Sukses

Kementan Gelar Job Fair 2024 di Pasuruan, Ada 1.136 Lowongan Kerja

Sejumlah perusahaan membuka lowongan kerja (Loker) bagi 97 jabatan, delapan jabatan di antaranya di mancanegara pada Job Fair 2024 di Kabupaten Pasuruan. Disediakan 1.136 lowongan bagi job seekers yang diincar lebih dari 2.700 pelamar, sebagian besar alumni Polbangtan Malang dan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah perusahaan membuka lowongan kerja (Loker) bagi 97 jabatan, delapan jabatan di antaranya di mancanegara pada Job Fair 2024 di Kabupaten Pasuruan. Disediakan 1.136 lowongan bagi job seekers yang diincar lebih dari 2.700 pelamar, sebagian besar alumni Polbangtan Malang dan masyarakat.

Kegiatan Job Fair 2024 yang berlangsung satu hari di Pasuruan membuka 28 booth dari 24 perusahaan swasta, dua perusahaan binaan Polbangtan Malang dan dua unit pelaksana teknis (UPT) dari Balai Latihan Kerja (BLK) Pasuruan.

Peluang kerja pada Job Fair 2024 bidang pertanian, terselenggara atas kolaborasi Kementerian Pertanian RI dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Nakertrans) Pemprov Jatim dan UPT BLK Pasuruan, diinisiasi Polbangtan Malang selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) dari Program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services Programme (YESS) di Jawa Timur.

Upaya tersebut sejalan arahan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman pada Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian Negeri (SMKPP) untuk memfasilitasi alumni Polbangtan SMKPPN dan lulusan pendidikan vokasi menggeluti dunia usaha dan industri (DuDi) pertanian.

"SMK-PP dan Polbangtan adalah tempat bagi siswa dan mahasiswa untuk mengembangkan diri. Hal itu membuktikan pendidikan vokasi lingkup Kementerian Pertanian RI mampu menghadirkan SDM berkualitas,” katanya.

Hal senada dikemukakan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan [BPPSDMP] Idha Widi Arsanti menyoroti peran penting Program YESS bagi pemberdayaan generasi milenial untuk menggeluti pertanian sebagai sumber penghidupan dan kewirausahaan.

"Progyam YESS menjadi salah satu barometer menciptakan petani muda yang bisa memberdayakan sumber daya alam dengan kekuatan sumber daya manusia di dunia bisnis.," katanya.

 

2 dari 3 halaman

Job Fair Pasuruan

Kegiatan Job Fair 2024 dibuka oleh Kepala Dinas Nakertrans Pemprov Jatim, Sigit Priyanto didampingi Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana dan Project Manager PPIU Program YESS Jatim, Acep Hariri; turut hadir Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Nakertrans Jatim, Purwanti Utami.

Kadis Nakertrans Jatim, Sigit Priyanto menegaskan tujuan Job Fair 2024 untuk untuk mendukung program Pemprov Jatim menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka [TPT].

"Tujuan utamanya, memberikan informasi tentang peluang kerja yang aktual dan berkualitas bagi pencari kerja, membantu perusahaan menemukan kandidat potensial dan mempercepat proses penempatan tenaga kerja," katanya saat membuka Job Fair 2024 di Pasuruan tersebut.

Hal yang menarik, job fair fokus pada sektor pertanian juga mencakup lowongan dari subsektor ekonomi lain, di antaranya peluang kerja bagi delapan jabatan di mancanegara seperti manufaktur, konstruksi, perawat lansia, pengolahan makanan, perhotelan, restoran, pertanian dan perikanan.

Kabid Purwanti Utami mengapresiasi inisiasi Polbangtan Malang dan Disnakertrans Pemprov Jatim atas hadirnya 24 mitra swasta selaku perusahaan penyedia kerja.

"Biasanya, kami mengadakan job fair dengan skala lebih kecil, hanya diikuti sekitar 10 perusahaan. Berkat kolaborasi dengan Polbangtan Malang, yang memiliki program serupa, kami dapat mengadakan job fair yang lebih besar," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Bantu Pencari Kerja

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana apresiasi dukungan Disnakertrans Jatim dan BLK Pasuruan pada Job Fair 2024 sebagai langkah nyata membantu masyarakat, utamanya alumni Polbangtan Malang maupun masyarakat pencari kerja.

"Kami sangat senang dapat berkolaborasi pada Job Fair, sebagai langkah nyata membantu masyarakat termasuk alumni kami untuk mencari pekerjaan yang sesuai," katanya.

Dengan keterlibatan dari 28 perusahaan, ungkap Udrayana, Kementan khususnya Polbangtan Malang bersama Program YESS dapat menjembatani antara pencari kerja dan industri, serta memberikan kesempatan lebih luas bagi semua pihak.

Project Manager PPIU Program YESS Jatim, Acep Hariri menambahkan, pihaknya mengapresiasi Job Fair 2024 di Pasuruan selain membuka peluang kerja, juga menampilkan produk-produk pertanian dari para Penerima Manfaat Program YESS wilayah Pasuruan.

"Kegiatan job fair diharapkan menjadi jembatan antara pencari kerja dan perusahaan serta meningkatkan kesempatan kerja di wilayah Jawa Timur," katanya.

Acep Hariri menambahkan, job fair juga mencerminkan komitmen semua pihak dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui penyediaan peluang kerja yang lebih luas, lebih beragam dan lebih baik.

Video Terkini