Sukses

Harga Minyak Dunia Tergelincir Imbas Peningkatan Pasokan di AS

Meski secara harian menurun, harga minyak berjangka tetap naik sekitar 2% minggu ini karena pedagang mempertimbangkan konflik yang masih berlangsung di Timur Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun pada hari Rabu setelah data menunjukkan persediaan minyak mentah AS meningkat lebih dari yang diperkirakan, meskipun aktivitas penyulingan minyak kembali meningkat.

Namun, harga minyak berjangka tetap naik sekitar 2% minggu ini karena pedagang mempertimbangkan konflik yang masih berlangsung di Timur Tengah.

Dikutip dari CNBC, kamis (24/10/2024), harga minyak mentah Brent turun USD 1,08 atau 1,42%, menjadi ditutup pada USD 74,96 per barel. Sementara itu, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 97 sen atau 1,35%, menjadi USD 70,77 per barel.

Sebelumnya, harga minyak naik selama dua sesi perdagangan sebelumnya, mengurangi kerugian lebih dari 7% yang terjadi minggu lalu.

Penurunan harga tersebut didorong oleh kekhawatiran mengenai permintaan dari China dan berkurangnya kekhawatiran terkait potensi gangguan pasokan minyak dari Timur Tengah. Namun, sentimen investor tampaknya berbalik pada awal minggu ini.

Di AS, persediaan minyak mentah meningkat sebesar 5,5 juta barel menjadi 426 juta barel pada pekan yang berakhir 18 Oktober, menurut laporan Energy Information Administration (EIA). Angka ini jauh melebihi ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters, yang memperkirakan kenaikan sebesar 270.000 barel.

"Penumpukan persediaan minyak mentah yang besar minggu ini menutupi penurunan minggu lalu. Banyak dari hal ini disebabkan oleh rebound impor minyak mentah, sebagian besar terkait dengan badai," kata Andrew Lipow, presiden Lipow Oil Associates, merujuk pada penurunan impor dan permintaan setelah Badai Milton.

Stok Minyak Naik

Seiring fasilitas penyulingan keluar dari pemeliharaan musim gugur, operasi penyulingan terus meningkat, yang mengakibatkan peningkatan persediaan bensin.

 

2 dari 2 halaman

Penguatan Dolar AS

Tekanan tambahan pada harga minyak datang dari kenaikan indeks dolar ke level tertingginya sejak akhir Juli. Penguatan mata uang AS dapat mengurangi permintaan minyak yang dihargakan dalam dolar dari pembeli yang menggunakan mata uang lain.

Dampak dari penumpukan persediaan minyak mentah terhadap harga agak tertutupi oleh kekhawatiran yang terus-menerus tentang risiko pasokan minyak akibat konflik di Timur Tengah.

"Pasar terus menunggu respons Israel terhadap serangan misil Iran," kata para analis dari ING pada hari Rabu, menambahkan bahwa penguatan harga pada hari Selasa mungkin disebabkan oleh kurangnya hasil dari kunjungan terakhir Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ke Israel.

Blinken pada hari Rabu mendorong penghentian pertempuran antara Israel dan kelompok militan Hamas serta Hezbollah, tetapi serangan udara besar-besaran Israel di kota pelabuhan Tyre, Lebanon, menunjukkan bahwa tidak ada tanda-tanda jeda.

"Para pelaku pasar memperkirakan konflik di Timur Tengah akan berlangsung lebih lama, dengan kesepakatan gencatan senjata berpotensi terhambat," ujar Yeap Jun Rong, ahli strategi pasar dari IG.