Sukses

BKN Siapkan Tilok SKD Luar Negeri Bagi Pelamar CPNS 2024, Jangan Lupa Bawa Paspor!

BKN menginformasikan kepada para pelamar CPNS 2024 bahwa pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) di titik lokasi (Tilok) luar negeri telah dimulai.

Liputan6.com, Jakarta Badan Kepegawaian Negara (BKN) menginformasikan kepada para pelamar CPNS 2024 bahwa pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS 2024 di titik lokasi (Tilok) luar negeri telah dimulai.  

"Atmosfir kompetisi SKD bagi pelamar #SeleksiCPNS2024 di Tilok Luar Negeri dimulai hari ini. Apakah #SobatBKN salah satunya?, Jangan lupa live score khusus tilok LN dapat dipantau di youtube official CAT BKN,’’ Dikutip dari laman akun instagram resmi BKN, @bkngoidofficial pada Rabu (23/10/2024). 

Beriringan dengan jadwal SKD sejak 16 Oktober di seluruh wilayah Indonesia, pelaksanaan SKD di luar negeri dimulai pada 22 Oktober. Untuk mendukung pelaksaan SKD di luar negeri, BKN telah menyiapkan 39 tilok yang tersebar pada berbagai negara di benua Asia, Amerika hingga Eropa.

BKN menyampaikan bahwa terdapat 1.190 pelamar yang mengikuti SKD di Tilok luar negeri. Diantara para pelamar tersebut, terdapat 36 memilih untuk menggunkan skor SKD pada periode sebelumnya. Adapun ribuan peserta ini berasal dari 172 instansi yang membuka formasi CPNS tahun ini.

waktu pelaksanaan SKD di Tilok luar negeri dibagi berdasarkan 3 zona waktu dengan estimasi sebagai berikut:

  • Zona 1 Pukul 9.00 WIB,
  • Zona 2 Pukul 14.00 WIB, dan
  • Zona 3 Pukul 21.00 WIB.  

Adapun untuk waktu pelaksanaan tes tersebut disesuaikan dengan konversi waktu di Tilok luar negeri.

Sama halnya seperti di Indonesia, syarat mengikuti SKD di Tilok Luar Negeri yaitu dengan membawa kelengkapan data identitas diri seperti KTP dan Kartu Peserta dan ditambah dengan membawa passpor.

 

2 dari 3 halaman

Cara Lihat Live Skor SKD CPNS 2024 dan Daftar Link Lengkapnya

Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 kini semakin mudah dipantau oleh masyarakat. Salah satu tahapan penting dalam seleksi CPNS adalah Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), di mana nilai hasil ujian ini bisa disaksikan secara langsung dan real-time oleh publik. 

Upaya ini menjadi bentuk nyata komitmen BKN dalam menjaga transparansi dalam proses seleksi CPNS, sehingga seluruh pihak dapat memantau jalannya ujian, hasil yang diperoleh, hingga proses seleksi tersebut selesai.

Dikutip Jum’at (18/10/2024), penayangan live score SKD CPNS 2024 dapat diakses melalui berbagai kanal YouTube resmi BKN di masing-masing wilayah regional. 

Terdapat beberapa link YouTube yang bisa diakses sesuai dengan wilayah kerja Kantor Regional BKN yang tersebar di berbagai daerah, mulai dari Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, hingga Papua.

Pengguna cukup mengikuti tautan yang disediakan oleh BKN untuk melihat langsung nilai hasil ujian SKD CPNS yang sedang berlangsung. Berikut cara lihat live skor SKD 2024.

3 dari 3 halaman

Cara Lihat Live Skor SKD 2024

1. Buka YouTube

   Langkah pertama, buka aplikasi atau situs YouTube melalui perangkat Anda.

2. Cari dengan Kata Kunci

   Di kolom pencarian YouTube, ketik kata kunci seperti "live score skd cpns 2024", "live score skd”, atau "live score cpns". Ini akan membantu menemukan siaran langsung yang menampilkan live score SKD CPNS.

3. Pilih Opsi "Live" 

   Setelah hasil pencarian muncul, klik tombol "All", "Short", atau "Videos" di menu bar. Pastikan Anda memilih bagian "Live" untuk menampilkan video yang sedang tayang secara langsung.

4. Pilih Instansi Tujuan

   YouTube akan menampilkan berbagai instansi yang sedang menayangkan live score SKD CPNS. Pilihlah instansi yang ingin Anda pantau nilainya.