Sukses

Cerita Sri Mulyani Mendaki Gunung Tidar saat Retret di Akmil Magelang

Menteri Keuangan Sri Mulyani membagikan pengalamannya saat menaiki Gunung Tidar pada Minggu pagi, 27 Oktober 2024 saat hari terakhir retreat di Akmil Magelang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani menceritakan kegiatan saat hari terakhir retreat Kabinet Merah Putih pada Minggu (27/10/2024) di Akademi Militer (akmil) Magelang.

Melalui akun Instagram resmi Sri Mulyani @smindrawati, ia membagikan pengalamannya saat menaiki Gunung Tidar pada Minggu pagi. Ia menuturkan, menteri yang siap secara fisik dan berminat diajak latihan lebih berat yaitu naik Gunung (Bukit) Tidar yang terletak di belakang Akademi Militer.

"Minggu pagi matahari kuning mereka indah. Hari terakhir retreat Kabinet Merah Putih dimulai olah raga latihan peregangan jam 05.00,” tulis dia.

Sri Mulyani menyebutkan, Gunung Tidar memiliki alam yang asri dan indah. Bahkan merupakan tempat bersejarah yang terkenal. Ia menyampaikan, Gunung Tidar memiliki ketinggian 503 meter di atas permukaan laut, bahkan menjadi objek wisata spiritual.

“Gunung Tidar sering disebut sebagai Pusatnya Tanah Jawa-PAKUNYA JAWA-karena letaknya berada di tengah Pulau Jawa dan dianggap sebagai penyangga Pulau Jawa yang selalu menjaga kestabilan Jawa agar tidak guncang,” ujar dia.

Sri Mulyani mengungkapkan, para jenderal dan Perwira TNI yang pernah sekolah di Akademi Militer Magelang (Akmil Magelang) ini menceritakan pengalamannya sewaktu Taruna.

"Mereka diwajibkan naik Gunung Tidar selama pendidikan. Bila Taruna melakukan kesalahan-mereka “dihukum” harus naik ke gunung membawa bendera ke atas bukit di waktu subuh kemudian menancapkan bendera. Pada sore hari, mereka wajib kembali naik Gunung Tidar untuk membawa turun bendera,” tulis Sri Mulyani.

“Hal itu dilakukan selama 10 hari berturut-turut!Waah sebuah latihan disiplin dan mental baja yang hebat dan bagus..!,” ia menambahkan.

Sri Mulyani mengatakan, para menteri dan wakil menteri (wamen) cukup percaya diri untuk memilih latihan naik Gunung Tidar menyiapkan mental dan fisik.

“Namun, sekarang untuk mendaki sudah dibangun tangga semen, meski masih cukup curam tinggi. Kami juga diberikan bekal stick bambu untuk membantu naik,” ujar dia.

 

2 dari 4 halaman

Puji Menteri AHY

Sri Mulyani mengisahkan kalau dirinya sempat berhenti di salah satu spot dengan alasan mengambil foto. Namun, ia mengakui ternyata berhenti untuk  ambil nafas.

"Waktu tempuh naik gunung kurang lebih 30 menit. Saya berhenti di salah satu spot 72, alasan untuk ambil foto di tengah tanjakan, tapi sebenarnya sambil ambil nafas, agak ngos-ngosan,” kata dia.

Sri Mulyani juga memuji Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono yang dapat menaiki Gunung Tidar kurang dari 20 menit.

“Bagi yang usianya lebih muda seperti mas @agusyudhoyono, waktu tempuh kurang 20 menit. Wow..hebaat..!,” tulis dia.

Ia menyampaikan beda usia beda kecepatan. Akan tetapi,  Sri Mulyani menegaskan kalau kualitas capaian dijamin tetap sama. “Beda usia..pasti beda kecepatan..namun kualitas capaian dijamin tetap sama,” tutur dia.

 Sri Mulyani menuturkan, di puncak bukit, pihaknya melakukan yel-yel penyemangat. “Team work Kabinet Merah Putih. Semoga Minggu kalian juga sehat dengan olah raga..!Ayo semangaat,” tulis dia.

Adapun unggahan Sri Mulyani itu mendapatkan tanda suka hingga 31,5 ribu dan 345 komentar hingga artikel ini ditulis.

3 dari 4 halaman

Ini Alasan Kabinet Merah Putih Berseragam Safari saat Retret di Akmil

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prasetyo Hadi menjelaskan alasan anggota Kabinet Merah Putih yang dipimpin Presiden Prabowo Subianto mengenakan seragam safari bewarna khaki saat retret hari kedua di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah.

Menurut dia, hal itu untuk membentuk kekompakan antar anggota kabinet.

"Ya kan kita memang bikin seragam ini ada seragam juga kan gitu. Berangkat ada seragam, di kelas ada seragam, biasa itu. Supaya kompak supaya kompak," jelas Prasetyo Hadi usai mengikuti retret di Akmil Magelang, Minggu (27/10/2024).

"Iya (berseragam)," sambungnya.

Selain seragam safari, para menteri juga mengenakan seragam Komponen Cadangan (Komcad) untuk olahraga pagi dan latihan baris-berbaris.

Kemudian, ada seragam olahraga bewarna biru dongker yang digunakan di hari ketiga retret.

Sebelumnya, Anggota Kabinet Merah Putih memulai hari ketiga retret di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, dengan melakukan senam pagi, Minggu (27/10/2024). Ini merupakan hari terakhir retret Kabinet Merah Putih di Akmil Magemang.

"Hari ini senam pagi," kata Wakil Menteri Transmigrasi Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Minggu (27/10/2024).

4 dari 4 halaman

Usai Sarapan Langsung Pulang

Setelah itu, para anggota kabinet sarapan pagi dan berkemas-kemas barang. Mereka akan kembali ke Jakarta pada Minggu hari ini.

"Makan pagi terpimpin, kemas-kemas pulang," ujarnya.

Dari foto yang dibagikan Utusan Khusus Presiden Bidang Pariwisata Zita Anjani di akun media sosial Instagramnya, tampak para anggota kabinet kompak memakai setelan bewarna biru dongker. Mulai dari, topi, baju dalam, jaket, hingga celana bewarna senada biru dongker. Di baju, terdapat gambar burung garuda.

Berdasarkan informasi dihimpun, para menteri, utusan khusus, penasihat khusus, dan staf khusus presiden akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat TNI AU dari Lanud Adi Sujipto Yogyakarta. Sementara itu, wakil menteri akan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

Video Terkini