan bermain yang setara antara layanan berbasis satelit dan akses terestrial".

Perusahaan itu juga mengatakan bahwa "kemajuan terbaru dalam teknologi satelit... telah secara signifikan mengaburkan batas antara jaringan satelit dan terestrial", serta bahwa "layanan berbasis satelit tidak lagi terbatas pada wilayah yang belum terlayani oleh jaringan terestrial". 

Salah satu surat menyebutkan bahwa penetapan spektrum dilakukan melalui lelang di bawah undang-undang telekomunikasi India, dengan alokasi administratif hanya diperbolehkan dalam kasus "kepentingan publik, fungsi pemerintah, atau alasan teknis atau ekonomi yang mencegah lelang."

Di X (dulu Twitter), Musk menunjukkan bahwa spektrum "telah lama ditetapkan oleh ITU sebagai spektrum bersama untuk satelit". International Telecommunication Union (ITU), sebuah badan PBB untuk teknologi digital, menetapkan regulasi global, dan India adalah anggota serta penandatangan.

 

4 dari 5 halaman

Ambani dan Mittal Bersatu Hadapi Starlink di Tengah Perebutan Pasar Internet Satelit India

Ketika kantor berita Reuters melaporkan bahwa Mukesh Ambani sedang melobi pemerintah untuk mempertimbangkan kembali posisinya, Musk menanggapi sebuah unggahan di X, mengatakan: "Saya akan menelpon Mr. Ambani dan bertanya apakah tidak terlalu merepotkan untuk membiarkan Starlink bersaing menyediakan layanan internet kepada masyarakat India."

Penolakan Ambani terhadap metode penetapan harga administratif mungkin berasal dari keuntungan strategis, kata Owen. Taipan itu bisa jadi “siap mengalahkan tawaran Musk”, menggunakan lelang untuk secara potensial mengeluarkan Starlink dari pasar India, tambahnya.

Namun, bukan hanya Ambani yang mendukung rute lelang.nSunil Mittal, ketua Bharti Airtel, mengatakan bahwa perusahaan yang bertujuan untuk melayani pelanggan perkotaan kelas atas seharusnya “mengambil lisensi telekomunikasi dan membeli spektrum seperti yang lainnya”.

Mittal - operator nirkabel terbesar kedua di India - bersama dengan Ambani, mengendalikan 80% pasar telekomunikasi negara itu. Penolakan ini adalah “langkah defensif yang bertujuan menaikkan biaya untuk pemain internasional yang dianggap sebagai ancaman jangka panjang," ujar Mahesh Uppal, pakar telekomunikasi.

Yang diperebutkan jelas adalah janji pasar India yang luas. Hampir 40% dari 1,4 miliar penduduk India masih belum memiliki akses internet, dengan sebagian besar kasus terjadi di daerah pedesaan, menurut EY-Parthenon, perusahaan konsultan.

 

5 dari 5 halaman

Perang Harga Tak Terhindarkan: Elon Musk Tantang Ambani di Pasar Internet Satelit India

Sebagai perbandingan, China memiliki hampir 1,09 miliar pengguna internet, hampir 340 juta lebih banyak dari 751 juta pengguna India, menurut DataReportal, yang melacak tren online global.

Tingkat adopsi internet di India masih tertinggal dari rata-rata global sebesar 66,2%, tetapi studi terbaru menunjukkan bahwa negara ini semakin memperkecil kesenjangan tersebut.

Penetapan harga akan sangat penting di India, di mana data seluler termasuk yang termurah di dunia - hanya 12 sen per gigabyte, menurut Modi.

"Perang harga dengan operator India tidak terhindarkan. Musk memiliki modal besar. Tidak ada alasan mengapa dia tidak dapat menawarkan layanan gratis selama setahun di [beberapa] tempat untuk mendapatkan pijakan di pasar domestik," kata Prasanto K Roy, analis teknologi.

Starlink telah memangkas harga di Kenya dan Afrika Selatan. Namun, hal ini mungkin tidak mudah. Dalam laporan 2023, EY-Parthenon mencatat bahwa biaya Starlink yang lebih tinggi - hampir 10 kali lipat dari penyedia broadband utama India - dapat menyulitkan untuk bersaing tanpa subsidi pemerintah.

Musk mungkin memiliki keuntungan sebagai penggerak awal, tetapi "pasar satelit terkenal lambat berkembang". Pertarungan antara dua orang terkaya di dunia dalam persaingan internet luar angkasa benar-benar telah dimulai.

 

Video Terkini