Sukses

5 Menteri Prabowo Paling Kaya, Hartanya Bikin Ngiler

Berikut adalah daftar menteri terkaya dalam kabinet Presiden Prabowo, berdasarkan data dari e-LHKPN.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Prabowo Subianto telah melantik 48 menteri yang akan membantu dalam memimpin Indonesia hingga 2029. Dari jumlah menteri Prabowo tersebut, banyak di antaranya merupakan menteri petahana yang sebelumnya telah menjabat di pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Salah satu hal menarik dari jajaran menteri Kabinet Merah Putih adalah profil harta kekayaan mereka. Berikut adalah daftar menteri terkaya dalam kabinet Presiden Prabowo, berdasarkan data dari e-LHKPN.

1. Sakti Wahyu Trenggono - Menteri Kelautan dan Perikanan

Sakti Wahyu Trenggono menempati posisi pertama sebagai menteri terkaya dalam Kabinet Merah Putih dengan kekayaan mencapai Rp2,6 triliun. Berdasarkan laporan harta kekayaannya yang disampaikan pada 26 Maret 2024, Sakti memiliki 48 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di berbagai lokasi seperti Bekasi, Sragen, Cianjur, Jakarta Selatan, Buleleng, Boyolali, Karanganyar, dan Sleman. Nilai keseluruhan tanah dan bangunan tersebut mencapai Rp91 miliar. Sakti juga dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses sebelum memasuki dunia pemerintahan.

2. Erick Thohir - Menteri BUMN

Erick Thohir, yang kembali menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), berada di posisi kedua dengan total kekayaan sebesar Rp2,3 triliun. Harta kekayaan tersebut dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 27 Maret 2024. Erick memiliki 34 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di berbagai wilayah, termasuk Depok, Bekasi, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Pasuruan, Bogor, Tangerang, dan Manggarai Barat. Nilai aset properti tersebut mencapai Rp419,6 miliar.

3. Rosan Perkasa Roeslani - Menteri Investasi

Menteri Investasi Rosan Roeslani menempati posisi ketiga dengan total kekayaan mencapai Rp860,7 miliar, berdasarkan laporan per 10 Juni 2024. Rosan memiliki 26 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Sumbawa, Manggarai, Lombok Barat, Denpasar, Klungkung, Badung, Jakarta Selatan, dan Jakarta Utara. Nilai properti yang dimiliki Rosan tercatat sebesar Rp511 miliar.

4. Airlangga Hartarto - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian

Airlangga Hartarto, yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, melaporkan kekayaannya senilai Rp411,6 miliar pada 26 Maret 2024. Airlangga memiliki tujuh bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta Selatan, Gianyar, Australia, dan Manado, dengan total nilai mencapai Rp107,8 miliar. Airlangga juga dikenal sebagai salah satu tokoh berpengaruh dalam perekonomian nasional.

5. Bahlil Lahadalia - Menteri ESDM

Bahlil Lahadalia, yang kini menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), melaporkan kekayaannya sebesar Rp310,4 miliar kepada KPK pada 1 April 2024. Bahlil Lahadalia memiliki 18 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jayapura, Gianyar, Jakarta Selatan, dan Sragen dengan total nilai properti mencapai Rp291,6 miliar. Sebelum menjabat di pemerintahan, Bahlil dikenal sebagai pengusaha sukses di berbagai sektor.

2 dari 2 halaman

Prabowo Jelaskan Pentingnya Pembekalan Menteri di Akmil Magelang

Presiden Prabowo Subianto akan mengajak para pembantunya di Kabinet Merah Putih melakukan pembekalan tambahan selama tiga hari di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah. Menurut Prabowo, pembekalan ini untuk menguatkan kerja sama tim di kabinet.

"Saya sangat mengutamakan kerja sama sebagai tim. Untuk itu, dalam waktu dekat saya akan mengajak saudara ke Magelang, di mana kita akan melaksanakan beberapa hari menambah pembekalan. Kemudian, kita akan adakan koordinasi-koordinasi di tempat di Magelang, Jawa Tengah, kawasan Akademi Militer," kata Prabowo Subianto saat memimpin sidang kabinet paripurna perdana di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Presiden Prabowo mengatakan Magelang merupakan sentra perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah. Sehingga, diharapkan dapat menumbuhkan keberanian dan meningkatkan rasa cinta tanah air dari para menteri dan wakil menteri.

"Daerah Magelang merupakan suatu sentra perlawanan kita terhadap penjajah mulai ratusan tahun dikenal sebagai darah perjuangannya Pangeran Diponegoro di antara 5 gunung itu. Saya kira cukup membawa suatu aura tradisi keberanian, tradisi heroisme, tradisi cinta tanah air," ujar Prabowo.

Prabowo meyakini pembekalan di Akmil Magelang ini akan membawa banyak manfaat untuk kabinet dan pemerintahannya selama lima tahun ke depan.

"Karena sesungguhnya lahirnya republik kita memang proklamasi di Jakarta, tapi ujian proklamasi berada di daerah-daerah di mana pejuang-pejuang kita melaksanakan perebutan kemerdekaan secara fisik," tutur Prabowo Subianto.

Video Terkini